CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
RI Kecam Pernyataan Presiden Prancis: Hina Islam, Lukai 2 Miliar Muslim Dunia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f9bca8068cc95621d7506c0/ri-kecam-pernyataan-presiden-prancis-hina-islam-lukai-2-miliar-muslim-dunia

RI Kecam Pernyataan Presiden Prancis: Hina Islam, Lukai 2 Miliar Muslim Dunia

Jakarta -

Pemerintah RI mengecam pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron yang menghina Islam. Pernyataan Macron itu dianggap melukai perasaan 2 miliar muslim di seluruh dunia.

"Indonesia mengecam pernyataan Presiden Perancis yang menghina agama Islam. Pernyataan tersebut telah melukai perasaan lebih dari 2 Milyar orang muslim di seluruh dunia dan telah memecah persatuan antar umat beragama di dunia," demikian pernyataan RI, seperti dikutip dari situs resmi Kemlu RI, Jumat (30/10/2020).
Baca juga:
Soal Kebebasan Berekspresi, HNW Minta Macron Ikuti Pengadilan HAM Eropa

Dipaparkan, hak kebebasan berekspresi seharusnya tidak mencederai kehormatan, kesucian, dan kesakralan nilai dan simbol agama. Pemerintah RI mengajak seluruh negara untuk menomorsatukan persatuan dan toleransi antarumat beragama.

"Sebagai negara demokrasi ketiga terbesar dan berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia mengajak seluruh negara untuk mendorong persatuan dan toleransi antar umat beragama, terutama di tengah situasi pandemi saat ini," sambung pernyataan pemerintah RI.

Kemlu telah memanggil Dubes Prancis. Pemanggilan terhadap Dubes Prancis untuk RI Olivier Chambard dilakukan pada Selasa (27/10) sore. Namun, Olivier belum memberikan respons terhadap kecaman Indonesia.

"Pertama, Kemlu telah memanggil Duta Besar Prancis pada hari ini. Kedua, dalam pertemuan tersebut Kemlu menyampaikan kecaman terhadap pernyataan Presiden Prancis yang menghina agama Islam," kata Juru Bicar (Jubir) Kemlu Teuku Faizasyah kepada wartawan, Selasa (27/10).
Baca juga:
MUI Sulsel Kecam Pernyataan Presiden Macron tapi Minta Umat Tahan Diri

Menag RI juga mengecam Presiden Perancis yang melukai umat Islam. Simak pernyataan Menag Fachrul di halaman berikutnya.

Meteri Agama Fachrul Razi mendukung sikap Kemlu yang memanggil Duta Besar Perancis. Fachrul menekankan setiap umat beragama harus menghormati simbol-simbol agama yang dianggap suci oleh pemeluk agama lain.

"Pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron melukai perasaan umat muslim karena mengaitkan agama Islam dengan tindakan terorisme," ujar Fachrul dalam keterangan tertulis, Kamis (29/10).

"Kebebasan berpendapat atau berekspresi tidak boleh dilakukan melampaui batas atau kebablasan sehingga mencederai kehormatan, kesucian, dan kesakralan nilai dan simbol agama apa pun," tuturnya.
Baca juga:
Menag: Penyataan Presiden Macron Lukai Perasaan Umat Islam

Fachrul mengimbau agar umat Islam di Indonesia tidak terpancing melakukan tindakan anarkis. Dia menuturkan Islam tidak membenarkan tindakan main hakim sendiri.

Untuk diketahui, sejumlah negara Islam mengecam Prancis dan Presiden Emmanuel Macron setelah otoritas Prancis menegaskan hak mereka untuk mempublikasikan karikatur Nabi Muhammad. Sikap tersebut tetap disampaikan meskipun mereka mengetahui akan menyinggung umat Muslim.

Persoalan itu kembali muncul setelah seorang guru di Prancis tewas dipenggal karena menunjukkan karikatur Nabi Muhammad di kelasnya saat membahas soal kebebasan berbicara dan berekspresi.
Baca juga:
Ayatollah Khamenei soal Pernyataan Presiden Prancis Macron: Tindakan Bodoh

Komentar kontroversial Macron saat memimpin penghormatan untuk guru Prancis tersebut, menuai kecaman dan seruan boikot produk Prancis. Dalam pidatonya, Macron bersumpah bahwa Prancis 'tidak akan menghentikan kartun (karikatur, red)' dan menyebut sang guru dibunuh 'karena Islamis menginginkan masa depan kita'. Macron juga menyatakan perang terhadap 'separatisme Islam', yang diyakininya telah mengambil alih sejumlah komunitas muslim di Prancis.

 RI Kecam Pernyataan Presiden Prancis: Hina Islam, Lukai 2 Miliar Muslim Dunia


https://news.detik.com/berita/d-5234...588.1602477371

Perancis memang harus belajar soal sikap terhadap penghinaan agama dari RI.

Klo nggak percaya, tanya sama Abdul Somad, Yahya Waloni dkk.

Juga jangan lupa tanya AHOK.

Bravo RI!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goal481 dan 41 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh silents.
Halaman 1 dari 6
prancis kudu belajar dari sini emang, masalah keberagaman dan saling menghormati, toto titi tentrem rahardjo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nguikghur dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh pakulidi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Penistaan nehemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 4 lainnya memberi reputasi
 RI Kecam Pernyataan Presiden Prancis: Hina Islam, Lukai 2 Miliar Muslim Dunia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 4 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 76 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 76 balasan
hmmmmmm....
persis ap yg ane nilang pd @buncitbubar



emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Kalo presiden prancis dikecam karena mengaitkan agama islam dengan tindakan terorisme...
... lalu mengapa teroris mengaitkan karikatur majalah Charlie Hebdo dengan Kristen sampai sampai membunuh jemaat kristen di gereja?
Padahal majalah tersebut sering juga membuat karikatur yang menjelekkan kekristenan... jadi gak ada hubungannya antara perbuatan yang dilakukan oleh charlie hebdo dengan kristen...
....lalu ketika seseorang membawa alquran dalam tasnya, membunuh 3 orang jemaat gereja, mengapa umat muslim di seluruh dunia tidak mengecamnya?

Presiden Macron setidak tidaknya masih ada alasan yang sesuai fakta di lapangan, bahwa pelaku pembunuhan mengucapkan password bahkan berteriak teriak password, di dalam tas pelaku ada alquran... dengan fakta indentitas pelaku yang terang benderang seperti ini, presiden Macron menghubungkan tindakan terorisme ini dengan Islam, dan itu dikecam oleh umat Islam?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 32 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh balado.jengkol
Lihat 23 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 23 balasan
Penistaan Terhadap Kristen bukan nih ? Udah ga terhitung kejadian kayak gini ribuan kasus jumlahnya mulai dari tempat ibadah kristen dirusak/dibakar, dibunuh, di bom, diintimidasi dan dibubarin saat lagi ibadah, difitnah dan dihina dengan alasan kajian internal muslim di seluruh dunia dan berabad2.

So apa respon Kaum Kristen yg disebut salibis itu ? Woles aja...karena klo beneran dijabanin bakal Deus Vault WWIII Crusader, uclimnya rata ama bom atom emoticon-Traveller


Subannalloh, terima kasih Presiden Emannuel Marcon serta serangakaian aksi teror di Prancis menyebabkan banyak orang berbondong2 dan berduyun2 semakin tertarik mempelajari islam dari sumber aslinya yaitu Quran dan Hadis dengan bahasa arab asli serta terjemahannya berbagai bahasa membuat banyak orang memutuskan untuk murtad meninggalkan Islam, kafir2 yg tadinya mau convert pun pada batal syahadat, serta bule2 yg keburu jadi mualap pun diam2 pada murtad kembali pada kekafiran emoticon-Selamat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonewolf93 dan 25 lainnya memberi reputasi
Sewajarnya lah, pernyataan politis pragmatis (terkait politik dalam negeri dan suasana hati orang-orang Indonesia yang menyatakan opininya sekarang).

Kalau mau pernyataannya beda, ya isi kepala rakyatnya harus diubah.

Tidak apa. Kita usahakan pelan-pelan. Jalan masih panjang.
profile-picture
profile-picture
vincentlgunawan dan silents. memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Emang yg beragama Islam sampai 2M (itu populasi hampir 30-40% penduduk bumi)🤔

Berarti agama terbesar dong

Seingatku agama terbesar pertama Katolik, Kristen, Hindu baru Islam lalu terakhir Budha (untuk 5 besar) 🤔
profile-picture
profile-picture
profile-picture
murayh0 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 25 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 25 balasan
Gajah di pelupuk mata di tidak terlihat, semut di seberang pantai nampak jelas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulungrinjani dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh soflamz
Agama yg berasal dari Tuhan, sejatinya tidak perlu dibela. Karena Tuhan Maha Kuasa. Bila ada perbuatan salah satu ciptaan-nya yg Tuhan tidak sukai dan ingin menghukumnya, Tuhan bisa tinggal bilang Kun Fayakun.

Berbeda bila agama berasal dari iblis yg menyamar sebagai malaikat jibril, yg mana dia tidak bisa kun fayakun. Sehingga mesti memerintahkan pengikut agamanya utk membela agamanya bahkan dengan membunuh siapa2 saja yg dianggap menghinanya, dengan iming2 surga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kuyakzzz dan 29 lainnya memberi reputasi
Lihat 142 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 142 balasan
Setidaknya gak ngomporin orang indonesia untuk bunuh orang prancis seperti mahathir emoticon-linux2

Jangan mengharapkan lebih dari itu, misalnya ikut mengecam pelaku pemenggalan emoticon-linux2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh snoopze
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
merasa terlukai?
terus yang kehilangan kepala dan terancam kehilangan kepala nasibnya gimana? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 33 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 33 balasan
RI? Idih gw gak akh gw mau ikut campur takut ada peramf darah lagi, war not good for human emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
royais dan 2 lainnya memberi reputasi
Loh kok Mad Somad bebas2 aja? kaga ada dihukum?

Standar ganda.

Lagian yg dipermasalahin bukannya aksi terrorisme-nya malah perkataan Macron yg memegang sistem negaranya.

Kalau ada yg ikut campur dengan urusan dapur indonesia? orang2 indo terima gak?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
namanya aja kadalnistan.
diam-diam aja ketika hagia sopia di-mualovkan.emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 5 lainnya memberi reputasi
Telorasin satu arah seperti biasa.

Tetap tutup mata dan mingkem kalo ada kejadian lagi. Cuciin tangan bersih2 pake sabun.

emoticon-Traveller Duaaamai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nguikghur dan 3 lainnya memberi reputasi
Cuma dipanggil?
Usirlah dubesnya...emoticon-Big Grin
Ajak perang sekalian emoticon-Big Grin

Ampas banyak tingkah emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Padahal di perancis itu mayoritas agnostik/ateis.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di