CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Games / Games /
Apa itu Google Stadia?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbb24535cf6c420546b2021/apa-itu-google-stadia

Apa itu Google Stadia?

Apa itu Google Stadia?

Apa itu Google Stadia adalah pertanyaan yang cukup banyak ditanyakan oleh sekelompok orang di penghujung tahun 2020 ini. Apakah kamu salah satu di antaranya? Kamu mungkin sudah pernah dengar, tapi masih belum juga paham?
Eits, Santai! Kali ini penulis akan mencoba berbagi tentang perkembangan Google Staadia beserta layanan yang diberikannya.

Keseriusan Google melihat perkembangan dan kemajuan game di dunia mungkin menjadi pemicu untuk mendirikan Stadia. Google Stadia yang resmi meluncur pada hari Selasa, 19 November 2019 tahun lalu, memberikan layanan untuk bermain game lewat teknologi cloud.

Dengan kata lain, pengguna yang sudah terdaftar di Stadia dapat memainkan game hanya melewati ponsel, web browser, atau melalui Chromecast secara real-time streaming hanya dengan bantuan internet, tanpa membutuhkan spesifikasi konsol yang tinggi.

Nah, setelah 1 tahun peluncurannya, penasaran dengan perkembangan Stadia di bawah ini? Yuk kita simak bersama apa itu Google Stadia dan layanan yang diberikannya.

Apa itu Google Stadia?
Google Stadia adalah sebuah layanan cloud gaming yang diprakarsai oleh Google. Layanan cloud sudah pernah dengar ‘kan, Sob? Iya, benar! Teknologi pada layanan ini membuat semua data yang kita punya berada dan disimpan pada server yang dapat diakses dari jaringan internet.

Kekuatan Streaming Google Stadia
Disadari atau tidak, tentulah kita sering melalukan aktivitas streaming, apalagi di era digital seperti sekarang ini. Namun tahukah kamu apa itu streaming dan bagaimana prosesnya?

Ada begitu banyak platform yang memberikan fasilitas streaming bagi para penggemarnya, seperti YouTube atau Instagram. Kita dapat langsung menyaksikan konten berupa audio atau video hanya dengan mengkliknya tanpa melalui pengunduhan.

Hal inilah yang disebut dengan streaming, dimana dalam prosesnya terjadi transfer data dari server (yang kita simpan pada cloud) ke host dan data yang ditransfer pun harus disampaikan secara langsung sesuai dengan kecepatan transfer data yang kita miliki.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Google Stadia yang memberikan streaming dengan kualitas konten hingga 4K HDR dan 60 FPS untuk pelanggan Stadia Pro, serta hingga 1080p dan 60 FPS untuk pengguna non-pelanggan.

4K diartikan sebagai jumlah piksel dari setiap gambar atau sama juga artinya dengan resolusi. Semakin banyak pikselnya maka semakin banyak detail yang dapat ditampung dalam gambar.

Sementara 60 FPS diartikan sebagai 60 frames per second atau banyaknya frame per detik. Semakin banyak frame per detik, maka semakin halus tampilan videonya.
Seperti pengalaman streaming internet lainnya, koneksi berkualitas lebih tinggi akan menghasilkan pengalaman terbaik. Untuk itu, sangat diperlukan kecepatan internet yang stabil dalam penggunaan Google Stadia.

Apa itu Google Stadia Pro?
Jika kamu berlangganan pada Stadia Pro, maka kamu dapat membuka koleksi game gratis yang terus bertambah untuk dimainkan di Stadia. Jika kamu daftar ke Stadia, maka kamu akan menerima langganan uji coba Stadia Pro, yang mencakup bermacam-macam game gratis yang dapat kamu mainkan sekarang dan setiap bulannya.

Untuk detailnya kamu bisa lihat disini ya agar paham. Apa Itu Google Stadia (lengkap)

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
Wah produk apalagi nih dari google, bakalan bersaing atau bakal fail nih? kok prediksi ane fail ya
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ISp indon download 3gp aja ms ngadat
Sepertinya menarik nih.. Moga aja game gamenya banyak yg seru yaa..
Mulai keren nih google memberikan wadah untuk gamers, semoga aja gak gagal gan
Masalah kecepatan internet di Indonesia agak kurang mendukung main di Google Sidia. emoticon-Cape d... (S)
Taunya google chrome , goolge maps saja
profile-picture
cinta.sendiri memberi reputasi
main game ringan grafis, mungkin masih bisa
Inovasinya si luar biasa ya, dimana kita ga usah mikirin harus ganti processor atau VGA card lagi.
Sayangnya indonesia bandwidth nya kecil, biznet bisa, cuma yg lain ga bisa make wifi.
belum jelas kapan keluarnya
Stadia bisnis baru Google jualan game.
Mirip film streaming tapi jenis games
Hanya untuk orang-orang kaya punya internet cepat tagihan diatas satu juta
ane pribadi paham apa yang diinginkan mereka dan kayaknya masa depan, ini game kaya gini, jadi ga punya konsol sendiri2, sayang, internat yang cepat masih jadi halangan
Produk google memang keren
Ini kan produk yang sudah dianggap fail pas peluncurannya. Banyak problemnya misal koneksi internet, problem 4K nya aja dipertanyakan krn gk full reso 4k. Trus game yg dikembangin utk stadia gk ada yg bagus. Intinya player dan developer game gk ada yg minat mau hijrah ke stadia
Inovasi yang patut diapresiasi, semoga tidak masuk ke jurang kegagalan emoticon-Malu emoticon-Malu
Bedanya Ama google play game apa nih gan 🙄
Waaa baru tau nih ane google stadia nih makin canggih n update nih google
Naahh manteb nih google semoga bermanfaat nih gan
Keren sekali, Google benar-benar memperhatikan perkembangan dunia game dengan turut berpartisipasi dalam hal ini.
Ini sama dengan amazon luna


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di