CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Kekoreaan /
Daebak! Beginilah Meriahnya Musim Dingin di Korea Selatan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fb88b3fa2d195525f3606a3/daebak-beginilah-meriahnya-musim-dingin-di-korea-selatan

Daebak! Beginilah Meriahnya Musim Dingin di Korea Selatan

Daebak! Beginilah Meriahnya Musim Dingin di Korea Selatan

ANNYEONGHASEYO

emoticon-Hai

Sebentar lagi musim dingin di Korea akan tiba, loh. Adakah di antara kalian yang ingin berlibur Natal ke sana dan menghabiskan hari bersama putihnya salju?

Nah, ngomongin musim dingin di Korea, ada banyak hal menarik yang harus kalian ketahui, nih. Terutama buat kalian yang ingin winter holiday ke Korea untuk pertama kalinya.

Jadi, musim dingin di Korea biasanya akan dimeriahkan oleh berbagai festival yang menarik. So, untuk menikmati hari bersalju, kalian gak hanya berhibernasi di rumah lalu bergelung di balik selimut. Kalian bisa bersenang-senang bersama keluarga, sahabat, dan pasangan di bawah salju.

Wah, kalau gitu, gak usah lama-lama, ya. Mari kita mulai ulasannya.

Cekidot!

1. Hwacheon Sancheoneo Ice Festival

Daebak! Beginilah Meriahnya Musim Dingin di Korea Selatan

Buat kamu yang ingin pergi ke Gangwon-do di musim dingin, kayaknya gak boleh melewatkan festival yang satu ini. Yaitu festival memancing di sungai Hwangcheoncheon yang membeku.

Loh, gimana caranya memancing di sungai yang membeku? Caranya, orang-orang akan membuat lubang di atas es tersebut dan kemudian memancing ikan sancheoneo atau ikan Salmon Masou yang hidup di dalamnya.

Daebak! Beginilah Meriahnya Musim Dingin di Korea Selatan

Festival ini menarik banget, Gansis. Makanya, tiap musim dingin, tempat ini selalu ramai oleh pengunjung, baik lokal atau mancanegara. Orang-orang akan menikmati keseruan memancing di sungai beku, di sungai dingin yang masih cair, bahkan menangkap ikan dengan tangan kosong di lubang-lubang es. Seru banget, kan?

Daebak! Beginilah Meriahnya Musim Dingin di Korea Selatan

Nah, hasil pencingannya bisa dinikmati untuk pribadi, kok. Tenang aja. Gak akan diambil pihak pengelola arena pemancingan, hehehe. Nanti ikan itu bisa digoreng dan dimakan hangat atau diiris mentah-mentah. Jangan heran, ya. Makan ikan sancheoneo mentah di sana sudah biasa. Barangkali kamu bisa mencobanya juga di musim dingin ini. Hehe.

Oiya, festival ini dibuka pada 27 Januari mendatang dengan karcis masuk seharga 10.000-15.000 won per orang. Jika dirupiahkan sekitar Rp. 125.000-190.000.

***

2. Boseong Green Tea Light Festival

Daebak! Beginilah Meriahnya Musim Dingin di Korea Selatan

Natal identik dengan kerlap-kerlip cahaya di malam hari. Nah, di Korea, selain bisa menikmati kilauan cahaya di Pohon Natal, kamu juga bisa melihat hamparan cahaya warna-warni di kebun teh. Menakjubkan bukan?

Kamu bisa datang ke sini dari pukul empat sore hingga pukul sepuluh malam. Setelahnya, nikmatilah lautan cahaya di kebun teh yang sangat luas ini. Sekadar informasi saja. Perkebunan Teh Boseong adalah kebun yang memasok 40% kebutuhan teh hijau orang Korea. Dan disadur dari situs CNN, festival ini masuk dalam peringkat ke 31 pemandangan paling menakjubkan di bumi. Keren, kan?

