CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Nganggur Usai Jabat Gubernur pada 2022, Anies Masih Berpeluang Nyapres?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fb9dee9337f932e3470da90/nganggur-usai-jabat-gubernur-pada-2022-anies-masih-berpeluang-nyapres

Nganggur Usai Jabat Gubernur pada 2022, Anies Masih Berpeluang Nyapres?

Nganggur Usai Jabat Gubernur pada 2022, Anies Masih Berpeluang Nyapres?

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disebut-sebut sebagai salah satu tokoh terkuat yang bakal meramaikan bursa calon presiden (capres) 2024.

Dalam berbagai hasil survei, Anies selalu menempati papan atas bakal calon presiden 2024 dengan elektabilitas rata-rata di tiga besar. Survei Populi Center yang dirilis pada November 2020 menyebut elektabilitas Anies 9,5%, terpaut tipis dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang unggul dengan elektabilitas 9,9%.

Di atas keduanya ada nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di puncak dengan elektabilitas 18,3%.

Paling tidak, ada dua modal kuat yang membuat Anies sejauh ini mampu menjadikan dirinya tokoh potensial capres 2024. Pertama, soal kedekatannya dengan pemilih dari kalangan Islam. Tak bisa dipungkiri polarisasi pemilih yang merupakan residu dari Pilkada DKI Jakarta 2017 dan Pilpres 2019 masih terjadi hingga sekarang.

Pada posisi tersebut, Anies berpeluang didukung oleh kelompok Islam yang bukan bagian pendukung Jokowi di Pilpres 2019. Kedekatan Anies dengan kelompok Islam terkonfirmasi dengan sikapnya yang secara terbuka menunjukkan kedekatan dengan tokoh Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab, termasuk juga dengan gerakan kelompok 212 yang notabene jadi penentang Ahok saat menjabat gubernur DKI.

Suara kelompok Islam yang selama ini beroposisi dengan Jokowi bisa jadi akan mendukung Anies saat maju di pilpres.

Kedua, elektabilitas Anies naik seiring dengan capaiannya sebagai gubernur DKI Jakarta. Terlepas dari prokontra, faktanya DKI di bawah kepemimpinan Anies mendapatkan sejumlah penghargaan nasional dan internasional, di antaranya di bidang transportasi.

Faktor lainnya adalah kinerja dalam menangani pandemi Covid-19. Jakarta sebagai ibu kota negara dan menjadi episentrum penularan virus Covid-19 tak pelak menjadi pusat perhatian seluruh masyarakat. Kebijakan kesehatan, ekonomi, dan sosial yang dibuat Anies dalam membantu masyarakat Jakarta selama pandemi dengan sendirinya bernilai politik. Panggung kemanusiaan pun pada akhirnya—entah disengaja atau tidak—berubah menjadi panggung politik. Benefit ini antara lain yang membuat Anies tampil menjadi figur capres potensial.

Namun, di sini pula potensi kelemahan Anies sebagai kepala daerah yang berpeluang jadi capres. Ini juga berlaku bagi kepala daerah lain seperti Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.(Baca juga: Menakar Peluang Anies Baswedan Melaju di Pilpres 2024)

Jika pandemi berakhir atau ketika periode masa bakti sebagai gubernur berakhir, maka panggung politik pun akan surut.Anies akan mengakhiri jabatan pada 2022 atau dua tahun jelang pilpres.

Sedangkan Ganjar dan Ridwan Kamil, akan mengakhiri masa jabatan pada 2023, serta Khofifah pada 2024.

Menurut pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari, kondisi tersebut akan membuat para gubernur jadi kehilangan "panggung" untuk menjaga elektabilitasnya.

Qodari menilai, elektabilitas para gubernur bisa saja turun jika pandemi berakhir karena selama ini eksposure memang paling banyak terjadi kepada mereka. Terlebih Anies dengan Jakarta yang eksposurenya nasional.

"Apakah elektabilitas gubernur ini akan bertahan atau tidak, kita lihat nanti karena untuk tampil di pilpres tentu tidak sekadar perlu momentum pandemi," ujarnya beberapa waktu lalu.

Jika pun mampu mempertahankan elektabilitas, hambatan lain yang akan dihadapi Anies dan gubernur lain adalah dukungan partai politik. Sebagai figur nonparpol, mereka akan bersaing dengan elite parpol untuk mendapatkan jatah kursi capres.

