CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Eksklusif Pengakuan Gus Nur: Saya Hanya Lulusan SD
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f9b7f31365c4f27d15e22af/eksklusif-pengakuan-gus-nur-saya-hanya-lulusan-sd

Eksklusif Pengakuan Gus Nur: Saya Hanya Lulusan SD

Eksklusif Pengakuan Gus Nur: Saya Hanya Lulusan SD



Jakarta - Sugi Nur Rahardja alias Gus Nur ditangkap Bareskrim Polri dan kemudian ditetapkan sebagai tersangka kasus ujaran kebencian terhadap Ormas Nahdlatul Ulama (NU). sssss
Dalam wawancara khusus dengan detikcom, Gus Nur mengungkap latar belakangnya. Dia mengaku memang tidak mengenyam pendidikan agama secara formal meski dia mengisi ceramah di berbagai lokasi dan aktif berdakwah lewat media sosial seperti YouTube.

"Kan saya lulus SD saja," kata Gus Nur di Bareskrim, Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (28/10/2020).

Gus Nur mengatakan dirinya memang tidak mementingkan gelar pendidikan. Dia enggan ikut program penyetaraan pendidikan meski diakuinya pernah disarankan sejumlah orang.

"Saya sekarang sudah di titik 'nggak penting gelar'. Saya sudah nggak butuh gelar, sebenarnya gitu kan. Berapa kali orang nawari saya untuk Kejar Paket C, apalah, sudah punya gelar minimal S. Ag (sarjana agama), nggak saya nggak butuh," ungkap Gus Nur.

Gus Nur mengaku masa kecil dan remajanya memang serba sulit. Dia sibuk mengikuti sang ayah yang berprofesi sebagai pemain debus. Saking rutinnya mengikuti ke mana sang ayah pergi atraksi debus, dirinya tak sempat melanjutkan pendidikan ke tingkat sekolah menengah pertama (SMP).

"Betul, betul (sibuk ikut ayah atraksi debus hingga tak lanjut sekolah-red). Jadi karena memang ya masa kecil nggak bahagia, jadi ya ikut-ikut main debus aja," tutur dia.

"Ya kan sekarang juga banyak anak-anak kecil yang telantar di jalan-jalan, yang nggak terurus pendidikannya, kurang lebih saya seperti itu lah," terang dia.

"Kalau lihat ada pengamen, anak punk di pinggir jalan, lampu merah, saya dulu seperti itu. Jadi itu takdir mubron saya, takdir yang saya nggak bisa ngelak. Jadi seperti ini sudah bersyukur saya, daripada jadi rampok, jadi maling," jelas dia.

Meski hanya mengenyam bangku pendidikan SD, Gus Nur menyebut dirinya bukannya tidak belajar. Dia mengklaim banyak belajar secara otodidak, termasuk mempelajari agama. Gus Nur mengaku telah menulis 13 buku, bahkan menciptakan lagu.

"Tapi saya nulis buku. Sudah 13 judul saya tulis. Saya ciptakan lagu, makanya jangan batasi imajinasi saya," sambung dia.

Gus Nur merupakan tersangka kasus ujaran kebencian terhadap Ormas NU. Gus Nur dianggap menghina dan mengujarkan kebencian karena mengibaratkan NU seperti bus yang disopiri orang mabuk, dengan kondektur teler dan kernet ugal-ugalan.

Gus Nur ditangkap polisi di sebuah rumah yang beralamat di Pakis, Malang, Jawa Timur. Gus Nur ditangkap pada Sabtu (24/10) dini hari. Dia dinilai telah menyebarkan informasi untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan.

Pernyataan Gus Nur tersebut disebarkan dalam akun YouTube MUNJIAT Channel pada 16 Oktober 2020.

"Tindak pidana menyebarkan informasi untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan, menyebarkan informasi untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan berdasarkan atas SARA dan penghinaan," tutur Direktur Tindak Pidana Siber, Brigjen Slamet Uliandi kepada detikcom.

Penangkapan terhadap Gus Nur ini dilakukan atas sejumlah pelaporan ke Bareskrim Polri, salah satunya dari Ketua Pengurus NU cabang Cirebon Azis Hakim. Gus Nur dilaporkan karena dianggap telah menghina NU.

Laporan itu bernomor LP/B/0596/X/2020/BARESKRIM tanggal 21 Oktober 2020. Azis mengatakan pihaknya melaporkan dengan dugaan tindak pidana penghinaan ujaran kebencian dan/atau hate speech melalui media elektronik.