Daebak! Beginilah Meriahnya Musim Dingin di Korea Selatan
Kebun teh di siang hari saat musim dingin

Untuk menikmati festival ini, kamu harus merogoh kantong sebesar 3000-4000 won atau Rp. 30.000-50.000 rupiah. Kabar baiknya, untuk anak-anak usia di bawah tujuh tahun, digratiskan. Namun, kabar buruknya, untuk tahun ini festival ini ditiadakan karena Covid. Yaaa, sayang sekali, ya, Gan.

***

3. Garden of Morning Calm Lightning Festival


Daebak! Beginilah Meriahnya Musim Dingin di Korea Selatan

Jika festival cahaya Boseong di kebun teh, maka yang satu ini, festival cahayanya dilakukan di taman. Hadir di festival ini, kamu akan merasakan sensasi dunia fantasi yang sesungguhnya.

Di siang hari, taman ini tampak seperti dunia Elsa dan Anna di film Frozen. Pemandangan putih terhampar sejauh mata memandang. Nah, bila malam tiba, pemandangan tak kalah menakjubkan pun muncul. Cahaya warna-warni menghiasi taman ini membuat kamu seakan berada di negeri dongeng.

Daebak! Beginilah Meriahnya Musim Dingin di Korea Selatan

Untuk menikmati pemandangan ini, datanglah setelah mata hari terbenam hingga pukul sembilan malam (Minggu-Jumat) dan pukul sebelas malam (Sabtu).

Daebak! Beginilah Meriahnya Musim Dingin di Korea Selatan

Oiya, untuk menikmati festival ini, Gansis perlu mengeluarkan biaya sebesar 9.500 won atau sekitar Rp. 120.000 (dewasa), 7000 won atau Rp. 90.000 (remaja), dan 6000 won atau Rp. 75.000 (anak-anak).

***

4. Taebaeksan Mountain Snow Festival

Daebak! Beginilah Meriahnya Musim Dingin di Korea Selatan

Festival yang satu ini cocok banget untuk dihadiri bersama keluarga tercinta, Gansis. Buka setiap akhir pekan dari pukul 11.30-15:30, membuat Gansis bisa menikmati akhir minggu pada siang yang dingin bersama keluarga terkasih.

Daebak! Beginilah Meriahnya Musim Dingin di Korea Selatan

Untuk bisa menikmati festival ini, kamu tidak akan dipungut uang masuk. Akan tetapi, kamu akan membayar bila memakai jasa (guide) atau naik wahana.

Di festival ini, kamu bisa bermain salju sepuasnya. Melihat pameran patung salju raksasa di Jungang-ro dan Kolam Hwangji. Selain itu, biasanya juga diadakan kompetisi salju seperti mendaki, berseluncur, dan lain-lain. Kamu juga bisa menyaksikan air mancur yang indah dan festival cahaya bintang.

Gimana? Tertarik untuk datang?

***

5. Busan Christmas Tree Festival

Daebak! Beginilah Meriahnya Musim Dingin di Korea Selatan

Tak lengkap rasanya jika merayakan Natal di Busan, tapi tidak menghadiri festival Pohon Natal di Busan. Kamu gak perlu membayar untuk menikmati keindahan festival ini. Sebab, Pohon Natal dan hiasan lampu LED akan tampak di sepanjang jalan Gwangbok-ro, Jung-gu, Busan. Gansis dapat menyaksikan konser lagu-lagu Natal dan Pohon Natal raksasa yang sangat cantik.

***

Selesai bersenang-senang dengan menghadiri berbagai festival. Tentu kita tak boleh melupakan hal yang satu ini. Ya, apa lagi kalau bukan makanan! Bukankah musim dingin membuat kita merasa lebih cepat lapar? Heheh.

Nah, di Korea, ada beberapa hidangan yang terasa lebih nikmat bila dimakan di musim dingin. Apa saja itu?

1. Galbi Jjim

Daebak! Beginilah Meriahnya Musim Dingin di Korea Selatan

Tak lengkap musim dingin di Korea tanpa menikmati Galbi. Rebusan iga bersama wortel dan kentang ini terasa nikmat sekali bila dimakan hangat dengan suhu yang dingin. Untuk rasanya, kamu bisa pilih sesuai selera. Mau klasik atau pedas.

