CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Isu Agama Rame Lagi Nih, Bakal Sampe Pemilu Gak Ye?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbc9de5e83c72485923c7f2/isu-agama-rame-lagi-nih-bakal-sampe-pemilu-gak-ye

Isu Agama Rame Lagi Nih, Bakal Sampe Pemilu Gak Ye?

Belakangan ini lagi rame bener persoalan yang menyangkut seputar isu-isu agama. Ane gak pengen sebut nama, tapi ente pasti pada tahulah siapa penyebab isu agama jadi pembahasan yang seksi dan gak ada abisnya ini, hehe.

Sejujurnya ane agak kaget sih ngeliat bisingnya perbincangan masyarakat Indonesia yang ada sangkut pautnya sama agama. Ane pikir masyarakat udah pada melek dan gak gampang digiring-giring lagi soal topik tersebut. Eh taunya masih juga pada kepatil. Kan Lucu.



Padahal banyak loh orang yang udah “sembuh” akibat digiring pake isu-isu agama. Contohnya kayak temen kampus ane yang pernah ane tanya-tanyain waktu minggu lalu. Jadi dulu doi ini emang pernah kemakan sama isu agama waktu Pilgub DKI Jakarta waktu tahun 2017 lalu. Nah, pas minggu lalu ane tanya, katanya doi nyesel gak berpikir logis karena nyangkut pautin agama dengan politik. Ane sih lucu aja lihatnya, kalau dulu dia muja-muja, sekarang malah ngedumel lihat hasil kerja si paslon yang dia pilih dulu.

Makanya pas ngelihat isu agama muncul lagi, ane heran kok bisa ya orang-orang masih mencampuradukan topik agama dengan topik politik negara. Apa tidak letih ya mereka-mereka ini, haha.



Ane sih yakin kalau orang-orang masih gampang kegiring sama topik agama, bukan hal yang mustahil di pesta demokrasi selanjutnya isu agama masih bakal laku buat digoreng. Soalnya masih banyak yang belum bisa ngebedain mana urusan negara dan urusan agama.

Apalagi ane pernah lihat juga tuh penelitian dari Lembaga Ilmu Pengehatuan Indonesia (LIPI) waktu tahun 2019 yang menunjukkan hasil kalau 80,7 persen respondennya masih ngepertimbangin agama atas para calon legislatif yang bakal dipilih waktu Pemilu 2019 lalu. Nah yang mempertimbangkan agama masih 18,5 persen doang.

Isu Agama Rame Lagi Nih, Bakal Sampe Pemilu Gak Ye?

Ya, sebenernya sih gak ada masalahnya juga mempertimbangkan agama dalam kontestasi politik nanti. Cuma ya jangan jadi melupakan unsur-unsur yang lainnya juga. Soalnya yang dipertaruhkan itu waktu 5 tahun untuk ngembangin negara dan daerah tempat tinggal kita. Kalau nanti malah gak nunjukkin perkembangan, kan malah nyesel karena milih yang salah.

Jangan sampe kayak temen ane deh, soalnya malah jadi bahan cengan doang kalo lagi nongkrong. Hahaha.
emoticon-Ngakak


* * *
OPINI PRIBADI ANE
* * *

Jangan lupa kasih Cendol dan Bintang 5 di thread ini ya Gan.
emoticon-Blue Guy Cendol (L)


profile-picture
profile-picture
profile-picture
KASKUSProduct02 dan 41 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Beberapa daerah sudah menunjukan kemandirian dalam menilai pemimpin atau calon pemimpin ya. Jawa Barat kalau gak salah adalah salah satu daerah yang gak mempan dipanas2i sm isu agama.
Semoga daerah lain bisa belajar.
iya nih..bikin capek

ada aja orang yang suka nyiram minyak emoticon-Hammer2
idealnya pragmatis
isu agama di pemilu untuk semua agama itu ada, itu hal yg normal, yg gak boleh itu klo sampai lompat pagar.
Agama memang menjauhkan kita dari dosa.






















Tapi,














berapa banyak dosa yang telah kita lakukan dengan mengatas namakan agama?....


emoticon-Bingung
Waaaaaaaaaaaa, nice thread niih! Ane baru lho, makasi informasi nya yo. Semoga bermanfaat buat pembaca lainnya juga! Sehat dan semangat selalu gansis!
Sampe kapanpun isu agama sepertinya masih jadi menu favoritr
agak susah sih kalau isu tentang identitas benar-benar ditinggalkan, karena harus diakui itu masih jadi bahan utama jualan dimari kan emoticon-Blue Guy Peace
Ya mau gimana gan, yang begituan doang yang laku disini dengan "cepat". Soalnya disini jarang ada yang mau ngulik beneran kualitas paslon2 yang ada.
ane kalo ada orang ngomongin politik yang bawa-bawa agama mending sok apatis aja deeh. males debatinnyaaa hahahaha
yang jadi kuncian bagi mereka itu mungkin karena dianggap agama itu kan bekal buat sampe akhirat.. sedangkan politik cuma buat di dunia aja
agama tuh sensitif yaaa.. makanya ane juga ga mau nyinggung2 agama dalam aspek apapun.. bukan politik ajaa
tetep itu mah kayaknya, isu-isu tentang golongan seperti itu seperi masih jadi bagian dari politik itu sendiri, hehe
pasti bakalan tetep ada sih, karena itu masih ada segmentasi pasarnya, yay ane harap sih udah gak semasif kemaren, mulailah adu gagasan atau konsep 😬
profile-picture
citrachoirunisa memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Moga aja pemilu udah ga ada isu agama² beginian lagi gan 🙏
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ini pertanyaan retoris apa gimana gan? selama indonesia masih kaya gini ya isu agama masih abakl terus dimainkan setiap pemilu gan
Jangan sampai lah isu-isu tentang agama di bawa lagi ke ajang pilpres. Takut aja ntar malah akan semakin menambah masalah dan jurang perpisahan akan semakin lebar. Sudah saatnya elit politik menggunakan cara-cara yang lebih bagus dan tidak menggunakan isu SARA dalam berpolitik.
isu agama ini emang paling renyah, paling gampang buat di angkat.
Moga-moga enggak lah walaupun ane g yakin, isu agama paling sensitif kalau digoreng
Isu2 kaya gini kaya udah ada time line nya gitu. Sengaja di publis biar ntah lah ya. Tiap taun ya sama isunya beda pemain.
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di