CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Jose Mourinho, Sang Pemenang!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbc967f2637723f1d597dfe/jose-mourinho-sang-pemenang

Jose Mourinho, Sang Pemenang!

Saya masih berdecak kagum mendapati fakta bahwa Tottenham Hotspur berada di puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris musim 2020-2021. Memang Spurs hanya unggul selisih gol dari sang juara bertahan, Liverpool yang berada di posisi kedua.

Lalu, kompetisi juga baru menyelesaikan 9 pekan, masih ada 29 laga lainnya yang harus dihadapi semua kontestan Liga Primer Inggris musim ini.

Jose Mourinho, Sang Pemenang!

Selain para pemain di lapangan, menurut saya, kunci permainan The Lilywhites ada pada sang Manajer, Jose Mourinho! Mungkin saja anda bosan mendengar atau membaca sejumlah ulasan terkait pria Portugal yang terkenal agak arogan. Tetapi saya tak akan pernah jemu membagikan kisahnya dari cerita lainnya.

Jose Mourinho memang sudah menangani Spurs sejak musim lalu, tepatnya 20 November 2019. Itu artinya tidak dari awal musim. Barulah pada musim yang baru ini, Jose Mourinho mengasuh Spurs sejak laga pertama. Dan hasil pertandingan pada pekan pembuka, Mourinho dan Spurs dibungkam Everton (0-1) di Stadion Tottenham Hotspur.

Ini sangat berbeda dengan cerita saat Mourinho pertama kali datang ke tanah Inggris. Kali ini saya akan mengajak kalian mengingat kembali bagaimana Mourinho memulai kisah suksesnya di negeri Ratu Elizabeth.

Jose Mourinho, Sang Pemenang!

Roman Abramovich menunjuk Jose Mourinho untuk menggantikan posisi Claudio Ranieri sebagai Manajer Chelsea mulai musim 2004-2005. Mourinho datang ke Stamford Bridge sebagai Raja Eropa, usai membawa FC Porto menjadi juara Liga Champions musim 2003-2004.

Jose Mourinho, Sang Pemenang!

Tantangan bagi Mourinho langsung terjadi pada pekan pertama. Chelsea akan mengawali perjalanan mereka bersama dengan Jose Mourinho melalui duel melawan Manchester United pada pekan pembuka kompetisi musim 2004-2005.

Pertandingan tersebut digelar pada 15 Agustus 2004 di Stamford Bridge. Mourinho memainkan skema 4-4-2 dengan menduetkan Didier Drogba dan Eidur Gudjohnsen di lini depan.

Belakangan, nama terakhir yang merupakan pemain asal Islandia tersebut berhasil mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan kala itu.
Skor 1-0 untuk kemenangan Chelsea atas Manchester United yang masih diarsiteki Sir Alex Ferguson.

Menariknya, kemenangan Chelsea saat itu juga mengakhiri rekor Manchester United yang sebelumnya tak pernah kalah saat bermain pada pekan pertama dalam delapan musim beruntun.

Ini tentu berbeda dengan skor akhir yang sama namun berujung kekalahan bagi Spurs saat menjamu Everton pada laga pertama musim ini, bukan?!?!

Kembali ke musim 2004-2005, setelah awal yang baik itu, Chelsea melewati musim itu nyaris tanpa kendala yang berarti. The Blues dibawah kendali Jose Mourinho nyaris menyamai catatan Arsenal yang tidak terkalahkan saat menjadi juara Liga Primer Inggris musim 2003-2004.

Jose Mourinho, Sang Pemenang!

Chelsea hanya menelan satu kekalahan yakni saat berjumpa Manchester City di Stadion Etihad (16/10/2004).

Yang menyenangkan, tentu saja ketika Jose Mourinho sukses dua kali mengalahkan Manchester United pada musim itu. Stadion Old Trafford menjadi saksi bisu ketika Chelsea mencuri poin penuh dari Setan Merah, lewat kemenangan 3-1, pada pekan ke-37.

Jose Mourinho, Sang Pemenang!

Arsenal yang merupakan juara bertahan pada musim itu mungkin menjadi tim yang tak mampu dikalahkan Chelsea dalam dua kali kesempatan.

Chesea hanya bermain imbang 2-2 saat tandang ke markas Arsenal dan bermain imbang kaca mata saat gantian menjamu The Gunners di Stamford Bridge.

Chelsea mengakhiri kompetisi musim 2004-2005 dengan meraih 29 kemenangan, 8 kali seri dan hanya sekali menelan kekalahan.

Satu hal yang menjadi kebanggaan musim itu dan merupakan hasil karya strategi Jose Mourinho ialah pertahanan yang kuat.

