CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Semua Harus Tahu! Inilah Langkah Tepat Pertolongan Pertama pada Pasien Keseleo
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f9774fc7e3a7227ea5b8744/semua-harus-tahu-inilah-langkah-tepat-pertolongan-pertama-pada-pasien-keseleo

Semua Harus Tahu! Inilah Langkah Tepat Pertolongan Pertama pada Pasien Keseleo

Semua Harus Tahu! Inilah Langkah Tepat Pertolongan Pertama pada Pasien Keseleo

HAI AGAN DAN SISTA!

emoticon-Hai

Pada kegiatan olahraga, keseleo termasuk ke dalam cedera yang lumayan sering terjadi. Biasanya dikarenakan atlet tersebut kurang melakukan pemanasan, medan yang tidak rata, atau pemakaian sepatu dan kaus kaki yang kurang nyaman.

Tak hanya pada kegiatan olahraga, cedera pada aktivitas sehari-hari juga dapat menyebabkan keseleo. Misalnya, jatuh dari tangga, jatuh karena keinjak tali sepatu, jatuh dari motor dan lain-lain sebagainya.

Kita semua tahulah, ya, gimana sakitnya sendi yang keseleo. Nyut-nyutan, Bre! Oleh sebab itu, apabila kita mengalami keseleo, perlu untuk diberikan pertolongan pertama dengan segera. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan, mengurangi nyeri, memar, dan bengkak.

Lantas tindak pertolongan pertama pada keseleo yang tepat bagaimana? Nah, itulah yang akan ane bahas kali ini.

Simak thread ane sampe habis, ya!

Apabila terjadi keseleo, ada tiga langkah dasar pertolongan pertama yang harus dilakukan, yaitu: rest, ice, dan elevation.

1. Rest

Semua Harus Tahu! Inilah Langkah Tepat Pertolongan Pertama pada Pasien Keseleo
Berjalan menggunakan kruk

Ketika mengalami keseleo, sebaiknya kita segera mengistirahatkan bagian sendi yang cedera. Jika misal Gansis keseleo karena jatuh dari tangga, maka Gansis jangan melakukan pekerjaan berat apapun dulu yang menitikberatkan pada sendi tersebut. Jika memang ingin bekerja juga, maka Gansis dapat melakukannya dengan bantuan tongkat.

Pengistirahatan sendi yang cedera ini bertujuan untuk mengurangi rasa sakit dan agar cedera tidak melebar. Setidaknya selama 1-3 hari, jangan menjadikan sendi tersebut sebagai bahan tumpuan.

emoticon-I Love Indonesia (S)

2. Ice

Semua Harus Tahu! Inilah Langkah Tepat Pertolongan Pertama pada Pasien Keseleo

Berikutnya, lakukan pendinginan pada sendi yang cedera. Yaitu dengan mengompres sendi tersebut dengan es batu. Ketika iceting dilakukan, sebaiknya es batu tersebut dibalut dengan kain agar tidak terlalu dingin.

Tindakan iceting dilakukan guna mempersempit pembuluh darah sehingga mengurangi rasa sakit, nyeri, memar dan pendarahan. Lamanya pengompresan dapat dilakukan selama 15-20 menit setiap 3 jam.

emoticon-I Love Indonesia (S)

3. Elevation

Semua Harus Tahu! Inilah Langkah Tepat Pertolongan Pertama pada Pasien Keseleo
Membalut kaki yang keseleo

Setelah dikompres menggunakan es batu, sendi yang mengalami cedera harus dibalut terlebih dahulu. Pembalutan hendaknya memakai kain yang elastis dan lembut. Balutan juga dilakukan dengan selembut mungkin dan tidak mengencangkannya dengan terlalu ketat.

Semua Harus Tahu! Inilah Langkah Tepat Pertolongan Pertama pada Pasien Keseleo
Elevation

Nah, setelah dibalut, maka lakukanlah elevation. Yaitu meletakkan sendi yang cedera lebih tinggi dari jantung. Hal ini dilakukan untuk mempercepat sirkulasi darah ke jantung sehingga pembengkakan yang parah dapat dihindari. Setidaknya, elevation dilakukan selama 2-3 hari.

emoticon-I Love Indonesia (S)

So, itulah tadi tiga langkah dasar untuk pertolongan pertama pada kasus keseleo. Setelah pertolongan pertama dilakukan, jika cedera tampak parah, segeralah untuk membawa korban ke rumah sakit untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

emoticon-I Love Indonesia (S)

Setelah mengetahui tiga langkah dasar pertolongan pertama pada pasien keseleo, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Di mana hal-hal ini sangat dilarang dilakukan pada pasien keseleo.

