AchbarFarizqyAvatar border
TS
AchbarFarizqy
Jenis dan Alasan Bisnis Kamu Harus Menggunakan Iklan Pay per Click


Pada saat kamu akan membangun bisnis online, pastinya kamu ingin produk atau jasa yang kamu tawarkan dikenal oleh banyak orang.

Oleh karena itu kamu dapat menggunakan media sosial atau layanan lainnya yang ada di internet, untuk memperkenalkan bisnis kamu. Ada berbagai macam cara untuk mengiklankan bisnis kamu di internet, salah satunya adalah Pay per Click (PPC)

Pay per Click (PPC), atau juga dikenal dengan Cost per Click (CPC), adalah model iklan internet yang digunakan untuk mengarahkan traffic ke situs website. Kamu harus membayar kepada penerbit iklan ketika iklan tersebut di klik oleh seseorang. Dengan kata lain, PPC adalah cara untuk membeli traffic ke website kamu.

Jenis PPC yang Sering Digunakan;

1. Search Advertising

Ini adalah jenis PPC yang paling terkenal. Jenis iklan ini biasanya muncul di Search Engine Result Page (SERP) seperti di Google. Iklan ini ditandai dengan logo “Ad” kecil, dan ditampilkan di bagian paling atas SERP.

2. Social Advertising

Hampir sama seperti search advertising, hanya saja iklan ini ditampilkan di platform media sosial. Sebagai pengiklan, kamu hanya akan membayar jika iklan tersebut di-klik oleh seseorang.

3. Remarketing

Jenis iklan yang ditampilkan hanya kepada mereka yang sebelumnya pernah mengunjungi website kamu. Strategi ini dianggap cukup efektif karena menargetkan orang-orang yang sudah tertarik dengan bisnis produk kamu.

4. Display Advertising

Ini memungkinkan kamu menampilkan iklan di seluruh website partner Google. kamu juga dapat mengatur siapa yang dapat melihat iklan tersebut. Dengan demikian, iklan kamu akan lebih relevan dan tepat sasaran.

5. Google Shopping

Jenis iklan ini memungkinkan kamu untuk menampilkan gambar produk beserta harganya, dan akan langsung mengarahkan calon pelanggan tersebut ke website eS E N S O Rmerce. Cara ini juga memungkinkan terjadinya konversi semakin besar, karena konsumen telah melihat foto, nama, dan juga harga produk tersebut.

Lalu kenapa bisnis kamu perlu menggunakan PPC?

1. Target Konsumen Lebih Relevan

Iklan dengan PPC memungkinkan kamu untuk bisa menargetkan calon pelanggan kamu menjadi lebih relevan. Dengan kata lain, iklan kamu hanya akan dilihat oleh mereka yang memenuhi kriteria dari target pasar kamu. Ada banyak aspek yang bisa kamu sesuaikan, mulai dari demografi, minat, query pencarian dan masih banyak lagi.

2. Lebih Menghemat Budget

Menggunakan iklan identik dengan biaya yang besar, tapi tidak dengan iklan PPC, karena kamu dapat menyesuaikan budget sesuai dengan kemampuan finansial. Dengan PPC, kamu dapat mengatur budget iklan harian hingga bulanan. Setelah kamu mendapatkan hasil iklan yang positif, kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk menambah budget, karena semakin besar budget kamu, maka iklan kamu juga akan semakin sering muncul.

3. Memberikan Dampak Positif untuk SEO

PPC dapat membantu SEO website kamu jika digunakan secara bersamaan. SEO membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk membuat website kamu tampil di halaman pertama SERP. Sementara PPC dapat memberikan hasil yang instan, selama kamu bersedia membayar, website kamu akan selalu tampil di bagian atas SERP.

PPC juga dapat kamu jadikan sebagai sarana riset untuk menentukan keyword mana yang paling berperan mendatangkan pengunjung ke website. Keyword ini nantinya dapat kamu gunakan dalam strategi SEO kamu untuk memperoleh traffic organik lebih banyak lagi.

Demikian pembahasan mengenai apa itu Pay Per Click dan alasan kamu perlu menggunakannya. Agar usaha bisnis kamu akan semakin berkembang.
0
2.9K
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan