CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
SIM C Bakalan Dibagi Jadi Tiga Jenis Sesuai CC Motor, Wacana Udah dari 2016
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fb6543b10d29511172f27d0/sim-c-bakalan-dibagi-jadi-tiga-jenis-sesuai-cc-motor-wacana-udah-dari-2016

SIM C Bakalan Dibagi Jadi Tiga Jenis Sesuai CC Motor, Wacana Udah dari 2016


Rame lagi nih GanSis, kabarnya Kepolisian Republik Indonesia akan memberlakukan klasifikasi surat izin mengemudi (SIM) untuk motor berdasarkan kapasitas mesin. Bakalan ada ada tiga tipe SIM C nantinya GanSis, SIM C, SIM C1 dan SIM C2. Kenapa Ane bilang “rame lagi”, soalnya wacana ini dulu udah pernah bergulir pada tahun 2016. Namun hingga kini wacana tersebut masih berbentuk wacana. Dan, katanya dalam waktu dekat akan benar direalisasikan.
 SIM C Bakalan Dibagi Jadi Tiga Jenis Sesuai CC Motor, Wacana Udah dari 2016

Saat pertama kali wacana ini muncul, ada tiga tipe SIM C yang akan dikeluarkan. Pertama, SIM C untuk sepeda motor dengan kapasitas mesin kurang dari 250cc. Kedua, SIM C1 untuk sepeda motor berkepasitas 250 – 500 cc. Dan ketiga, SIM C2 untuk sepeda motor berkapasitas mesin 500 cc keatas.

Wacana ini muncul karena mengendarai motor kecil dan motor besar membutuhkan keterampilan yang berbeda. Untuk mengendarai motor gede, pengendaranya harus lebih terampil karena bobot motor yang ditungganginya cukup besar dan dimensinya juga besar. Sementara motor kecil relatif lebih mudah untuk dikendarai.

Nah, menariknya GanSis, sebelum diberlakukan alias masih dalam bentuk wacana, biaya penerbitan dan perpanjangan ketiga tipe SIM C ini udah muncul. Ini terlihat di lampiran Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia. Pada lampiran tersebut tertera Pembuatan SIM baru untuk SIM C Rp 100.000, SIM C1 Rp 100.000, dan SIM C2 Rp 100.000. Sementara untuk perpanjangan pengendara dikenakan tarif sama ketiganya yakni Rp 75.000 untuk SIM C, C 1, dan C2.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 33 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
Harapan ane gan.. bisa mengurangi pengendara moge kecelakaan kalo SIM nya sesuai.. usia juga harus udah dewasa jadi bukan bocil kemarin sore yang bakal pegang SIM chusus ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
Semoga bisa jadi makin tertib lalu lintas disini dengan adanya penyesuaian ini gan.. Nice info btw emoticon-thumbsup
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
halah wacana lama bangkit lagi.. ya kalo beneran mau diklasifikasi ya buruan direalisasi.. bukan cuma wacana doang..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mayyurie dan 5 lainnya memberi reputasi
hanya sekedar wacana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 3 lainnya memberi reputasi
Masih bisa lewat tol kan bang buatnyaemoticon-Ngakak

Boleh juga tapi kelas beda kok biaya sama aja gan,ga salah tuh bukan apa2 gan kan kl punya motor 1/4liter keatas biasanya kan orang2 lebihemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 5 lainnya memberi reputasi
sebenernya oke juga wacana ini karena motor cc kecil ama gede udah beda bawaannya, walaupun pasti ada aja yang curiga kalo ini buat nambah proyek aja hehehe emoticon-Sorry

btw, kalo beli motor 250cc di Indonesia kan di STNK biasanya tertulis gak genep (249cc dll) berarti SIM C masih cukup kan? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
boleh juga. berarti kalo minjem2 motor harus yang kapasitasnya sama dong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 3 lainnya memberi reputasi
Ada baiknya si, dengan pembagian sim ssesuai cc motor
Brati ane pake cbr250rr masih pake sim c dong, kan 249,7cc
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane pribadi setuju sih dari dulu, tp ga sama kaya pembagian ini. Karena apa ya, ya motor matic beda sama motor bebek atau motor laki, kan belum tentu bisa semua
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Makin ribet aja. oh ya, kalau gk sibuk boleh mampir ke Hot Thread gua gan, mengenai Brainwave software >> https://kask.us/iznRu

Dan juga Jangan lupa d rumah saja ya gan emoticon-Angkat Beer
profile-picture
seojoon memberi reputasi
Diubah oleh greasemonkey09
Wacana dari 2016 gan sis??? Humm... Kapan realisasinya yaa... Tapi bukannyaa sim yang baru sekarang entuu unyu yaa.. Warnaa meraahh gituu.... Hehhe
Satu kartu saja calonya berderet deret... Apalagi sampe tiga kartu. Bisa berduyun duyun
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Ditunggu kelanjutannya bre apakah tetap jd wacana ato beneran terealisasi emoticon-Cool
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Yg pnya 250 kudu bikin lg berarti nih
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
 SIM C Bakalan Dibagi Jadi Tiga Jenis Sesuai CC Motor, Wacana Udah dari 2016
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan jlamp memberi reputasi
Hammm ga bakal bisa pinjem2 motor lagi😂
yang lebih urgent adalah perketat ujian sim. biar di jalan gak banyak orang orang bego yang asal bisa. kalo emang kejadian ada orang berkendara membahayakan orang lain jangan ragu ragu buat cabut simnya. kalo masih ngeyel, pidana.
liat noh sekarang di jalan jadi kaya hutan belantara, isinya orang orang bego yang tekniknya antah berantah, judgment payah dan manajemen emosinya bener bener kaya anak balita.
liat tuh contoh kasus ayla vs cbr1000rr.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Bikin sim c mak emak emoticon-Betty
profile-picture
matthewvincents memberi reputasi
Siap kan duit kalian, ladang uang nih
profile-picture
profile-picture
isu152 dan matthewvincents memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di