Pada umumnya parpol telah memiliki calon yang tak lain adalah ketua umum masing-masing. Partai Gerindra misalnya, hampir pasti akan mengusung ketua umumya Prabowo Subianto. Partai Golkar pun demikian, akan mengajukan ketua umumnya Airlangga Hartarto. PDI Perjuangan kemungkinan akan mengusung Puan Maharani yang tak lain anak dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Partai menengah seperti Demokrat dan PKB sudah memiliki Agus Harimurti Yudhoyono dan Muhaimin Iskandar, minimal untuk jabatan cawapres.

Lalu kendaraan politik apa yang tersisa untuk capres dari nonparpol?

Satu-satunya jalan bagi figur seperti Anies dalam memperoleh karpet merah dari parpol adalah elektabilitas yang sangat tinggi. Ini sudah dibuktikan Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2014. Saat itu, meski Jokowi yang juga gubernur DKI bukan elite parpol, namun dengan popularitas dan elektabilitas yang tinggi, dia akhirnya mampu menarik banyak partai untuk mendukungnya.

Hanya bedanya, saat maju menjadi capres, Jokowi masih menjabat gubernur DKI sehingga masih memiliki panggung. Sedangkan Anies harus mengakhiri jabatan sebagai gubernur Ibu Kota dua tahun sebelum masa pencoblosan pilpres.

Artinya, untuk dapat menjaga dan menaikkan elektabilitasnya sebagai bakal capres, Anies memerlukan panggung lain biar nanti tidak benar-benar "menganggur" usai meletakkan jabatan. Panggung seperti apa? Kita lihat nanti

https://nasional.sindonews.com/read/...res-1606011090
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan nomorelies memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Jadi walikota saja pakNganggur Usai Jabat Gubernur pada 2022, Anies Masih Berpeluang Nyapres?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Masih, gabung aja sama efpeik jadi panglima tertinggi biar nama kagak tenggelam emoticon-Request
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
pribumi yg sesungguhnya
yg namanya joko, sri, susi, basuki mah numpang doang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thejohan777 dan 4 lainnya memberi reputasi
pilkada 2022 nggk jd?


emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
daftar ja lh. biar rame ni bp emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
Nunggu di calonin partaik 212

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
Kalo gak kepilih lagi
2 tahun tidak berpolitik
Fpi apa mau sponsori orang yg tidak berpolitik?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
2022 aja masih gelap buat nih manusia, apalagi 2024 emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 4 lainnya memberi reputasi
Mantab ...

Anies baswedan dan rizieq shihab for 2024 ..


Saatnya pribumi berkuasa ..emoticon-Leh Uga

Jgn sampe itik bertelor ayam yg mengerami emoticon-Ngakak




Take @ :beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 3 lainnya memberi reputasi
Anies Baswedan for president of Indonesia 2024H.
emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 4 lainnya memberi reputasi
Cuma komen Anies presiden ke-2024 langsung diamuk kampret... emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan 3 lainnya memberi reputasi
Nganggur Usai Jabat Gubernur pada 2022, Anies Masih Berpeluang Nyapres?


emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antiketek dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo baliho d turunin aja mewek.. gimana caranya mau maksa pemerintah majuin pilkada DKI ke 2022.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Menurut sejarah, dulu di panggil satu polda langsung pergi umrah ke saudi Arabia!

Saat ini tambah parah, siap siap di panggil oleh 2 polda!

Nanti kedepan nya pasti akan melanjutkan study yang tertunda di malingsia !

Tinggal di pilih di pilih!

Selamatkan RS dan korban kan ...

Atau pilihan sebalik nya

Note:

Pemberitahuan tidak langsung ke seluruh Bandara yang ada di seluruh Indonesia, siap siap melayani dengan senyum dan ramah tamah ke Indonesiaan!
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Ih jijik.. Ih jijik.. emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
yg jelas ahox udah gak bkl jadi capress?emoticon-Wkwkwk
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Coba bikin partai bud
Bukan kader partai dan kaga punya partai mending kelaut aja nyapresnyaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
nyungsep lah... parpol nggak ada, jabatan nggak ada, mau dapat publikasi dari mana? bakal jadi calon xxx abadi, sama dengan GN.
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Pada akhirnya Prabowo yg paling menderita


emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
ashiaapppp
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di