CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fb5db7709b5ca4d1220aa80/pfizer-berhasil-membuat-vaksin-covid-19-berapa-harga-tiap-dosis-nya

Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?

Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
Gbr diambil dr cnbc.com

Pfizer sudah mengumumkan kesuksesan vaksin mereka dalam melalui semua tahapan uji klinis yang diperlukan, agar vaksin tersebut boleh mulai diedarkan. Kabar ini tentunya sangat menggembirakan di tengah kelesuan akibat pandemi yang berkepanjangan.

Namun, berita menggembirakan dari perusahaan farmasi besar ini, tidak serta merta bisa diartikan, vaksin itu tersedia untuk kita dalam waktu dekat ini.

Pertama-tama, harus kita ketahui Pfizer sudah terikat kontrak dengan pemerintah Amerika Serikat. Pfizer harus menyediakan paket berupa 100juta dosis vaksin covid-19 untuk pemerintah Amerika Serikat dengan harga 1.95milliar USD. Setelah vaksin sejumlah 100juta dosis itu diberikan, pemerintah Amerika Serikat masih memiliki hak untuk membeli 500 juta dosis tambahan.

Jadi untuk sementara waktu, bisa dibayangkan Pfizer akan sibuk memenuhi pesanan negara Paman Sam terlebih dahulu sebelum mulai memikirkan distribusi untuk negara lain.

Akan tetapi jangan berkecil hati.

Ada ratusan perusahaan farmasi lain yang juga sedang berlomba untuk menciptakan vaksin covid-19 yang siap dipakai. Menggunakan metode yang kurang lebih sama dengan Pfizer, keberhasilan Pfizer artinya tinggal menunggu waktu sebelum satu per satu perusahaan farmasi lain di dunia akan menyusul dengan vaksin buatan mereka.

Bahkan setidaknya sudah ada dua perusahaan farmasi (AstraZeneca  dan Johnson & Johnson) yang berjanji akan menjual vaksin mereka tanpa mengambil keuntungan sedikit pun dari penjualan vaksin ini.

Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
Gbr diambil dr cnbc.com

Jika ketersediaan vaksin tidak perlu terlalu dikhawatirkan, maka pertanyaan kedua tentunya adalah, berapa harganya?

Ada berbagai macam variasi perkiraan harga vaksin :
1. Vaksin Pfizer yang sudah lolos semua uji klinis, dihargai sekitar 20USD/dosis, dan dibutuhkan dua kali injeksi, artinya 40USD untuk tiap orang, atau sekitar 566ribu rupiah.

2. Vaksin Moderna diperkirakan akan dijual dengan harga yang lebih mahal, yaitu 32 s/d 37USD/dosisnya. Sama seperti Pfizer, butuh dua kali injeksi agar vaksin ini efektif.

Artinya sekitar 70USD/orang atau sekitar 990ribu rupiah

3. Johnson & Johnson, perusahaan ini sudah memberi janji untuk menjual vaksinnya tanpa mengambil keuntungan sedikitpun, vaksin Johnson & Johnson rencananya akan dijual seharga 10USD/dosis.

Jika butuh 2 kali injeksi, sama seperti dua vaksin sebelumnya (TS belum dapat informasinya), maka artinya 20USD/orang atau sekitar 280ribu rupiah "saja".

Melihat harga yang siap diberikan oleh perusahaan Johnson & Johnson, sepertinya harga vaksin bisa dikatakan masih cukup terjangkau untuk kantong sebagian besar masyarakat dan dengan bantuan subsidi dari pemerintah untuk mereka yang tidak mampu, harapannya tentu semua orang bisa mendapatkannya.

Namun sayangnya, ceritanya belum berhenti di situ.

Untuk vaksin buatan Moderna, butuh penyimpanan pada suhu -7 s/d 4 derajat Celcius, agar bisa bertahan selama 30 hari dan pada suhu -40 derajat Celcius agar bisa bertahan selama 6 bulan.

