CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Isu Agama Rame Lagi Nih, Bakal Sampe Pemilu Gak Ye?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbc9de5e83c72485923c7f2/isu-agama-rame-lagi-nih-bakal-sampe-pemilu-gak-ye

Isu Agama Rame Lagi Nih, Bakal Sampe Pemilu Gak Ye?

Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 5
Lembaga Ilmu Pengehatuan Indonesia (LIPI) waktu tahun 2019 yang menunjukkan hasil kalau 80,7 persen respondennya masih ngepertimbangin agama atas para calon legislatif yang bakal dipilih waktu Pemilu 2019 lalu. Nah yang mempertimbangkan agama masih 18,5 persen doang...


Gan...kok ky ada yg salah ya? 80.7+18.5= belom 100.

#sobatkadal
Diubah oleh pulaukapok
Susah gan mau diilangin, kalau di lingkungan mereka masih ada ceramah-ceramah agama yang isinya menyudutkan yang berbeda sama pemikiran mereka, walaupun seiman juga...Ane sih setuju ulama harus disertifikasi kaya di Malaysia, jadi ga kebablasan kalau ceramah menyudutkan orang lain, menjelek2an yang ga sejalan ama kelompok mereka....emoticon-Takut
Diubah oleh Jeffraid
bosen ah..
gitu gitu aja
Semoga aja sih g sampai jadi bahan gorengan ya emoticon-Matabelo
kita liat aja kedepannya gimana... klo untuk kebaikan buat ane sih no problem
Tinggal pilih aja bre Indonesia mau jadi negara agama ato negara hukum

Kalo mau jadi negara hukum dan agama, ribet bree banyak pertimbangannyaa. Bakalan banyak provokator soalnya mereka ada 2 tameng agama ato hukum

Ibarat 1 suami 2 istri
Diubah oleh radidut
Jangan campurin yg buruk sama yg baik, yg hak sama yg batil,... Politik itu kotor, jangan dicampur yg bersih...... simple
Sepertinya kekalahan 2019 itu sakit bgt, jd yg menang mohon pengertiannya
Vangke ente semua dah pada bs mandi sendiri?
Kayanya sampe kapanpun isu SARA, suku, agama, ras, akan selalu jd isu sensitif dan isu sensitif ini akan jd senjata pihak2 tertentu di pertarungan politik. Mgkn pd dasarnya org lbh nyaman dgn yg mempunyai kesamaan dgn dia kl dia blm mengenal org tsb. Misal seorang muslim akan lbh mudah berbicara dan lbh punya topik pembicaraan dgn sesama muslim yg baru dikenal dibandingkan agama lainnya. Atau kl dr sisi suku misalnya org Jawa akan lbh mudah akrab dgn sesama org Jawa yg baru dikenalnya. Menggunakan bahasa daerahnya sendiri akan lbh mudah menimbulkan rasa kekeluargaan yg berefek ke keakraban.

Itu kl org yg baru kenal. Harusnya sih kl calon pemimpin negara ud dikenali seperti apa orgnya dgn melihat track recordnya. Tapi pada kenyataannya isu agama dimana2 jd hal yg penting utk menentukan pemimpin. Dl Obama pernah diserang dgn isu agama pas diketahui agamanya tertulis Islam waktu msh di SD Menteng. Obama sampe klarifikasi bhw dia beragama Kristen.

Isu agama jd ga sensitif kl hubungannya ud sangat dekat, misalnya di dlm keluarga. Tp kl di umum sih kayanya sampe kapan pun dan di mana pun akan selalu jd hal yg sensitif. Dan hal yg sensitif ini akan jd senjata.
profile-picture
MirrorBoy memberi reputasi
Dan nggak jarang isu agama dipakai untuk menyerang lwan politik.
Jaman sekarang mah isu agama ama politik udah seperti satu kesatuan yg gk bisa dipisahkan.. Karena keduanya merupakan pemantik yg bagus utk membakar salah satunya..
Lah kan udah tahun kemaren gandeng ulama biar varokah tapi senasib kaya jarwo kuat cuma jadi pemanis dinasti kerajaan api
Ngga bakal ilang kayanya klo ngga diatur dgn uud yg tegas, udah jadi lahan bisnis jg soalnya emoticon-Cape d...
Emang suka digoreng isu2 bgini
Sayangnya Agama masih sering dijadikan straegi buat meraup suara ya. semoga aja engga parah deh
Paling lawak sih pilpres kemaren .. salah satu contohnya doa si Neno warisman.

"kalau kami tidak terpilih khawatir tidak ada yang menyembahmu"

keliatan banget penggiringan opininya.. orang yang cerdas ilmu agama gak bakal kemakan .. yang ada malah jijik.

oleh karnanya kebanyak simpatisan mrka dri kalangan emak2 yang notabenenya mudah terhadut.. Juga santri2 tradisional yang termakan doktrin.. yang sbtulnya gak paham apa2 soal politik.
untuk kasus pilkada DKI
orang yang pake logika milih ahok
orang yang milih pake hati milih anis
dia menang dari sisi hati pemilih dengan memakai isu SARA
Kalau individunya gak kemakan gak bakal laku tuh
So pastilah... 25 tahun lg pun sptnya bangsa ini msh susah beranjak dari isu itu. Daya nalar mayoritas dan kecerdasan yg rendah membuat agama akan tetap jd komoditas paling sexy untuk dijualemoticon-Cape deeehh
Wajar menjamur ulama² instan yg ngegas cari pengikut agar punya sesuatu utk diperdagangkan saat kontestasi politik.
Politisi yg miskin ide dan kreatifitas mah mau aja menernakkan kelompok2 spt ini. Dulan suara cuy..emoticon-Ngakak
Halaman 3 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di