CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Daisugi, Seni Menumbuhkan Pohon Di Atas Pohon
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f98265882d4951bad1d8d68/daisugi-seni-menumbuhkan-pohon-di-atas-pohon

Daisugi, Seni Menumbuhkan Pohon Di Atas Pohon


Menumbuhkan pohon di atas pohon? hmm, unik juga.

Kalau menurut agan gimana? unik enggak?

Atau mungkin kesan pertama yang muncul di benak agan justru,

"Kenapa harus susah-susah numbuhin pohon di atas pohon, kalau cuma buat alasan estetika belaka? Macam kurang kerjaan aja."

*****


Kalau untuk ukuran zaman sekarang, menumbuhkan pohon di atas pohon memang terkesan sekedar buat estetika saja. Tapi, usut punya usut, teknik ini merupakan cara untuk menanam pohon secara minimalis dan eco-friendly.

"Eco-friendly dari mananya?"

Begini gan, dengan menerapkan teknik ini kita bisa menghemat bibit pohon, menghemat area lahan, dan mencegah penggundulan hutan.

Karena jika membutuhkan kayunya, kita hanya perlu menebang bagian atas pohon. Sementara pohon utamanya tetap bisa dipertahankan.

Semacam 'menebang pohon tanpa menebang pohon'. Ide yang sangat sustainable bukan?

*****

Daisugi, Seni Menumbuhkan Pohon Di Atas Pohon
twitter @wrathofgnon

Daisugi (台 杉), atau platform cedar, adalah teknik hortikultura yang dikembangkan di distrik Kitayama, Kyoto, Jepang, sejak sekitar abad 14 Masehi lalu. Teknik ini digunakan sebagai cara untuk memproduksi kayu secara berkelanjutan hanya dari satu pangkal pohon saja.

Caranya adalah dengan memangkas bagian pohon cedar kitayama secara cermat, sehingga dahan-dahan yang sangat lurus bisa tumbuh dari (platform) dahan utamanya.

Spoiler for :

Apabila dilakukan dengan benar, teknik ini dapat menghasilkan kayu yang berbentuk lurus dan bulat sempurna.

*****


Pada dasarnya, teknik daisugi sama saja dengan teknik pollarding dari Romawi kuno, atau teknik coppicing dari Inggris, yaitu menumbuhkan dahan baru dengan cara memotong bagian dahan pohon.

Spoiler for :

Hanya saja, daisugi dilakukan dengan lebih cermat. Tunas atau cabang yang tumbuh dipangkas dengan hati-hati setiap dua tahun, sehingga dahan akan tumbuh dengan tegak, menjulang lurus ke atas. Dan idealnya, kayu akan siap tebang jika sudah berusia 20 tahun.

Konon, dengan teknik daisugi sebuah pohon masih dapat terus menerus menumbuhkan pohon di atasnya hingga kisaran 200-300 tahun.

*****

Daisugi, Seni Menumbuhkan Pohon Di Atas Pohon
twitter @wrathofgnon

Di abad lampau, hasil kayu teknik daisugi digunakan pada rumah-rumah berarsitektur sukiya-zukuri.

Spoiler for :

Hasil kayu dengan teknik daisugi diklaim lebih fleksibel dan dua kali lebih kuat daripada kayu cedar biasa. Sehingga diyakini dapat bertahan dari tiupan angin topan.

*****


Namun, kini, teknik daisugi tidak lagi digunakan untuk produksi kayu berkelanjutan, melainkan hanya diterapkan sebagai salah satu teknik dalam budidaya bonsai saja.

Sementara, produksi kayu cedar kitayama masih tetap berlangsung, dengan tetap memotong tunas dan cabang yang tumbuh di pohon. Akan tetapi, pohonnya sudah ditanam - dengan cara - seperti lazimnya menanam pohon biasa.

Spoiler for :

*****
Sekian dari ane Gan & Sis.
Gimana bre, tertarik untuk menumbuhkan pohon di atas pohon? emoticon-Big Grin
Silakan, bebas mau komen apa aja di mari
Salam dan sampai jumpa di thread Cipt. Papa.T.Bob selanjutnya.

emoticon-Rate 5 Star emoticon-Toast
emoticon-Menang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bingsunyata dan 72 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Papa.T.Bob
Halaman 1 dari 7
baru tau ane yang begini emoticon-Hansip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
keren banget ya bisa numbuhin pohon diatas pohon gitu. cantik jadinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrabedy dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Orang Clayton bilang, di pronggol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Quote:

Quote:

mindblowing beneran emang
emoticon-Matabelo
Quote:

clayton daerah mana tuh bre

emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
ushirota dan Cahayahalimah memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Luar biasa orang Jepang dr abad 14 ud mikirin eco friendlyemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
B.a.d.b.o.Y dan 2 lainnya memberi reputasi
Nanam pohon di atas pohon. yo dawg emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
B.a.d.b.o.Y dan Papa.T.Bob memberi reputasi
Keren oiiii hasilnya emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
B.a.d.b.o.Y dan Papa.T.Bob memberi reputasi
Makasih gan, bener2 baru tau ane ada teknik kaya gini. Tapi itu membebani pohon utama atau pohon di bawahnya gak gan? Takutnya kaya parasit gitu.
Terus itu jenis pohon yg sama atau dua jenis pohon yg beda?
profile-picture
profile-picture
B.a.d.b.o.Y dan Papa.T.Bob memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Waduh ternyata ini arti nama temannya nobita emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
B.a.d.b.o.Y dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah. Jepang memang selalu diluar kotak gan 👍 kalo di terapkan di Indonesia, ane cm mikir kunti and friends bakal berasa tinggal di rusun kali ya gan. 🤭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
B.a.d.b.o.Y dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalo pohon alpuket ditanem di atas pohon nangka bisa jadi es teler tuh wkwkw emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
B.a.d.b.o.Y dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:

lebih karena keadaan bre
Quote:

menumbuhkan ya bre, bukan menanam
Quote:

yoi bre
Quote:

ini pohon yang sama bre, pohon cedar

jadi pohon yang atas itu sebenarnya dahan dari pohon yang di bawah. pohon yang di bawah jadi platformnya
profile-picture
profile-picture
B.a.d.b.o.Y dan valnoval38 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Kenapa yah?

Apa ada dampak lain? hasilnya unik dan indah sih ya.
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Beneran Keren tuh gan bisa tumbuh pohon diatas pohon apalagi klo bisa nyampe tinggi menjulang ke atas langit lebih keren lagi tuh 😁
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Waa keren inii mah..daisugii.. nanam pohonya antik antik
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
unik si jadinya tu pohon
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
Sangat bermanfaat ya gan sis informasi ini.karena memang dijaman sekrang itu terlalu padat pnduduk sehingga seharusnya juga lebih memkirkan penghijauan dengan cara ini ya gan sis. Semoga bisa meniru teknik ini
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
Ya betul daisugi namanya dalam bahasa jepang. Tumbuhan itu bisa tumbuh smda atas pohon kerenn bukan. Semoga saja teknik ini bisa menginspirasi orang insonesia.
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
unikk nihhh, bisa gituyaaa pohon bisa tumbuh di pohon gituuu
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
wahh kirakira caranya gampang ga yaaa buat diterapin
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di