CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Perubahan Provinsi Sunda, Manfaat atau Mudorot?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f9a06e1349d0f519f576401/perubahan-provinsi-sunda-manfaat-atau-mudorot

Perubahan Provinsi Sunda, Manfaat atau Mudorot?

PR PANGANDARAN – Baru-baru ini ada usulan mengenai perubahan nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi bernama Sunda atau Tatar Sunda.
Sumber

Perubahan Provinsi Sunda, Manfaat atau Mudorot?
Sumber

Ya itu adalah sepenggal berita dari wacana penggantian nama provinsi jawa barat menjadi provinsi sunda. Tentunya para tokoh sunda sudah memikirkan kenapa nama provinsi jawa barat harus diganti dengan nama sunda. Namun dari sini pun ane juga punya pendapat sendiri apabila nama provinsi jawa barat benar- benar diganti menjadi sunda

Dampak positif

1. Menimbulkan semangat kejayaan masa lampau
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang dahulu kala didalamnya terdapat banyak kerajaan. Kerajaan kerajaan sempat berjaya pada masanya. Dimasa sekarang orang- orang masih terhanyut oleh kisah kejayaan pada masa lampau. Maka dengan mengubah nama suatu daerah dengan nama dimasa lampau akan menimbulksn semangat lagi untuk mengbalikan kejayaan tersebut.

2. Mempetegas identitas kedaerahan
Dengan mengubah nama dengan nama yang identik dengan jati diri kedaerahan / kesukuan maka identitas kedaerahan tersebut semakin tegas dan jelas hal ini semakin menunjukan keragaman indonesia. Tidak bisa dipungkiri dijaman sekarang jati diri kedaerahan seseorang sudah sulit untuk diidentifikasi.

3. Munculnya semangat menjaga kebudayaan daerah
Semangat untu melestarikan kebudayaan akan semakin tumbuh karena semakin jelasnya identitas kedaerahan hal ini sangat bagus guna terus memelihara kebudayaan agar tidak ditinggalkan oleh generasi muda.

Dengan penggatian nama daerah dengan nama yang baru tentunya diharapkan akan menimbuklan semangat yang baru. Namun tentunya tidak hanya dampak positif yang muncul, dampak negatif tentunya pasti ada. Adapun dampak negatif yang mungkin muncin antara lain:

1. Terjadinya sentimen kedaerahan
2. Mudah terjadinya perpecahan
3. Semangat nasiomalisme memudar

Tentunya ane berharap apapun keputusan yang diambil suatu daerah lebih banyak manfaatnya untuk daerah dan bangsa dari pada lebih banyak mudorotnya.

Seperti moto atau semboyan bangsa Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda beda tapi tetap satu. Bhineka Tunggal Ika menunjukkan bukti keanekaragaman Nusantara yang patut dijunjung tinggi, serta saling menghargai perbedaan.


Bonus klik disini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 21 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
Sunda adalah Jawa Barat. Namun Jawa Barat bukan semuanya Sunda emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fajarekosaputra dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 45 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 45 balasan
Kalo nama provinsinya dirubah, berarti semua dokumen penting juga harus dirubah kayak ktp, kk, pasport, surat tanah, ijazah, dan dokumen2 penting lainnya, sedangkan kita tahu sendiri birokrasi kita kerjanya kayak gimana, pasti bakal banyak sih kendalanya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
Mungkin tokoh2 budaya Sunda udah gerah... Dijajah onta...

Makanya harus ditegasin...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tom12345 dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
sunda empire emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prayudo23 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Sementara ini ane akan Nyimak dulu emoticon-Kaskus Radio

Belum tau siapa dibelakang nya
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 0wlcelepukkk memberi reputasi
Jawa Barat ad 3 wilayah yg berbeda. Daripada ganti nama lebih baik pemekaran daerah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
haysnairefohdir dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Ngga ada urgensinya sih menurut gw..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bakal memicu yg daerah lain nih kek nya
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 0wlcelepukkk memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ganti nama...
Siap siap kalo jadi negara ga usah ganti nama lagi
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 0wlcelepukkk memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo jadi ganti nama, lalu Cirebon & Indramayu gimana nasibnya? Sunda bukan, Jawa juga bukan.

Itu pengakuan dari orang sana lho..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Juna401 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Ijin nyimak bosq. emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 0wlcelepukkk memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mempetegas identitas kedaerahan
Dengan mengubah nama dengan nama yang identik dengan jati diri......



Tidak semua dijawa barat berbahasa sunda.
Ane oyernah noh pas mlm2 jln2 ke pesisir pantura. Kaget bet orange ngomong jawa alus, ampe semobil bengong.
Kita nyasar ndak nich?...
Ato kita kebablasan smpe jateng, noh pd ngomong jawa.
Bla bbla bla.....

Ane yg turunan jawa trus tanya2 ma sekitaran.
Emang msh jabar tp kampung/daerah sini ngomong pake jawa.

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mending tetep pake nama Jawa Barat aja gan
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
Nanti pesisir pantura minta pemekaran kalau d paksa rubah nama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kamikaze118 dan 3 lainnya memberi reputasi
Saya sebagai orang yang berasal dari kabupaten Cirebon dengan tegas mengatakan "Tidak setuju", karna Cirebon dan Indramayu Jawa, bukan Sunda, jika tetap dipaksakan, maka Cirebon Indramayu siap untuk pisah provinsi, baik gabung dengan Jateng atau bikin provinsi sendiri bareng Tegal Brebes
profile-picture
profile-picture
profile-picture
babay21 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh haysnairefohdir
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Tidak ada urgensi yang sangat krusial sebenarnya, seharusnya ada banyak hal yang lebih penting untuk diatasi terlebih dahulu.
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
Jangan diganti pak pos bingung nanti

emoticon-Ngakak
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
mudorot
profile-picture
profile-picture
haysnairefohdir dan eyefirst2 memberi reputasi
ganti saja propinsi "bumbu desa" atau propinsi "lembur kuring"
emoticon-Toastemoticon-Toast
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
Wadidaww gaes
profile-picture
profile-picture
adolfsbasthian dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di