***

2. Kkochi Eomuk

Daebak! Beginilah Meriahnya Musim Dingin di Korea Selatan

Bila kamu menikmati tteobokki di musim dingin, maka jangan lupa sate berkaldu ini. Pedas pada tteobokki bisa ditawarkan dengan sate eomuk yang gurih. Selain itu, kkochi eomuk juga bisa memanaskan suhu tubuh. Wah, makanan ala winter banget, kan?

***

2. Tteobokki

Daebak! Beginilah Meriahnya Musim Dingin di Korea Selatan

Nah, di atas ane bahas camilan untuk tteobokki. Sekarang, ane bahas tteobokki itu sendiri. Buat kamu pecinta makanan pedas-manis, tteobokki adalah salah satu rekomendasinya. Terbuat dari garae tteok atau kue beras kemudian dicampur eomuk juga bermacam sayuran; bawang, kol, wortel, cabai, dan siraman kaldu panas. Nom nom nom.

***

3. Jjim Dalk

Daebak! Beginilah Meriahnya Musim Dingin di Korea Selatan

Sama seperti galbi jjim, jjim dalk juga merupakan makanan yang direbus. Isiannya ada ayam, paprika, dan ubi jalar. Tampilannya makin menggoda setelah diguyur dengan saus kental berwarna cokelat.

***

4. Naengmyeon

Daebak! Beginilah Meriahnya Musim Dingin di Korea Selatan

Bagaimana mungkin kamu bisa melewati musim dingin di Korea Selatan tanpa naengmyeon? Olahan mie gandum dengan kaldu sapi ini adalah makanan musim dingin pada zaman dahulu. Ya, walaupun banyak juga yang menikmatinya di musim panas. Gampang saja. Ketika winter, nikmati dengan kaldu panas. Dan ketika summer, nikmati dengan kaldu dingin.

***

5. Kimchi Jjigae

Daebak! Beginilah Meriahnya Musim Dingin di Korea Selatan

Makan nasi di musim dingin sangat cocok bila ditemani sup pedas nan panas ini. Bagaimana tidak? Di berbagai restoran, sup ini akan disajikan dengan panci dan pemanas sehingga supnya tetap mendidih. Cocok sekali untuk menghangatkan tubuh, bukan?

Isi dari sup ini juga beragam. Tentunya ada kimchi dan kuah pedas. Kemudian ditambahkan sayuran, tahu, seafood, dan daging babi. Bagi yang Muslim mungkin bisa menggantinya dengan daging sapi.

***

6. Gun-bam

Daebak! Beginilah Meriahnya Musim Dingin di Korea Selatan

Di musim dingin tentu kita jadi lebih "kuat" ngemil, dong? Nah, ada nih satu camilan musim dingin yang lumayan terkenal di Korea. Namanya gunbam, yaitu kacang chestnut panggang. Wah, keliatannya gurih, ya!

***

7. Hoppang

Daebak! Beginilah Meriahnya Musim Dingin di Korea Selatan

Pengen makan camilan kukus di musim dingin? Hoppang salah satu rekomendasinya! Kue tradisional ini biasanya dipanaskan dulu dalam microwave sebelum dimakan. Kue lembut dengan isian daging, keju, pasta kacang merah, sayur, ubi, labu, dan isian lainnya. Ada yang tertarik untuk mencoba?

***

8. Bungeo-bbang

Daebak! Beginilah Meriahnya Musim Dingin di Korea Selatan

Ketika musim dingin, gerobak street food akan berjejer di sisi jalan. Nah, salah satu makanan yang biasa dijual adalah kue bungeoppang atau kue berbentuk ikan mas ini. So, gak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba kue dengan isian pasta kacang merah ini.