Kuasa hukum NU Cirebon, Saleh, mengatakan pihaknya mentersangkakan Gus Nur dengan dua pasal dalam Undang-Undang (UU) ITE. "Kita laporkan Pasal 27 ayat 3 UU ITE, Pasal 28 ayat 2 UU ITE, yang ancamannya kalau yang dua itu 4 tahun, yang 28 ayat 2, 6 tahun," tuturnya.

Selain dilaporkan NU Cabang Cirebon, Gus Nur dilaporkan oleh GP Ansor. Hal ini dikonfirmasi oleh Ketua Pimpinan Pusat GP Ansor Mohammad Nuruzzaman.

Gus Nur juga dilaporkan oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) GP Ansor Kabupaten Pati di Polres Pati dan Aliansi Santri Jember di Polres Jember. Semua laporan merujuk pada ujaran yang sama.


Sumur: https://news.detik.com/berita/d-5234...a-lulusan-sd/2


Lain Kalik Hati Hati Kalok Bicsra Ya Mas Sugik.emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan 10 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Eksklusif Pengakuan Gus Nur: Saya Hanya Lulusan SD
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 5 lainnya memberi reputasi
Gak belajar kok berani bener ngajar agama?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pradanto17 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
astajing..... buat lagu?? horom pak ustad!! emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MafTrack dan 2 lainnya memberi reputasi
The blind leading the blinds. Eksklusif Pengakuan Gus Nur: Saya Hanya Lulusan SD

Eksklusif Pengakuan Gus Nur: Saya Hanya Lulusan SD

Ditangkep malah curhat, ato pamer.emoticon-Busa ga ada gunanya jg dipamerin buat org di luar fans nya dia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
coffeelogic dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh donal.duck.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Orang kalo ngomongin bidang ngk pada ilmunya, jadinya y ngaco ngk karuan.

Lulusan pesantren jg enggak tapi berani ceramah agama..

Sungguh ngk tahu malu dan ngk rtahu adat.

Apakah ini faktor income dari "mencatut agama"??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iamnoone dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Yang lebih bodoh itu jamaahnya....

Tapi mereka ini bikin Sugik Nur jadi ulama, ya kebih karena si Sugik keliatan sangat kontra sama pemerintah aja...

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iamnoone dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Belajar agama tanpa guru.....??? Otodidak????

Benar benar setan......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iamnoone dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Lulusan SD ngga prh belajar agama ngga prh sekolah agama yg kredibel. Tp bs ceramah yg dengerin ceramahnya lulusan mgkn ada yg SMU wkwkwkwkwkw hanya di Indonesia yg bs begini.


Berdasarkan imajinasi wkwkwkw. Agama di nistakan oleh monyet2 begini tp MUI FPI dan wiro sableng anteng2 aja. Bener2 sinting
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pradanto17 dan 12 lainnya memberi reputasi
Drpd jd rampok jd maling mending jd ustad abal2 menipu org2 goblok yg cacat otak di negara ini ya wkwkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 5 lainnya memberi reputasi
Apakah kita sudah jadi negara sekuler?
Sehingga apa2 harus liat ijazah sekolah yg bukan fokus agama?
Ini soal dakwah bro
Soal ilmu agama
Liat donk isi dakwahnyaaaa
Menurut ane
Semakin banyak jamaah
Menunjukkan semakin tinggi keilmuwannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AARMY dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh xrm
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Yg dablek ya yg jd jemaahnya
profile-picture
Jakban805 memberi reputasi
Menyebarkan asumsi yg paling repot.
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
coffeelogic dan 2 lainnya memberi reputasi
belajar secara otodidak, termasuk mempelajari agama. Ulamanya siapa nih?
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan Jakban805 memberi reputasi
emoticon-linux
profile-picture
profile-picture
phyx86 dan Jakban805 memberi reputasi
Padahal kalau belum diciduk pasti umat sudah menantikan ceramah si sugik maki² makron emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kontholl dan 3 lainnya memberi reputasi
Ndak butuh gelar bukan kek gt, monyong emoticon-Leh Uga
Ente kudu punya gelar tinggi dlu bru bole rekues anak bwah ente tidak perlu bergelar. Itu bru betul.
emoticon-Cool paham klean ?!
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan Jakban805 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yg penting duit
Salut sih sama dia itu
Lulus SD tapi kaya raya dan tenar
Di undang untuk ceramah
Yang dengar pasti banyak yang bergelar sarjana
Beginilah kalau Allah memberkati hidup seseorang

Semangat terus ustad

emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ya ini jokowi effect
asal hina jokowi aja
langsung auto terkenal emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iamnoone dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di