CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Muncul Negara Federal Papua Barat, Jokowi Diminta Tarik Seluruh Pasukan Militer
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f9792bca2d195744e35a453/muncul-negara-federal-papua-barat-jokowi-diminta-tarik-seluruh-pasukan-militer

Muncul Negara Federal Papua Barat, Jokowi Diminta Tarik Seluruh Pasukan Militer

Muncul Negara Federal Papua Barat, Jokowi Diminta Tarik Seluruh Pasukan Militer

Sosial media WhatsApp Group Minggu pagi (25/10/2020) diramaikan dengan beredarnya potongan video berisi pernyataan seorang tokoh Papua yang menyebut dirinya sebagai Presiden Negara Federal Papua Barat. Pernyataan pria bernama Forkorus Yaboisembut itu disampaikan dalam sebuah wawancara dengan reporter paraparatv.id. Wawancara itu berlangsung di Sentani, Papua. Sebelum memulai wawancara, Forkorus dan para pengikutnya berdiri sambil menyanyikan lagu nasional Negara Federasi Papua Barat.

Sepanjang wawancara dilakukan, Forkorus Yaboisembut duduk diapit dua pria berpakaian mirip seragam militer. Di belakang ketiganya, berdiri belasan laki-laki dengan seragam mirip pakaian militer pula. Dalam narasi pemulanya, reporter paraparatv.id menyatakan bahwa berkumpulnya Forkorus dengan pengikutnya dalam rangka peringatan hari kemerdekaan Negara Papua Barat ke -9.

Peringatan kemerdekaan itu dilakukan secara sederhana di Markas Besar Negara Federal Papua Barat di Kertosari, Sentani Barat, Kabupaten Jayapura pada Senin 19 Oktober 2020. Dalam video itu, Forkorus mengatakan, telah mengirimkan surat dan proposal resmi kepada presiden Jokowi pada 7 Oktober 2020. Menurut dia, dengan telah dikirimnya surat, Jokowi dianggap sudah tahu dengan maksud mereka. Surat itu berisi penjelasan bahwa Papua bukan merupakan bagian dari wilayah NKRI.

“Saya umumkan secara resmi kepada pemerintah Indonesia bahwa dengan adanya proposal lengkap saya kemarin (7 Oktober 2020), berarti Presiden Jokowi sudah tau. NFPB (Negara Federal Papua Barat) merupakan negara merdeka dengan wilayah teritorial yang terpisah dengan Indonesia,” katanya dalam video tersebut.

Dia menjelaskan, wilayah NFPB berada di seluruh bekas wilayah Papua Belanda. Sementara, NKRI wilayahnya di bekas Hindia Belanda. Karena merasa telah memberitahukan kepada presiden Jokowi, dia meminta Presiden RI itu untuk melakukan perundingan wilayah kedaulatan masing-masing dalam konteks hubungan antar negara. Sebab, NFPB sudah sesuai dengan asas-asas hukum internasional.

“Kalau Pak Jokowi tidak tahu soal itu, proposal itu lengkap. Panggil semua pakar-pakar hukum, staf ahli hukum untuk bahas itu. Benar atau tidak,” katanya.

Dia memastikan, bahwa proposalnya soal bekas koloni Papua Belanda dan Hindia Belanda benar adanya. Karena itu, sebagai Presiden NFPB, dia mendesak Jokowi untuk menarik seluruh pasukan militernya dari seluruh wilayah Papua Belanda ke wilayah Hindia Belanda atau Indonesia.

“Dulu kami tidak berani bicara karena belum ada negara. Sekarang sudah ada negara. Sudah jadi subjek hukum. Makanya saya berani,” katanya.

Karena itu, sejak 19 Oktober 2020 bila ada pasukan militer Indonesia yang menembaki warga Papua karena sengketa wilayah kedaulatan, dirinya siap melayangkan gugatan kepada Presiden Jokowi selaku panglima tertinggi NKRI.

“Dia harus perintahkan untuk tarik semua pasukan militernya Polisi dan TNI. Saya tidak akan tuntut Kapolda, Pangdam, Panglima TNI. Saya akan tuntut panglima tertingginya Pak Jokowi” katanya.

Pada bagian akhirnya, dia mengucapkan selamat kepada seluruh warga Papua yang telah merayakan kemerdekaannya sebagai bagian dari NFPB.

ruko

pengkhianat !! dulu kalean padahal sudah janji akan angkat ahok jadi presiden papua emoticon-Marah

Muncul Negara Federal Papua Barat, Jokowi Diminta Tarik Seluruh Pasukan Militer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rojabmaulana dan 14 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
Pasukan nya cie ileee emoticon-Ngakak
Bukan prajurit itu mah tukang cari cacing bwat mancing.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kentutz dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tangkap dan eksekusi veronica koeman emoticon-I Love Indonesia

Heh keparat pengkhianat NKRI @tenagawanita emoticon-army
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lihat baret nya ...

Ana jd keingat ama sunda empire

Apakah kelah federasi papua bakal bergabung dg sunda empire kelak ...





emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anggrekbulan dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halah, paling para begundal yang gila militer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Sorry sorry aja masih lebih meyakinkan sunda empire emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 5 lainnya memberi reputasi
Waduh jangan kirim kopassus ini mah cukup kirim pak hansip ajaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Edited
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Diubah oleh arrahmann.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Coba ajak ketemu itu NFPB sama OPM.

Kira2 yg menang siapa kalo perang suku.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh lupis.manis.
grup sandiwara dari teater mana itu?
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan samsol... memberi reputasi
macem efpeikkk .....
profile-picture
profile-picture
tontop dan samsol... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
another sunda empire kah, eh lokasi nya di papua jadi namanya papua empire ya emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mandalorian dan 3 lainnya memberi reputasi
yoijembut?

ga salah denger kan gw?

sebuah grup halu datang lagi dari benua papua,,,

enak amat bikin negara cuman modal proposal,, asuw ngakak lah ini gw emoticon-Ngakak

dikira mau bikin pentas seni di kampung apa ya,, pake proposal emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Razhad dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
jadi inget sunda empire emoticon-Wakaka
profile-picture
samsol... memberi reputasi
bercanda mulu ahh...emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Jejak
Negara Federal Papua Barat
























































di mejanya ada bendera Bintang Kejora (OPM)

ini mah akal akalan Benny Wenda doang emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ipphiee dan 2 lainnya memberi reputasi
Iki opo maneh, paling setengah yg difoto itu gak mudeng kenapa diajak cosplay gitu emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
.Kadrun.Onta. dan 2 lainnya memberi reputasi
Ea ea.. lwn OPM dlu gih baru koar merdeka.. antar suku ae msh perang emoticon-Leh Uga

Apa mending di jadiin cagar budaya aj sama indo.. gak sh dibangun infra apalagi disekolahin tinggi2 klo hslnya kek gini emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Razhad dan 2 lainnya memberi reputasi
Banser siap mempertahankan NKRI
profile-picture
profile-picture
profile-picture
motherparker699 dan 2 lainnya memberi reputasi
adalagi negara baru ,
makin aneh aneh aja di papua
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan samsol... memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di