Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Gojira1998Avatar border
TS
Gojira1998
Pembakaran Gedung Putih 1814 : Tragedi Tidak Terlupakan Dalam Sejarah Amerika Serikat
Hai Selamat Datang di Thread ane 

emoticon-Hai


(Source : Google Image)

Setelah Amerika Serikat merdeka dan menjadi negara yang berdaulat membuat kekuatan di bagian Amerika Utara terbagi menjadi dua, yaitu Amerika Serikat yang dan Britania Kanada. Setelah merdeka Amerika mecoba menjadi sebuah negara yang mandiri dengan banyak melakukan ekspor ke negara - negara Eropa, sehingga Amerika saat itu yang secara perlahan mulai membangun negaranya yang mulai pulih pasca perang kemerdekaan. Tapi perdamaian yang tercipta dengan Inggris ternyata tidak bertahan lama, Inggris yang mungkin masih penasaran karena kekalahannya sering mengganggu kedaulatan Amerika di perbatasan maupun di lautan. Perang dengan Inggris  bisa terjadi sewaktu - waktu, dan benar saja meletuslah perang Amerika Serikat - Inggris jilid II pada tahun 1812 dan perang ini dinamakan perang 1812 sesuai tahun dimulainya perang. Awal mula penyebab perang ini akibat sikap agresif angkatan laut Inggris yang menyebabkan terjadinya tragedi Chesapeake - Leopard, dimana kapal angkatan laut Inggris HMS Leopard menahan kapal angkatan laut Amerika Serikat USS Chesapeake. Mereka menahan dengan dalih untuk mencari pasukan angkatan laut Inggris yang desersi dan bergabung ke angkatan laut Amerika, alih - alih mencari sang desertir pihak Inggris malah membantai kru - kru kapal Amerika dan hanya menyisakan beberapa orang. Kejadian ini membuat Amerika Serikat yang dipimpin oleh presiden James Madison menyatakan perang terhadap Inggris, dan meletuslah perang 1812. Tapi disini ane tidak membahas perang 1812, tapi membahas salah satu kejadian yang akan selalu diingat oleh bangsa Amerika selama perang 1812 ini, yaitu dibakarnya ibu kota Washington City (Sekarang Washington DC) termasuk gedung ikoniknya Gedung Putih oleh pasukan Inggris pada tahun 1814. Pembakaran ini terus dikenang sebagai tragedi yang tidak akan pernah dilupakan oleh orang - orang Amerika, dan tidak hanya gedung putih yang menjadi target pembakaran tapi capitol building (Gedung DPR Amerika) juga ikut menjadi target pembakaran tentara Inggris.  Seperti apa sejarahnya? Cekidot gan! 


Spoiler for Sejarah Gedung Putih:



Spoiler for Pembakaran Washington City dan Gedung Putih:


 
Spoiler for Pembakaran Capitol Building:



Spoiler for Pembakaran Gedung Putih \:

 

Setelah pembakaran yang dilakukan pasukan Inggris ini, pemerintah Amerika membangun kembali reruntuhan - reruntuhan gedung - gedung pemerintahan mereka. Kehancuran dan kerugian yang didapat dari terbakarnya Capitol Building dan Gedung Putih sangat membekas dalam sejarah Amerika Serikat, karena untuk pertama kalinya Ibukota mereka dapat dikuasai oleh pihak asing dan sampai sekarang hanya Inggris yang pernah merebut dan menduduki ibu kota Amerika Serikat itu. 

Sekian dari Thread ane yang berjudul Pembakaran Gedung Putih 1814 : Tragedi  Tidak Terlupakan Dalam Sejarah Amerika Serikat. Jika agan/aganwati suka silahkan komenemoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)dan cendol tapi jangan dibataemoticon-Bata (S) please. 

Spoiler for Sumber:



Spoiler for Silahkan Mampir ke Thread - Thread ane yang Lain:


xlabsmedanAvatar border
Daniswara92Avatar border
FireznayaAvatar border
Fireznaya dan 30 lainnya memberi reputasi
31
6.1K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan