CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Kalimantan Barat /
[Coc Reg. KalBar] 5 Sisi Unik Pakaian Adat Kalimantan Barat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f9978ce4601cf1213130844/coc-reg-kalbar-5-sisi-unik-pakaian-adat-kalimantan-barat

[Coc Reg. KalBar] 5 Sisi Unik Pakaian Adat Kalimantan Barat

Kalimantan adalah pulau terluas di Indonesia sekaligus menyimpan banyak keunikan. Pulau ini dimiliki oleh tiga negara sekaligus, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Wajar jika adat budaya di sana dipengaruhi oleh ketiga negara yang berdiri di atasnya. Akulturasi budaya tersebut, salah satunya terlihat pada pakaian adat Kalimantan Barat. Suku Dayak yang merupakan penduduk asli di sana memiliki beberapa jenis pakaian adat. Bahan baku dan coraknya bernuansa melayu. Berikut adalah lima sisi unik pakaian adat Kalimantan Barat.

[Coc Reg. KalBar] 5 Sisi Unik Pakaian Adat Kalimantan Barat
tedas.id


1. King Baba, Pakaian Laki-Laki Suku Dayak

[Coc Reg. KalBar] 5 Sisi Unik Pakaian Adat Kalimantan Barat
imujio.com

Laki-laki dari suku Dayak memiliki pakaian adat bernama King Baba. Dalam bahasa Dayak, “king” bermakna pakaian dan “baba” menyatakan laki-laki. Baju ini dibuat dari kulit kayu kapuo atau tanaman ampuro. Kulit kayu berserat tinggi ini dipipihkan dengan cara dipukul-pukul menggunakan batu sambil dicelupkan ke dalam air. Setelah cukup lentur, kulit kayu kemudian dijemur hingga kering. Baru setelahnya diberi lukisan etnik khas Dayak dan dibentuk menyerupai rompi tanpa lengan. King Baba dikenakan bersama ikat kepala yang terbuat dari bulu burung Enggang Gading, serta senjata tradisional bernama mandau. Pakaian adat ini juga dikenal sebagai baju perang suku Dayak.


2. King Bibinge, Pakaian Perempuan Suku Dayak

[Coc Reg. KalBar] 5 Sisi Unik Pakaian Adat Kalimantan Barat
tedas.id

Untuk perempuan suku Dayak, pakaian adatnya disebut King Bibinge. Bahan baku dan proses pembuatannya sama seperti King Baba, hanya saja didesain lebih sopan untuk menutupi bagian tubuh perempuan. Kulit kayu yang sudah dilukis kemudian dibentuk menjadi kemben untuk penutup dada, rok bawahan, dan stagen. Di permukaannya juga dihiasi dengan manik-manik yang terbuat dari kayu atau biji kering. Sama seperti King Baba, pemakaian King Bibinge juga dilengkapi ikat kepala berbentuk segitiga. Aksesoris lainnya adalah jarat tangan atau gelang yang terbuat dari akar tanaman yang dipintal. Beberapa perempuan suku Dayak juga memakai kalung yang terbuat dari tulang hewan atau akar tanaman. Gelang dan kalung ini dianggap sebagai penolak bala dan gangguan roh jahat.

Quote:

3. Pakaian Adat Bernuansa Melayu Cenderung Lebih Tertutup

[Coc Reg. KalBar] 5 Sisi Unik Pakaian Adat Kalimantan Barat
mahligai-indonesia.com

Baju pengantin khas Kalimantan Barat kental dengan nuansa melayu. Bahan bakunya menggunakan kain songket khas Melayu. Pakaian ini juga dijuluki telok belanga atau cekak musang.

4. King Kabo, Dibuat dari Kain Khas Brunei Darussalam

[Coc Reg. KalBar] 5 Sisi Unik Pakaian Adat Kalimantan Barat
yuksinau.id

Pakaian adat Kalimantan Barat mengalami modifikasi seiring dengan perkembangan zaman. King Kabo salah satunya, modifikasi dari King Baba yang dibuat dengan memadukan kulit kayu dengan kain sungkit khas Brunei Darussalam.


5. Buang Kuureng, Modifikasi Pakaian Adat untuk Perempuan

[Coc Reg. KalBar] 5 Sisi Unik Pakaian Adat Kalimantan Barat
imujio.com

Baju kurung adalah pakaian adat Melayu untuk perempuan. Model busana ini banyak dikenakan di Malaysia, Brunei Darussalam, dan beberapa wilayah di Indonesia seperti Sumatera Barat hingga Kalimantan Barat. Di Kalimantan Barat, baju kurung berbahan beludru untuk perempuan ini disebut sebagai Buang Kuureng. Ada dua jenis Buang Kuureng, yaitu kuurung sapek tangan untuk baju berlengan pendek dan kuurung langke tangan yang berlengan panjang. Pakaian adat Kalimantan Barat termasuk dalam khazanah budaya Nusantara yang wajib dilestarikan.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan 8 lainnya memberi reputasi
Oh ternyata Buang Kuureng di Sumatera juga ada, makanya ane juga kadang lihat baju adat gitu di Sumatera
profile-picture
biohazard89 memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Kalo king baba dan king bibinge sering digunakan untuk karnafal di daerah ane, nice info 👍👍👍
profile-picture
biohazard89 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Quote:


Quote:
kuot para penghuni pejwan

Aye baca nih om...dan terkesan... pakaian nya unik...tapi gerah gak om makenya?
profile-picture
profile-picture
lianasari993 dan milsaka memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


Knapa tanya ke aku? Kan aku gk pernah makeemoticon-Cape d...
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
Quote:


Quote:


Lah pan om nyang bikin tridnya dah emoticon-Tepar dah gue mah
profile-picture
milsaka memberi reputasi
Quote:


Yg buat bukan aku tante adel
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
Quote:


Quote:


Jadi om copas ya
profile-picture
milsaka memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Quote:


Tante adel gimana sih, kan yg buat agan @biohazard89 bukan akuemoticon-Cape d...
profile-picture
zodiaksayaleo memberi reputasi
Diubah oleh milsaka
melayu kok merah ya emoticon-Bingung (S)
profile-picture
biohazard89 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di