CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Banjir Ikan di Pantai Ujung Pandaran, Benarkah Fenomena Alam?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f99b27a88b3cb44d52d073a/banjir-ikan-di-pantai-ujung-pandaran-benarkah-fenomena-alam

Banjir Ikan di Pantai Ujung Pandaran, Benarkah Fenomena Alam?

Banjir Ikan di Pantai Ujung Pandaran, Benarkah Fenomena Alam?
Sumber gambar: di sini

Laut adalah salah satu bagian terbesar dari bumi yang menyimpan berbagai macam sumber daya alam.

Laut di Indonesia menyimpan kekayaan yang sangat melimpah. Aneka macam jenis hewan laut seperti ikan sampai berbagai jenis terumbu karang ada di dalamnya. Dari kekayaan laut ini banyak sekali manfaatnya yang bisa kita nikmati. Seperti manfaat yang bisa kita nikmati dari ikan laut. Ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh kita, terutama kesehatan mata dan perkembangan otak.

Nah, beberapa saat tadi beredar sebuah video yang merupakan salah satu bukti akan kekayaan laut yang ada di Indonesia.

Video itu entah dari mana pertama kali beredarnya, tapi aku melihatnya di Info Kotim Video itu menayangkan fenomena ikan yang melimpah ruah di pinggir laut.

Rupanya, video yang beredar itu terjadi di tepian Pantai Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Dalam video tersebut terlihat beberapa orang dewasa dan anak-anak sedang mengumpulkan ikan yang terdampar di tepi pantai dengan menggunakan keranjang dan alat seadanya.

Fenomena seperti ini mungkin sudah berkali-kali kita tonton dari video-video serupa yang lebih dulu beredar.

Namun, yang terjadi di dalam video ini berbeda dari video-video yang beredar sebelumnya. Jika di video yang beredar biasanya itu ikan-ikan memenuhi sepanjang tepi pantai, maka di video yang beredar saat ini ikan hanya memenuhi beberapa meter tepian pantai saja.

Lihat di sini videonya:

Spoiler for Banjir ikan:



Video yang berdurasi sekitar 00:29 detik menuai komentar yang mengkait-kaitkan dengan fenomena alam yang menandakan akan adanya sebuah bencana.

Namun, hal itu langsung ditepis oleh Camat Teluk Sampit. Menurut beliau ikan yang melimpah di pinggir pantai itu adalah hasil tangkapan nelayan, karena saking melimpahnya, perahu klotok yang biasa nelayan itu pakai sampai tidak muat.

Quote:


Nelayan yang diketahui bernama Allan warga Dusun Kalap Paseban, Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit itu membawanya ke pinggir dan memberikan sebagian tangkapan besarnya pada warga.

Menurut Camat Teluk Sampit, kebetulan saat ini merupakan musim ikan tersebut (yang terlihat di video), para nelayan menyebutnya ikan kerepes. Saat musim seperti ini, hasil tangkapan para nelayan bisa lebih dari 5 ton.

Jika dilihat dengan seksama memang dalam video tersebut ikan-ikan itu berkumpul di satu tempat saja dan di sekitarnya terdapat jaring ikan. Jadi, ini benar bukan fenomena alam dsn tidak ada kaitannya dengan bencana alam seperti komentar orang-orang.

Fenomena seperti ini sebenarnya juga pernah terjadi di pantai desaku (Madura), banyak ikan bandeng berbagai ukuran dari yang besar sampai yang kecil terdampar di sepanjang bibir pantai.

Namun, itu juga bukan fenomena alam rupanya, karena saat diusut ternyata ada tambak besar (tambak ikan bandeng) di Gresik jebol karena hujan yang deras dan ikan-ikan bandeng itu terbawa ke laut.

Akan tetapi yang pasti ini adalah rezeki dari Allah yang tidak terduga bagi mereka, warga yang ada di pesisir pantai.

Oke, cukup sampai di sini dulu, ketemu lagi nanti di thread berikutnya, insya Allah.

