CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
Tanda-Tanda Kedewasaan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fa3b6308d9b1774a7717a78/tanda-tanda-kedewasaan

Tanda-Tanda Kedewasaan

Tanda-Tanda Kedewasaan

Kadangkala kedewasaan itu secara umum di lihat dengan adanya rasa ketertarikan pada lawan jenis baik perempuan maupun laki-laki, kepandaian dalam bersikap, bentuk tubuh dan berbagai kemampuan dalam menyikapi hidup serta pergaulan sosialnya.

Setiap umat sudah tentu mempunyai kewajiban terhadap tuhannya, diantara kewajiban yang paling mendasar sebagai hamba Allah adalah mengetahui tujuan utama kita di ciptakan dan tujuan manusia hidup adalah untuk mengabdi dan beribadah kepada-Nya, yang pada hakikatnya Allah SWT dekat dengan manusia, akan tetapi tidak semua manusia mampu dekat dengan Allah selaku tuhannya. 

Maka agar kita dekat dan merasakan ketenangan yaitu dengan jalan mengutamakan ibadah dan selalu bertaqwa kepada-Nya, melalui tata cara yang sesuai dengan aturan serta tuntunan ajaran agama melalui pedomannya yaitu Al-qur'an dan Hadits.

Taqwa menurut istilah adalah menjalankan semua yang telah diperintahkan Allah SWT dan menjauhi apapun yang telah dilarang-Nya serta mengikuti dan melaksanakan segala sesuatu yang telah di contohkan oleh Rasulullah SAW dalam semua aspek kehidupannya tanpa menyalahi sedikitpun ketentuan serta tuntunan Al-Qur'an dan Hadits.

Safinatun Najahadalah salah satu kitab yang membahas tentang ringkasan dasar-dasar ilmu fiqh, khususnya dalam hal ibadah menurut madzhab Imam Syafi'i. Pengarang kitab Safinah adalah Abu Abdul Mu'ti Muhammad bin Umar bin Arbi bin Ali Al-Tanara Al-Jawi Al-bantani, beliau dikenal dengan sebutan Syekh Muhammad Nawawi Al-Jawi Al-Bantani, Safinatun Najah artinya Kapal Penyelamat.

Suatu kitab pegangan para ulama pondok pesantren yang diwajibkan kepada para santrinya untuk dipelajari, dikuasai, di pahami dan diajarkan kepada masyarakat, terutama kaum muslimin yang tidak mengetahui tata cara ibadah yang benar. Isi dari kitab ini mengajarkan bagaimana tata cara beribadah yang baik dan tepat sesuai ajaran agama Islam, menjelaskan tuntunan yang paling mendasar bagi umat dalam melaksanakan ibadah sebagai upaya dalam mendekatkan diri pada Allah SWT.

Kiitab ini menjelaskan bahwa hisab Allah tidak diberikan kepada tiga golongan dibawah ini :
1. Orang yang tidur sampai dia bangun
2. Anak-anak sampai  ia dewasa (baligh)
3. Orang gila sampai dia sadar.

Tanda-Tanda Kedewasaan

Aqil balighadalah hal yang sangat penting untuk dipersiapkan pada generasi umat, sebab dengan baligh ini dimulainya berlaku hukum-hukum syar'i pada seorang manusia, ia di berikan kewajiban untuk melaksanakan tuntunan serta aturan syari'at dalam kehidupan sehari-harinya seperti ibadah shalat, berpuasa dibulan ramadhan, menikah ketika sudah memenuhi syarat dan lain sebagainya.

Tanda-Tanda Kedewasaan

Adakah tanda-tanda tertentu ketika seorang anak dikatakan telah Aqil Baligh?
Tanda-Tanda Kedewasaan

Menurut kitab Safinatun Najah, ada tiga tanda kedewasaan (baligh) pada anak, yaitu :
1. Sempurnanya usia 15 tahun pada anak laki-laki maupun perempuan
Perhitungan usia 15 tahun dalam tanda balighini dilihat pada kalender hijriyah, bukan kalender masehi, seseorang baik laki-laki maupun perempuan sudah dapat dikatakan dewasa apabila sudah memasuki usia 15 tahun meskipun belum mengalami tanda-tanda baligh seperti keluarnya air mani' atau haid bagi perempuan.

2. Keluarnya air mani atau sperma bagi laki-laki dan perempuan ketika menginjak pada usia 9 tahun
Seseorang dikatakan sudah dewasa (baligh) jika ia telah mengeluarka air sperma baik dikarenakan mimpi basah ataupun yang lainnya. Pada usia 9 tahun dapat dinyatakan telah dewasa (baligh) yang dihitung dengan memakai kalender hijriyah.

3. Keluarnya darah haid bagi perempuan ketika usia telah 9 tahun.
Adapun haid atau menstruasi menjadi tanda kedewasaan (baligh) bagi perempuan, tidak bagi laki-laki. Hal ini terjadi biasanya ketika usia anak perempuan menginjak 9 tahun.

Menurut kitab Safinatun Najahapabila seorang anak telah menunjukan tanda-tanda diatas maka dapat disimpulkan bahwa ia telah dewasa (baligh) atau dengan kata lain mukallaf yang berarti sudah menanggung sendiri amal baik, dosa dan berkewajiban untuk melaksanakan segala perintah maupun larangan Allah dan Rasul-Nya.

Penulis : Erna Widiati (Mahasiswi PGMI FPIK Universitas Garut)
Editor : Anton Kaskuser
 
Diubah oleh anton2019827


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di