Sementara vaksin buatan Pfizer bahkan lebih ketat lagi, vaksin mereka harus disimpan pada suhu -70 derajat celcius untuk menjamin agar vaksin mereka tidak rusak, dan hanya bisa bertahan beberapa hari di lemari pendingin biasa.

Maka bisa dilihat dari perlakuan yang sedemikian rupa ini, betapa sulit dan mahalnya pendistribusian vaksin covid-19 ini dari tempat produksi, menuju ke konsumen yang membutuhkan.

Ini menjadi tantangan yang berat, terutama bagi negara Indonesia yang bukan saja negaranya adalah negara kepulauan dengan wilayah yang sangat luas, tapi kita juga terkendala dengan infrastruktur yang belum menjangkau seluruh wilayah di negara kita dengan baik.

Infrastruktur dalam hal penyediaan energi (butuh listrik untuk penyimpanan), juga infrastruktur dalam hal transportasi.

Pemerintah harus mulai memikirkan hal ini sejak dari sekarang.

Jangan sampai vaksin yang sudah dibeli, kemudian jadi sia-sia karena rusak saat penyimpanan, atau saat pengiriman ke daerah-daerah.





Sumber referensi
1. https://www.theguardian.com/world/20...estrict-access
2. https://www.cnbc.com/2020/11/17/covi...re-stored.html
3. https://observer.com/2020/08/covid19...n-astrazeneca/
4. https://www.marketplace.org/2020/11/...id-19-vaccine/
5. https://www.pfizer.com/news/press-re...government-600
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secondstriker06 dan 40 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lonelylontong
Halaman 1 dari 5
Walaupun kendala penyimpanan vaksin masih jadi hal yg membingungkan, at least ada angin segar dari bbrapa vendor. Masalah penyimpanan harusnya kedepan ada solusi, amiin.. Puji Tuhan emoticon-Toast

Pertamax gan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakbims dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh shanaufar
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
buset suhu -70 derajat? gak kebayang deh tuh mesti pake pendingin segede apa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
otoy1987 dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
Doa terbaik aja deh soal vaksin ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakbims dan 3 lainnya memberi reputasi
Jangan mahal mas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
bener kan dari amerika tu virus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Waaah... Mayan jugak yah harganya...
emoticon-Matabelo
Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan mandorbangunan memberi reputasi
Nyimak emoticon-Traveller
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Apa kabar vaksin merah putih, sepertinya belom ada, cuma berita akan siap akhir atau awal tapi ga ada berita berhasil ga nya
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Diubah oleh Altros
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bisnis illuminati emoticon-Takut

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh egag
Auto kaya penemu & produsennya emoticon-Big Grin
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Sampe sini ngeri aja sih kalo suhunya ga terjaga
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan scoria07 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Oo yanh pfizer sudah kontrak kerjasama sama US.
Alhamdulillah ada berita bagus perusahaan lain juga udah mengeluarkan vaksin. Ya bener tuh tinggal gimana cara nyimpennya
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan botaysan memberi reputasi
Sinovac gimana gan? Apa belum siap?
Yg di negara kita sinovac kan ya?
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Iya mudah2 an ada cara dan jalan ke depannya agar pendistribusiannya bisa dapat memenuhi standar dan merata menjangkau seluruh rakyat.
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan botaysan memberi reputasi
Vaksinnya belom ada ane dah kena duluan emoticon-Ngakak akhirnya ane kebal sendiri setelah 2 minggu g ketemu siapa², doain jumat besok ane dah bisa gawe gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 24 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 24 balasan
Semoga semakin menjangkau dan terjangkau ke mari emoticon-Cool
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Simpen di box sterofom gan
emoticon-Hammer2
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Untuk pemyimpanan mungkin bisa pake liquid nitrogen atau dryice
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan botaysan memberi reputasi
Semoga makin banyak uji coba vaksin yang sukses ya
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lebih hemat klo ente kena copid, lalu sembuh. Ente udah punya antibodi copid tuh.....
Yg mau hemat paparin copid aja, bisa kali Untung 400k, klo gak mati emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh littlevan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di