Terima kasih emoticon-terimakasih

Istijabah
Referensi: Borneonews dan Info Kotim



profile-picture
profile-picture
profile-picture
d0dittt dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh istijabah
Rezeki tak terduga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 2 lainnya memberi reputasi
Ambil secukupnya, selain itu dikembalikan lagi
emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 2 lainnya memberi reputasi
Karena faktor cuaca buruk? Atau ada faktor kontaminasi racun ya?
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Bakar bakar yok
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Quote:


Iya, betul, tapi kadang yang terpikir di otak orang beda-beda, gan emoticon-Malu

Quote:


Katanya sih emang karena lagi musim ikan itu, Gan
Jadi ini bukan yang pertama kali katanya, gan emoticon-terimakasih

Quote:


Ayoklah siapkan arangnya, aku yang siapin sambal dan nasinya 😋😋😋😋
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Jangan seneng kalau banjir ikan tanpa nyari begitu, itu sih biasanya mau ada tsunami.
profile-picture
profile-picture
istijabah dan hudazone memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Siipp
profile-picture
istijabah memberi reputasi
ambil secukupnya??

ambil semuanya lalu di bikin bakso ikan bisa tahan lama lalu di jual, stonk emoticon-Jempol emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan istijabah memberi reputasi
Cukup menarik ini banyak ikan pada ke tepi dan memang merupakan sebuah tanda. Barangkali di seberang sana terjadi hal-hal yang tidak membuat nyaman ikan. Tapi yang penting ambil secukupnya karena tidak akan habis itu dimakan beberapa hari.
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Kalo terjadi anomali biasanya sih bakal ada ....
tapi mudah-mudahan aja ngga
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan istijabah memberi reputasi
Itu paling perahu nelayan oleng jadi ikannya tumpah..
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan istijabah memberi reputasi
Quote:


Ini bukan kayak fenomena biasanya sih, Mas.
Cerita itu sekarang lagi musim ikan itu, jadi ada nelayan yang dapat hasil melimpah. Karena gak bisa membawanya jadi sebagian hasil tangkapannya itu dikasihkan ke warga di sana.

Jadi, ini hasil tangkapan yang ditumpahkan, begitulah penjelasan pendeknya.

Quote:


Terima kasih emoticon-Peluk

Quote:


Nah, bisa juga ini
Tapi di sana itu kalo gak dibikin ikan asin ta dibikin kerupuk.

Setahu aku gitu.

emoticon-Shakehand2
Quote:


Ini bukan ketepi sendiri ikannya, gan
Itu hasil tangkapan nelayan yang dibagikan ke warga karena si nelayan kesulitan membawanya, soalnya terlalu banyak

Gitu sih penjelasannya yang aku baca

Quote:


Aamiin ya rabbal'alamiin

Quote:


Emang sengaja ditumpahkan gan karena terlalu banyak

emoticon-Shakehand2
profile-picture
Monyetkelabu memberi reputasi
padahal dalam islam dilarang memakan bangkai emoticon-No Hope
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kode alam emoticon-Bingung.

Nb : yg suka togel pasti ngerti...wkwk
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Hmm patut diselubungi. emoticon-Ngacir
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Faktor cuaca bisa ga sih?
profile-picture
istijabah memberi reputasi
ane liat di pilem pilem takutnya pengen sunami gan emoticon-Bingung emoticon-Turut Berduka
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Quote:


Avaan yang mo diselubungi, gan? emoticon-Ngakak

Quote:


Emang lagi musim ikan itu, gan
Jadi itu bukan ikan yang terdampar, tapi hasil tangkapan nelayan yang sengaja dikasihkan ke warga

Quote:


hasil tangkapan nelayan yang sengaja dikasihkan ke warga, itu, gan bukan karena fenomena alam
profile-picture
j4blaymedika memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kayaknya cuaca juga ya yang jadi penyebab, tapi gatau juga ding wkwkkwkwkw
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di