CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ban Mobil Bukan Penghambat Petir Di Kala Hujan, Tapi Karena Ini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbb678f97751371d17667d7/ban-mobil-bukan-penghambat-petir-di-kala-hujan-tapi-karena-ini

Ban Mobil Bukan Penghambat Petir Di Kala Hujan, Tapi Karena Ini

Ban Mobil Bukan Penghambat Petir Di Kala Hujan, Tapi Karena Ini

[ HT# 653 ]

Pernah kamu mengalami ketika diperjalanan terjebak hujan dan badai? Akan semakin mencekam ketika petir ikut 'meramaikan' suasana yang serba tidak pasti saat itu.

Perjalanan disituasi demikian, di alam terbuka memang sangat rentan terhadap bahaya disekitar kita. Seperti ban yang tidak bisa menapak ke aspal (hidroplanning/aquaplaning), jarak pandang yang terbatas, suara deru hujan dan kilatan petir yang memecah kosentrasi membuat membawa kendaraan semakin beresiko tinggi.

Ban Mobil Bukan Penghambat Petir Di Kala Hujan, Tapi Karena Ini

Tapi ketika situasi begitu genting dan membuat kita harus tetap melaju maka kita memang harus tetap waspada, tetap menjaga jarak paling aman, memelankan kecepatan di batas minimal, menghindari jalan yang menggenang, menghindari jarak pandang yang tidak dapat diprediksi, pohon tumbang, gelombang yang tinggi, dan lain sebagainya adalah hal yang mutlak harus dihindari.

Tapi segenting apapun urusan kita jika situasi sudah benar-benar ekstrem sebaiknya menepi, keluar dari mobil dan menyelamatkan diri di tempat teraman.

Kendaraan apapun terutama mobil tentu lebih aman daripada motor atau sepeda, lebih baik menepi saja dan segera mencari tempat yang paling aman. Jangan berlindung di dekat tiang atau pohon, lebh baik berlindung dan masuk ke sebuah rumah atau bangunan yang mampu melindungi tubuh kita.

Ban Mobil Bukan Penghambat Petir Di Kala Hujan, Tapi Karena Ini

Ketika mobil harus terus melaju di situasi demikian menurut sumber yang saya baca langkah pertama agar aman dan tetap terlindungi adalah dengan tetap menutup kaca rapat-rapat, mematikan sinyal radio dan smartphone saat itu juga.

Dengan harapan tetap bisa melaju biasanya akan timbul rasa kekhawatiran adalah hal yang manusiawi. Namun demikian perusahaaan mobil sudah memikirkan faktor keselamatan pengendara disituasi apapun.

Namun mitos yang berkembang selama ini adalah ban karet mobil mampu menghambat arus listrik yang dihantarkan oleh petir ke bumi adalah tidak demikian.

Hal pertama yang harus kita pahami dan ketahui adalah atap dan body mobil khususnya bagian kerangka mobil yang mayoritas terbuat dari bahan logam ada bagian yang disebut dengan sangkar 'Faraday'. Disebut sangkar karena bentuknya menyerupai sangkar yang menyatu pada sasis mobil.

Kita tahu bahan logam menjadi penghantar atau konduktor arus listrik yang sangat ideal dan berbahaya bagi manusia untuk itu sangkar Faraday dipasang sebagai pelindung dari tegangan tinggi.


Ban Mobil Bukan Penghambat Petir Di Kala Hujan, Tapi Karena Ini

Sangkar Faraday adalah hasil dari penelitian dan penemuan ahli Fisika asal Inggris, bapaknya listrik sedunia: Michael Faraday. Selama hidupnya banyak membuat karya mengenai ilmu kelistrikan dan medan magnet.

Sangkar Faraday adalah kerangka khusus yang bahannya di rancang sedemikian rupa. Tujuannya untuk melindungi seseorang ketika terjadi benturan kuat atau hantaman berkekuatan diatas rata-rata seperti 'sengatan' petir yang menyambar mobil, peswat, dan kereta api, dengan begitu seseorang ketika dikondisi tersebut jadi lebih terlindungi, tapi bukan berarti aman.

Jadi ketika cuaca badai datang dan kita merasa cukup aman, merasa terlindungi karena ada ban berbahan karet di ke empat roda mobil mulai saat ini harus kita fikir ulang, ya.

Padahal yang terjadi sesungguhnya adalah ketika petir menyambar mobil, pesawat, atau kereta api maka sangkar Faraday akan menangkap arus listrik dari petir dan kemudian di salurkan ke tanah. Jadi bukan karena ban karet mampu meolak petir, ya tidak sepenuhnya benar.

