CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Begini Penjelasan Kemendagri Soal FPI Bukan Lagi Berstatus Ormas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbb286fb8408872ee04bf9d/begini-penjelasan-kemendagri-soal-fpi-bukan-lagi-berstatus-ormas

Begini Penjelasan Kemendagri Soal FPI Bukan Lagi Berstatus Ormas

Begini Penjelasan Kemendagri Soal FPI Bukan Lagi Berstatus Ormas

Pangdam Jaya TNI AD Mayjen Dudung Abdurachman mengancam akan bubarkan Front Pembela Islam (FPI) jika memang diperlukan.

Hal tersebut dilakukan Pangdam Jaya bukan tanpa dasar, pasalnya beberapa permasalahan yang terjadi hari ini terkait pelanggaran prokes covid-19, ceramah yang provokatif, hingga pencopotan jabatan beberapa pemangku kebijakan, itu disebabkan oleh FPI.

Maka atas dasar itu Pangdam mengancam akan membubarkan FPI, alih-alih diancam dibubarkan ternyata FPI tidak lagi berstatus organisasi masyarakat (ormas) yang terdaftar di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Benny Irwan pada Sabtu, 21 November 2020, bahwa FPI tidak memenuhi syarat sebagai ormas, karena tidak mempunyai AD/ART.

Di kesempatan yang sama, Benny juga menangkis isu yang menyebutkan Kemendagri tidak perpanjang masa FPI sebagai ormas karena ideologi.
Selain itu, lanjut Benny, pihak FPI sendiri mengamini menunda perpanjangan lantaran belum bisa menyerahkan dokumen AD/ART.

"Karena itu belum ada. Dan biasanya menyusun AD/ART itu saat Munas. Jadi karena FPI tidak bisa memenuhi persyaratan itu mereka mengatakan sementara kami tidak memperpanjang dulu karena nggak mungkin memenuhi itu karena kami belum Munas,” tutur Benny kepada wartawan, di Jakarta, Sabtu, 21 November 2020.

Lebih jauh Benny mengatakan, ketika mengajukan perpanjangan masa surat keterangan terdaftar (SKT), FPI merupakan ormas yang tidak berbadan hukum. Status hukum satu ormas, menurut Benny, dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Sementara, fungsi SKT di Kemendagri adalah syarat agar satu ormas tercatat di Kemendagri meski tidak berbadan hukum. Benny menambahkan masa berlaku SKT selama lima tahun.

Merunut catatan di Kemendagri, Benny menyebut FPI sudah tercatat tiga kali perpanjang status keanggotaan sebagai ormas.

“FPI itu sebenarnya sudah sejak beberapa tahun yang lalu sudah terdaftar di Kemendagri. Kalau nggak salah SKT FPI itu sudah tiga kali,” sambungnya.

“Kemarin teman-teman FPI itu masih ingin memperpanjang SKT, tapi dalam prosesnya masih ada persyaratan yang belum dipenuhi,” tandasnya.

Tanpa adanya status sebagai ormas yang terdaftar, Benny menilai, FPI tidak tepat melakukan kegiatan apapun.

“Idealnya kalau mereka memahami tidak boleh ada apa-apa, tidak boleh ada kegiatan, tidak boleh ada apa-apa sebagai ormas. Harusnya kan begitu,” tutupnya.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 32 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
Begini Penjelasan Kemendagri Soal FPI Bukan Lagi Berstatus Ormas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
ujung2 nya di perpanjang emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MaryoIrawan dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ya elah cuman mengancam, kebanyakan drama lo kalo dah yakin bubarkan

Hilamg dah uu omnibuslow, kebakaran gedung kejaksaan, jiwasraya

Jgn2 bosnya minum kopi bareng nih sekarang menikmati drama ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 30 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 30 balasan
Cuman jadi club abang2 penyembah baliho berseragam putih ya akhi emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
Ciri ciri pemerintahan represif emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
iniakubayu dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Begini Penjelasan Kemendagri Soal FPI Bukan Lagi Berstatus Ormas

kagak demo drun ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kepala.hitam46 dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
yang jelas usul pembubaran fpi tuh udh masuk bahkan sampai kepresiden sendiri,

Begini Penjelasan Kemendagri Soal FPI Bukan Lagi Berstatus Ormas

Begini Penjelasan Kemendagri Soal FPI Bukan Lagi Berstatus Ormas

lalu kenapa tidak dibubarkan? tanyalah ke pemerintah kalian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
tanpa ijin berarti hanyalah kumpulan liar, sperti genk motor

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
Wah bakal banyak Penggangguran dong
Job order Demo dan nasi bungkus bakal gak ada emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
Jadi ilegal ormas ?

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reep1000 dan 2 lainnya memberi reputasi
kan udah w bilang dari kemaren,
nah saran w biar disini pada puas

setujui perpanjangan fpi, terus dibubarin dan dijadiin ormas band (tentunya dengan temuan tertentu yang mungkin udah jelas didepan mata) terus
segala macam atribut dan penggunaan simbol dan sejenisnya dilarang

nah kan dia gak bisa apa2in lagi
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
statusnya jadi orger.
organisasi gerombolan

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yesknow dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalau meminjam istilah order baru organisasi tanpa bentuk
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan yoseful memberi reputasi
Nanti jelang pilpres, diperpanjang ama pdi pret. Buat cari kantong suara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arthemesia dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nanti buat narasi di halangi oleh pemerintah anti islam
profile-picture
profile-picture
merseysidered dan blues... memberi reputasi
Diubah oleh drtomi94
Ormas illegal menjijikkan. emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan samsol... memberi reputasi
klo nonton video ini



apakah ini yang baru bisa disebut ormas ya gan ?
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan samsol... memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Begini Penjelasan Kemendagri Soal FPI Bukan Lagi Berstatus Ormas
profile-picture
profile-picture
samsol... dan gianaana memberi reputasi
Jadi perpanjang?
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Anggap aja kayak geng atau mafia. Hrs dilarang bikin kegiatan yg resmi krn gak ada legalitasnya. Kslo sampe nekat beraksi ya tinggal tangkap dan jebloskan ke gulag.
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di