CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Menikah Itu Penting, Agar Punya Anak dan Cucu Yang Banyak!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fb49baf9a972e7524332063/menikah-itu-penting-agar-punya-anak-dan-cucu-yang-banyak

Menikah Itu Penting, Agar Punya Anak dan Cucu Yang Banyak!

Manusia sebagai makhluk sosial senantiasa membutuhkan kehidupan yang sempurna, dimana kesempurnaan hidup tidak hanya dapat di ukur dari sehat saja, kaya raya, sukses berkarir atau memiliki tubuh yang cantik dan tampan saja, akan tetapi memiliki pasangan hidup dan anak-anak yang baik telah menjadikan mereka terasa lebih sempurna. Orang yang tidak memiliki pasangan hidup maupun anak akan merasa kesepian bahkan hidupnya terasa hampa meskipun telah sukses secara duniawi. Maka pernikahan dapat dianggap sebagai kebutuhan dan jalan hidup yang mesti dilalui oleh setiap orang yang hidup secara normal dan menginginkan kesempurnaan itu.

Menikah Itu Penting, Agar Punya Anak dan Cucu Yang Banyak!

Suatu upacara pengikatan janji, yang dirayakan dan dilaksanakan oleh dua orang pasangan dengan maksud meresmikan ikatan kebersamaan untuk selamanya secara norma agama, norma hukum dan norma sosial, yang populer dengan sebutan "pernikahan", biasanya jenis upacara ini memiliki banyak ragam dan variasi yang disesuaikan dengan tradisi suku bangsa, agama, budaya maupun sosial. Selain menyatukan pasangan, pernikahan juga menyatukan dua keluarga yang berbeda yang mana pasangan tersebut akan menjalani kehidupan baru dengan lingkungan keluarga yang baru pula.

Dalam tuntunan ajaran Islam, pernikahan ini memiliki banyak tujuan yang diantaranya :
1. Melaksanakan sunnah Rasul
2. Penyempurna agama
3. Menghindari perbuatan zina (maksiyat)
4. Memenuhi naluri manusia
5. Memperkuat ibadah
6. Memperoleh keturunan
7. Mendapatkan ketenangan
8. Mendapatkan ketentraman hidup
9. Mendapatkan kebahagiaan 
10. Sebagai investasi akhirat.

Salah satu tujuan utama menikah adalah memperoleh keturunan, bahkan Rasulullah SAW menganjurkan kaum lelaki untuk menikahi perempuan yang dapat memberikan banyak keturunan, sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits :

Menikah Itu Penting, Agar Punya Anak dan Cucu Yang Banyak!

"Nikahilah perempuan yang penyayang dan dapat mempunyai anak banyak, karena sesungguhnya aku akan berbangga dengan sebab banyaknya kamu dihadapan para nabi nanti pada hari kiamat"(Shahih riwayat Ahmad, Ibnu Hibban, dan Sa'id bin Manshur)

Menikah Itu Penting, Agar Punya Anak dan Cucu Yang Banyak!

Namun pada kenyataannya banyak pasangan yang tidak ingin memiliki banyak keturunan bahkan ada yang tidak mau memiliki keturunan dengan alasan keterbatasan ekonomi, padahal Allah SWT telah menjanjikan rizki bagi setiap hamba-Nya. Sebagaimana dijelaskan dalam surat An-Nahl ayat 72 :

Menikah Itu Penting, Agar Punya Anak dan Cucu Yang Banyak!

"Allah menjadikan bagi kamu istri-istri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari istri-istri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rizki dari yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?"

Berbicara tentang keturunan, sebagaimana kita ketahui bahwa anak adalah amanah dari Allah SWT yang harus dijaga dan harus dijamin dari mulai kebutuhannya sehari-hari, pergaulannya, pendidikannya bahkan perkembangan akhlaknya. Ketika seseorang dikaruniai anak, yang mesti kita pikirkan bukanlah perihal kuantitas saja akan tetapi kualitas juga sangat penting untuk diperhatikan. Karena ketika seorang anak yang berkualitas lalu terjun dimasyarakat, secara tidak langsung orang tua telah berkontribusi untuk membangun peradaban manusia yang lebih maju bagi kehidupan masyarakat.

Tips mendidik anak agar berkualitas :
1. Mengenalkan anak pada nilai-nilai kebaikan
2. Memberikan anak pendidikan agama sejak dini
3. Mengajarkan anak keterampilan sosial
4. Mengajarkan anak untuk selalu mencoba
5. Melibatkan anak pada pekerjaan rumah sesuai jenis kelaminnya
6. Tunjukan etos kerja dan prestasi anak.

Menikah Itu Penting, Agar Punya Anak dan Cucu Yang Banyak!

"Mengurus anak hal biasa, tapi mendidik anak luarbiasa" seorang anak tidak akan selamanya kecil, ia akan tumbuh dewasa dan akan berperan penting pada masanya, maka orang tua sangat bertanggungjawab terhadap kesuksesan anaknya di masa depan dan kemajuan peradaban dimasanya.

Kata orang tua dahulu, "banyak anak, banyak rezeki!". Nah, memiliki istri yang dapat melahirkan anak yang banyak jika mendidiknya dengan baik maka akan tumbuh sehat dan sukses ketika dewasanya, sehingga lebih banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat. Dengan memiliki anak yang banyak lalu mereka tumbuh dewasa, sehat, dan sukses, maka merekapun akan menikah dan melahirkan anak pula, yang disebut dengan cucu. Banyaknya anak dan cucu yang lucu-lucu hidup bersama dalam suatu keluarga akan menimbulkan kebahagiaan tersendiri ketika sudah tua nanti.

emoticon-I Love Indonesia
Penulis : RD. Mia Maryam Sarah (Mahasiswi PAI FPIK Universitas Garut)
Editor : Anton Kaskuser
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh anton2019827
banyak anak, banyak rezeki... yg harus dicari gan 😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ya salam gan...
Mau Nge-we aja pake ayat...
Anjay...
Hidup dibawa santai...
Anak secukupnya saja...
Jaman nabi dlu manusia jumlahnya masih sedikit, makanya disuruh beranak pinak yg banyak....skrg udah kebanyakan mah...iya klo manusia2nya tetap menjaga alam seperti jaman dulu, beternak, bertani.semua, kemana2 naik kereta kuda....skrg 1 manusia selama hidupnya bisa nyumbang berton2 sampah dan polusi! Sampah yg merusak habitat, merusak alam, belom lagi polusi, polusi limbah pabrik, polusi asap yg berpengaruh juga ke lapisan ozon...kmrn aja ane baru pertama kalinya dlm 30 tahun hidup ane ngerasain kulit trbakar...main ama anak siang2 di luar agak lama, pdhl di gajebo...masuk2 cuci tangan langsung perih semua, anak ane jg merah2 kulitnya gosong, trus ternyta memang kmrn sempat ada gelombang panas, belom lagi skrg musim bner2 tdk bisa diprediksi, dlu waktu kecil, musim hujan , panas itu rutin dan lancar, skrg waktunya musim hujan di tempat ane malah panaas... bumi sedang menyesuaikan diri dng racun yg ditebar manusia....jadinya semakin banyak anak=semakin banyak manusia=kehancuran bumi semakin dekat...ironis


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di