CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Isu Agama Rame Lagi Nih, Bakal Sampe Pemilu Gak Ye?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbc9de5e83c72485923c7f2/isu-agama-rame-lagi-nih-bakal-sampe-pemilu-gak-ye

Isu Agama Rame Lagi Nih, Bakal Sampe Pemilu Gak Ye?

Belakangan ini lagi rame bener persoalan yang menyangkut seputar isu-isu agama. Ane gak pengen sebut nama, tapi ente pasti pada tahulah siapa penyebab isu agama jadi pembahasan yang seksi dan gak ada abisnya ini, hehe.

Sejujurnya ane agak kaget sih ngeliat bisingnya perbincangan masyarakat Indonesia yang ada sangkut pautnya sama agama. Ane pikir masyarakat udah pada melek dan gak gampang digiring-giring lagi soal topik tersebut. Eh taunya masih juga pada kepatil. Kan Lucu.



Padahal banyak loh orang yang udah “sembuh” akibat digiring pake isu-isu agama. Contohnya kayak temen kampus ane yang pernah ane tanya-tanyain waktu minggu lalu. Jadi dulu doi ini emang pernah kemakan sama isu agama waktu Pilgub DKI Jakarta waktu tahun 2017 lalu. Nah, pas minggu lalu ane tanya, katanya doi nyesel gak berpikir logis karena nyangkut pautin agama dengan politik. Ane sih lucu aja lihatnya, kalau dulu dia muja-muja, sekarang malah ngedumel lihat hasil kerja si paslon yang dia pilih dulu.

Makanya pas ngelihat isu agama muncul lagi, ane heran kok bisa ya orang-orang masih mencampuradukan topik agama dengan topik politik negara. Apa tidak letih ya mereka-mereka ini, haha.



Ane sih yakin kalau orang-orang masih gampang kegiring sama topik agama, bukan hal yang mustahil di pesta demokrasi selanjutnya isu agama masih bakal laku buat digoreng. Soalnya masih banyak yang belum bisa ngebedain mana urusan negara dan urusan agama.

Apalagi ane pernah lihat juga tuh penelitian dari Lembaga Ilmu Pengehatuan Indonesia (LIPI) waktu tahun 2019 yang menunjukkan hasil kalau 80,7 persen respondennya masih ngepertimbangin agama atas para calon legislatif yang bakal dipilih waktu Pemilu 2019 lalu. Nah yang mempertimbangkan agama masih 18,5 persen doang.

Isu Agama Rame Lagi Nih, Bakal Sampe Pemilu Gak Ye?

Ya, sebenernya sih gak ada masalahnya juga mempertimbangkan agama dalam kontestasi politik nanti. Cuma ya jangan jadi melupakan unsur-unsur yang lainnya juga. Soalnya yang dipertaruhkan itu waktu 5 tahun untuk ngembangin negara dan daerah tempat tinggal kita. Kalau nanti malah gak nunjukkin perkembangan, kan malah nyesel karena milih yang salah.

Jangan sampe kayak temen ane deh, soalnya malah jadi bahan cengan doang kalo lagi nongkrong. Hahaha.
emoticon-Ngakak


* * *
OPINI PRIBADI ANE
* * *

Jangan lupa kasih Cendol dan Bintang 5 di thread ini ya Gan.
emoticon-Blue Guy Cendol (L)


profile-picture
profile-picture
profile-picture
KASKUSProduct02 dan 41 lainnya memberi reputasi
Mau tanya ciyus neh

Menggunakan isu agama sbg alat politik, apakah tidak merendahkan agamanya?

emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
edhot212 dan anakdalang memberi reputasi
Isu agama ga bakalan abis kalo digoreng gan, kecuali balik lagi ke individunya masing2. Di US aja isu ras aja masih kuat banget emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
cPOP dan misterbong memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Yg lebih bahaya lagi kemakan isu buzzer rp, jadi dongok gak sembuh2
profile-picture
profile-picture
zulfakar91 dan iskrim memberi reputasi
Pastinya, krn isu agama paling enak digoreng, palagi masih banyak masyarakat kita yg pada goblok2
profile-picture
profile-picture
ikcai dan iskrim memberi reputasi
pasti bakalan tetep ada sih, karena itu masih ada segmentasi pasarnya, yay ane harap sih udah gak semasif kemaren, mulailah adu gagasan atau konsep 😬
profile-picture
citrachoirunisa memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kayanya sampe kapanpun isu SARA, suku, agama, ras, akan selalu jd isu sensitif dan isu sensitif ini akan jd senjata pihak2 tertentu di pertarungan politik. Mgkn pd dasarnya org lbh nyaman dgn yg mempunyai kesamaan dgn dia kl dia blm mengenal org tsb. Misal seorang muslim akan lbh mudah berbicara dan lbh punya topik pembicaraan dgn sesama muslim yg baru dikenal dibandingkan agama lainnya. Atau kl dr sisi suku misalnya org Jawa akan lbh mudah akrab dgn sesama org Jawa yg baru dikenalnya. Menggunakan bahasa daerahnya sendiri akan lbh mudah menimbulkan rasa kekeluargaan yg berefek ke keakraban.

Itu kl org yg baru kenal. Harusnya sih kl calon pemimpin negara ud dikenali seperti apa orgnya dgn melihat track recordnya. Tapi pada kenyataannya isu agama dimana2 jd hal yg penting utk menentukan pemimpin. Dl Obama pernah diserang dgn isu agama pas diketahui agamanya tertulis Islam waktu msh di SD Menteng. Obama sampe klarifikasi bhw dia beragama Kristen.

Isu agama jd ga sensitif kl hubungannya ud sangat dekat, misalnya di dlm keluarga. Tp kl di umum sih kayanya sampe kapan pun dan di mana pun akan selalu jd hal yg sensitif. Dan hal yg sensitif ini akan jd senjata.
profile-picture
MirrorBoy memberi reputasi
Sebetulnya ngelempar isu itu adalah hal lumrah dalam politik. Cuma sayangnya yang ngelempar isu agama lebih nyaring dan sering dibanding yang mengcounternya, yang meneriakkan isu nasionalis. Bahwa agama itu bukan masalah dalam bekerja. Yang penting orang bisa dan mampu bekerja. Jujur dan bertanggungjawab.

Makanya jargon yang waras ngalah sudah harus ditinggalkan sejak lama. Kalo yang waras ngalah terus, yang gila dan bernapsu syahwat gila akan kekuasaan akan menang terus. Justru mereka yang melempar jargon itu, agar mereka bisa menang terus. Agar mereka bisa menguasai keadaan terus.

Jargon yang sudah harus ditinggalkan :
1. Membela diri dianggap cari ribut
2. Diserang harus ngalah, biar dianggap waras.
2. Gak boleh membalas kalo diserang.

Ini semua adalah ciptaan mereka yang pengen berkuasa dengan mudah. Semua ini udah harus ditinggalkan, kalo ingin Indonesia tercinta menjadi lebih bersih dan maju dari sekarang
profile-picture
edhot212 memberi reputasi
Diubah oleh greengeckoijo1
Dunia menuju kearah yang abstrak, banyak yang ingin mewujudkan nubuat nubuat di kitab masing masing emoticon-Malu (S)
profile-picture
bajier memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ya ini "Agama adalah Candu" yg dimaksud sama Karl Marx emoticon-Big Grin
profile-picture
bajier memberi reputasi
Atas nama AdSense, yang penting ngonten breemoticon-Malu
profile-picture
iskrim memberi reputasi


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di