CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Penggerak Roda Depan Dinilai Kurang Cocok di Sepeda Motor, Kenapa?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fb4d6d28d94d006f943804e/penggerak-roda-depan-dinilai-kurang-cocok-di-sepeda-motor-kenapa

Penggerak Roda Depan Dinilai Kurang Cocok di Sepeda Motor, Kenapa?


Mungkin gak banyak pengendara motor yang bertanya – tanya kenapa sepeda motor menggunakan penggerak roda belakang, bukan roda depan. Yang bertanya – tanya mungkin mereka yang emang pemerhati motor. Tapi meskipun demikian, gak ada salahnya juga kita tau kenapa pabrikan motor dari jaman bahela hingga sekarang tidak menggunakan penggerak roda depan. 

 Penggerak Roda Depan Dinilai Kurang Cocok di Sepeda Motor, Kenapa?

Ternyata pemilihan ini ada alasannya GanSis. Mereka gak serta merta memutuskan untuk menggunakan penggerak roda belakang begitu aja. Berikut ini alasannya:

Penggerak roda depan lebih mahal dan tidak fleksibel

Penggunaan penggerak roda depan dinilai tidak fleksibel dan lebih rumit. Sehingga butuh biaya yang cukup besar untuk mengaplikasikan sistem ini. Dulunya

 motor dengan penggerak roda depan pernah dibikin oleh Killinger and Freud Motorcycle pada tahun 1939. Namun, proyek tersebut kemudian dihentikan, karena sistem ini dianggap tidak cocok pada sepeda motor berdimensi kecil.

Rentan bikin selip ban depan

Alasan lainnya kenapa motor tidak menggunakan penggerak roda depan karena sistem ini rentan membuat roda depan menjadi selip. Akibatnya motor menjadi kehilangan tenaga, sulit berakselerasi karena gaya inersia menyebabkan motor cenderung fokus ke bagian belakang.

Susah untuk dikendalikan

Faktor lain yang membuat sistem penggerak roda depan sulit diaplikasikan pada sepeda motor adalah stabilitas. Berbeda dengan mobil yang ketika dibelokkan bannya akan tetap rata dengan jalan, ban sepeda motor akan miring saat dibelokkan. Jika penggerak berada di depan, maka membelokkan motor bisa berpotensi menyebabkan oleng.


profile-picture
profile-picture
nohopemiracle dan jlamp memberi reputasi
Jadi pengen ngerancang motor 2 WD emoticon-Ngacir
Agak ribet sih... tapi ada kok Trail merk Eropa yang AWD... ane lupa merk-nya.
untuk roda depan pakai motor listrik saja, sedang roda belakang pake mesin konvensional saja.
Untuk mencegah ban depan tidak slip tinggal ditambahi controller saja dgn syarat misalnya
- tenaga maksimum dibatasi, misal separo dari roda belakang
- motor listrik hanya bekerja ketika posisi kendaraan relatif tegak lurus, kalau pas belok atau menikung tidak bekerja.

Minusnya
- bobot kendaraan bertambah
- harga kendaraan jadi lebih mahal
-dll
profile-picture
profile-picture
jeff123556 dan jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Oooh jd ini alasannya sempet kepikiran dan kayaknya keren gt kalau di depan haha


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di