***

9. Gun-goguma

Daebak! Beginilah Meriahnya Musim Dingin di Korea Selatan

Dulu waktu kecil, ane sering banget bakar ubi jalar pas musim hujan. Entahlah, makanan biasa ini rasanya berubah nikmat ketika dimakan di suhu dingin. Nah, rupanya ini juga ada di Korea dan cukup populer. Makan ubi jalar panggang yang dibungkus kertas sambil berjalan-jalan menikmati jalanan malam, tentu sangat nikmat sekali. Apalagi daging ubi jalar nan lembut dan panas itu, cocok sekali untuk memanaskan tubuh.

***

10. Gyeranppang

Daebak! Beginilah Meriahnya Musim Dingin di Korea Selatan

Bila kamu berburu jalanan winter Korea, pasti kamu takkan asing dengan kudapan yang satu ini. Soalnya banyak yang jual. Namanya gyeranppang atau roti telur. Ya, bentuknya seperti telur yang diceplok ke roti panggang. Teksturnya lembut, tapi agak lengket dan berantakan. Namun, sensasi hangatnya tentu cocok untuk camilan musim dingin.

***

Nah, gimana tuh tadi, Gansis? Meriah, ya, musim dingin di Korea. Apa kalian tertarik untuk berlibur ke sana?

Namun, melihat situasi yang seperti ini, sepertinya festival di Korea tak akan semeriah biasanya. Selain itu, ane juga gak menyarankan kalian untuk berlibur sekarang demi keamanan dan kesehatan kalian. So, thread ini bisa kalian simpan untuk musim dingin tahun depan.

Namun, untuk kalian yang 'ngebet' pengen liburan, ya silakan. Namun ingat! Tetap patuhi protokol kesehatan, ya. Soalnya di Korea sana aturan protokol kesehatannya juga dijalankan dengan ketat.

Oiya, untuk festival-festival di atas, kalian bisa searching di situs resmi biro holiday Korea untuk melihat perubahan harga tiket dan jam masuk, ya. Juga mungkin aturan tambahan untuk wisatawan mengingat situasi pandemi masih melanda.

So, cukup sekian thread ane kali ini. Mohon koreksi bila ada yang keliru. Semoga bermanfaat.

Nb: Korea yang dimaksud di thread ini adalah Korea Selatan, bukan Korea Utara.

Salam damai

Sekian

A thread by : serbaserbi.com
Gambar : Google image
Sumber: 1, 2, 3, 4, 5, 6


emoticon-Cendol Gan

Kamsahamnida
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TukangRipiew dan 28 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh serbaserbi.com
Halaman 1 dari 4
Santuy dan santun area!
Tertarik untuk datang ke festival yang mana, Gan?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ademnya berasa ampe kesini emoticon-Smilie
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ngiler sama roti ikan itu sering ada di komik2 jepang, lupa nama roti ikannya
profile-picture
profile-picture
666fapfap dan serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Susah bacanya.
Meong meong taek
emoticon-Leh Uga
Bisanya kim jong un
profile-picture
666fapfap memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Aaaakkkkkkk ingin sekali ke sanaaaa, kayaknya seru abis sih musim dinginnya
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Ane kepo sama kue ikannya emoticon-Big Grin
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Pengen kesana
musim dingin ga lah

kalo ga biasa dengan salju, auto keluar darah dari kuping dll
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
wah gimana jadinya ya kalo ada musim dingin di Indo emoticon-Ngakak
profile-picture
satmofri memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
orang sono dingin dingin malah banyak acara yaa.. disini mah dingin dingin pada sibuk rebahan di kasur wkwk
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
.. dingin² disana minum souju sambil berduan sm cewe korea woww...
emoticon-Angkat Beer
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
One day bakal jalan2 kesana ah sm bini emoticon-Big Grin
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Sayangnya di indo kaga ada musim dingin kek gitu gan 🥺, bisa maen² salju kan asik 😁
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Winter ini ane udah ada rencana mau ke Docheok-myeon, Gwangju
Ada tempat bagus disana, Konjiam Resort
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Enaknya ngapain musim dingin begitu
profile-picture
Cybermaya88 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
pekiwanemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
ushirota dan serbaserbi.com memberi reputasi
up gan emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
ushirota dan serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pekiwan ane kunci
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di