Itulah mengapa jika kondisi cuaca buruk mobil, para penumpang pesawat, kereta api tetap aman dari petir yang mengandung arus listrik bertrgangan super tinggi.


Meski begitu adanya sangkar Faraday ini juga bukan jaminan 100% seseorang jadi lebih terlindungi dari petir, tapi lebih kepada bagaimana sangkar Faraday ini mampu menjaga seseorang dari benturan keras seperti ketika terjadi kontak langsung antara petir dengan body mobil dan 'sengatan' langsung dari petir ke manusia. Benturan yang terjadi biasanya keras dan diluar kendali manusia.



Secara prinsip kerja, saat kilat petir menyambar mobil maka arus listrik dari petir akan segera 'terkunci' oleh sangkar Faraday, kemudian sangkar Faraday akan menjinakkan dengan cara 'meredam', 'mereduksi' seperti mengurangi efek gelombang getaran yang terjadi dan menghantar arus listrik petir langsung ke bumi.



Referensi. TKPeh!
Img.google img


Ban Mobil Bukan Penghambat Petir Di Kala Hujan, Tapi Karena Ini
Ban Mobil Bukan Penghambat Petir Di Kala Hujan, Tapi Karena Ini
Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS



profile-picture
profile-picture
profile-picture
nirankara dan 35 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Halaman 1 dari 3
Gw bilangnya sungkup faraday
profile-picture
profile-picture
pak.rudiantara dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Hujan dan petir penghambat malam mingguan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wincdma dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Lebih baik berhenti aja dah neduh Ban Mobil Bukan Penghambat Petir Di Kala Hujan, Tapi Karena Ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wincdma dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh indra.blora
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Jadi inget pernah kesetrum gara-gara tiang lisrik deket rumah kesamber petir, bikin trauma abis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
theraikenjenova dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Horor bgt sih kalo udah urusan petir petir gitu tuuu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyimak92 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
1 juta volt..

emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
pak.rudiantara dan iskrim memberi reputasi
Quote:


Siapaaaakah? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
ladies.hunter01 dan pak.rudiantara memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yook Jon emoticon-Ngacir emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan pak.rudiantara memberi reputasi
tapi masalahnya gak bisa ditebak kapan ada sambaran petir.. atau kemana sambarannya bakal mengarah.. jadi kebanyakan kasus semua terjadi diluar perkiraan..
profile-picture
profile-picture
iskrim dan pak.rudiantara memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalau penumpang pesawat aman gimana gan? Kan dia mah terbang, listriknya disalurkan kemana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Jd solusi nya gmn nih klo hujan trus ada petir apa kita mendingan neduh aja gt?
Apa nnti gk jd nya aneh kita pake mobil trus neduh pas hujan,bs diledekin mamang warkop tmpt neduh nya lah nnti
profile-picture
pak.rudiantara memberi reputasi
Mending tetap dalam mobil deh, di jalanan susah nyari perlindungan
profile-picture
profile-picture
iskrim dan pak.rudiantara memberi reputasi
Hujan dan petir bikin sprey berantakan...
profile-picture
profile-picture
iskrim dan pak.rudiantara memberi reputasi
Wah baru tau gua gan, nice thread. oh ya, kalau gk sibuk boleh mampir ke Hot Thread gua gan, mengenai Brainwave software >> https://kask.us/iznRu

Dan juga Jangan lupa d rumah saja ya gan emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
iskrim dan pak.rudiantara memberi reputasi
Diubah oleh greasemonkey09
Gue lebih suka ngliatin ciwi2 yg basahan kena hujan coz jadi keliatan bulet gemes gitu dadanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan 3 lainnya memberi reputasi
baruan tau ini kalo sangar faraday itu dijadiin atep mobil dan yang lainnya, kalo ngga pake faraday ngeri juga bakalanbanyak yg kesambar
profile-picture
profile-picture
iskrim dan pak.rudiantara memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Menarik. Meski belum pernah dengar terjadi, tapi bagaimana ya kalo terjadi pada saat di jalan tol, padahal biasanya di jalan tol itu biasanya mau ga mau kita melaju dengan kecepatan tinggi, bisa serem kali ya kalo mobil kita jena samberan petir.
profile-picture
profile-picture
iskrim dan pak.rudiantara memberi reputasi
Iskrim is back
profile-picture
profile-picture
iskrim dan pak.rudiantara memberi reputasi
Maka dari itu di kos aja klo hujan petir, suara wikwik akan termanipulasi oleh petir, tapi klo memang lagi dijalan tiba2 hujan deras plus petir, lebih baik cari tempat istirahat.
Apa sihhh emoticon-Ngakak
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Gambar nya kayak apa gans ?
Sangkarnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
12345tom dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di