Dibawah Mourinho, Chelsea pada musim itu hanya kebobolan 15 gol dari 38 pertandingan. Pertahanan Chelsea memang tangguh pada musim itu. John Terry, Ricardo Carvalho, Paulo Fereira, Wayne Bridge dan William Gallas menjadi jaminan kokohnya pertahanan Chelsea musim itu.

Dibawah mistar, nama Petr Chech, yang juga baru bergabung dengan Chelsea pada musim itu bahkan mencatat 24 kali clean sheet. Sebuah torehan fantastis yang rasanya sulit untuk terulang atau disamai penjaga gawang lainnya.

Jose Mourinho, Sang Pemenang!

Jangan lupakan juga betapa penting peran Frank Lampard musim itu. Lampard menjadi kunci permainan Chelsea dimana Jose Mourinho menurunkannya dalam semua laga di Liga Primer Inggris musim 2004-2005, dengan status bermain dari menit awal laga.

Kebetulan, pada pekan kesepuluh nanti (29/11/2020), keduanya akan kembali berjumpa di pinggir jalanan, saat Spurs bertandang ke Stamford Bridge menghadapi Chelsea yang sejak musim lalu dinahkodai oleh Frank Lampard.

Pada musim 2004-2005, Jose Mourinho datang dan membuktikan diri dengan kegemilangan bagi publik Stamford Bridge. Dengan 95 poin, Chelsea lantas menjadi juara Premier League. Gelar juara Chelsea saat itu adalah untuk kali pertama alias menuntaskan penantian selama 50 tahun silam.

Jose Mourinho, Sang Pemenang!

Musim ini, Spurs memang sudah merasakan kekalahan pada pekan pembuka. Namun tiba di pekan kesembilan, Harry Kane dkk kini bercokol di puncak klasemen.

Dua tim asal Manchester, yaitu Manchester United dan Manchester City pun sudah meradang dibuatnya.

Menggilas Manchester United (6-1) di Stadion Old Trafford dan (2-0) saat menjamu Manchester City bisa jadi merupakan langkah baik untuk Mourinho dan Spurs.

Jose Mourinho, Sang Pemenang!

Musim ini masih sangat panjang dan segala sesuatu bisa saja berubah dan penuh keajaiban. Namun bagi saya pribadi, strategi dan pengalaman Jose Mourinho serta potensi penuh daya ledak pasukannya paling tidak bisa membawa Spurs meraih trophy musim ini.

Dan apabila itu terjadi, rasanya tak salah kita kembali untuk mengakui betapa midas tangan seorang Jose Mourinho!

#RinganJari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 23 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Ayo buktikan dominasi liga inggris selama ini..
cocoknya ngelatih ipul ini emoticon-Ultah

masa depan ipul bakal cerah
profile-picture
profile-picture
egirosario dan djawi memberi reputasi
menurut ane ya Mpurinho salah satu pelatih paling berpengalaman di Liga Inggris bahkan dunia saat ini, kalau pensiun juga udah bisa bangga
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mourinho gak pernah gagal bikin klub yang dipegang jadi juara, kayaknya di Spurs ini dia bakal nglanjutin tradisinya emoticon-Wow
profile-picture
kadnezarinter memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Wihhhh keren banget nih jose mourinho, semogaaja deh bisa membawa tottenham hotspurs meraih gelar liga inggris
>Kebetulan, pada pekan kesepuluh nanti (29/11/2020), keduanya akan kembali berjumpa di pinggir jalanan,

TERJEMAHAN MACAM APA INI???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldean1605 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Boleh ngelatih timnas kita ga ya the spesial one ini?
Sengit pastinya pas lawan chelsea
Terus berjuang Om...
Jose Mourinho, Sang Pemenang!
Jose Mourinho, Sang Pemenang!
profile-picture
pangeran2013 memberi reputasi
Ngkatih real madrid lagi aja
Mari kita nantikan pencapaian mourinho di tottenham musim ini.
Post ini telah dihapus oleh KS06
Mantep jose
In Liverpool we trust emoticon-Ngakak
Dulu emyuh buang mou
emoticon-Matabelo
profile-picture
egirosario memberi reputasi
Porto..chelsea...realmadrid,smuanya pernah ngerasain gelar juara...skrg giliran TtSpurs...kurang berpengalaman apa coba..the special one ini hehee
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Salah satu pelatih paling sukses sejagad.
Selalu sukses dimanapun dia berpijak.

Ibarat kalo pemain ada C.Ronaldo, kalo pelatih ya si mourinho.
dulu jamannya chelsea juga Jose Mourinho yang bawa kan ya?
tapi mulutnya waduh kek ember nih jose
profile-picture
gundam.dynames memberi reputasi
1 yg spesial
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di