Pertama, jauhkan sendi yang cedera dari panas, baik itu berupa mandi air panas, sauna, atau memakai krim pijat yang sifatnya panas. Karena panas dapat melebarkan pembuluh darah sehingga mempercepat terjadinya peradangan dan memperparah memar.

So, jika tetap ingin memakai krim pijat atau balsem, krim tersebut jangan dioleskan pada bagian yang cedera. Misal, jika Gansis mengalami keseleo di pergelangan kaki, maka balsemnya dapat dioles di bagian punggung kaki atau tulang kering.

Kedua, jangan memijat sendi yang cedera. Ini sering banget dilakukan oleh orang yang keseleo, Gansis. Tindakan ini aslinya gak boleh dan sangat dilarang, loh. Memijat bagian yang cedera bukannya menyembuhkan, tapi malah memperparah kerusakan. Kaki jadi terasa lebih nyeri karena serabut ligamentumnya makin rusak. Selain itu kaki juga akan bertambah memar dan bengkak.

So, apabila ingin melakukan pemijatan juga, maka pijatlah dengan lembut pada bagian lain selain yang cedera. Jika Gansis mengalami keseleo di pergelangan kaki, maka yang dipijat bagian punggung kaki, telapak kaki atau tungkai. Tidak langsung pada pergelangan kaki yang memar dan bengkak.

Semua Harus Tahu! Inilah Langkah Tepat Pertolongan Pertama pada Pasien Keseleo

Oiya, pemijatan hanya boleh dilakukan setelah 2-3 hari setelah cedera. Jadi, tidak langsung ketika cedera terjadi lalu langsung dipijat, ya.

emoticon-I Love Indonesia (S)

Nah, itulah Gansis pembahasan ane tentang pertolongan pertama pada pasien keseleo. Semoga bermanfaat, ya.

Sekian

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

A thread by : serbaserbi.com
Gambar : Google image
Narasi : opini pribadi
Sumber : ppt P3K dan Cedera Olahraga by Hidayati, SKM, M.M.Kes dan ini

emoticon-Rate 5 Star

Thanks For Reading





profile-picture
profile-picture
profile-picture
manoheri dan 33 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh serbaserbi.com
Halaman 1 dari 3
Jangan lupa cendol dan rate bintang 5-nya Bre. Makasih.
Definisi kesleo dari sisi medik tu apa?
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Wah bener nih ilmunya berguna banget, karena kadang pada asal aja ngobatin kesleo, malah jadi paraaah dehhh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valnoval38 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
Sangkal Putung bre emoticon-I Love Indonesia (S)
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Jangan dipijat gan dan mesti diistirahatkan ini hal yang penting. Jangan di bidai juga, melainkan dibalut sembari diistiratkan
profile-picture
profile-picture
serbaserbi.com dan siapika memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Kecengklak
profile-picture
profile-picture
serbaserbi.com dan siapika memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Q prnh kesleo ampe bengkak trs tk olesin balsem pada yg bengkak. Lgsg mndingn
profile-picture
profile-picture
serbaserbi.com dan siapika memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Waduhh nggak enak banget dah kesleo tuhh, pernah kesleo gara gara turun dari tangga padahal kaya sepele banget tapi bikin kesleo
profile-picture
profile-picture
serbaserbi.com dan siapika memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
berarti abis kesleo diolesin conterpen... salah dong ya selama ini....
mendingan di kompres es aja yak...
hmmm paham-paham....emoticon-Matabelo
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Biasanya setelah 1 - 2 hari keseleo jadi bengkak seperti bakpao emoticon-Frown
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ga boleh dioles yg anget anget , ga boleh langsung di urut .. ternyata selama ini salah .. thanks gan
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Oh jadi itu tiga langkah dasar pertolongan pertama pada pasien keseleo
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Keseleo oh keseleo emoticon-Turut Berduka
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalau udh agak lama, latihan berdiri jongkok selama 10 kali.
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Biasanya kalau keseleo langsung ke tukang pijat bre,ternyata salah emoticon-Big Grin
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalo saya sih, lebih milih menyerahkan pada yg ahlinya.
Nyari tukang pijat....


😄😄😄😄😄
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bermanfaat gaes
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Nice info, selanjutnya p3k pada orang yg patah tulang
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
di indonesia kalau keseleo di urut sampe teriakbree emoticon-Cool
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
page one ane kunci emoticon-Salaman
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
Diubah oleh 666fapfap
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di