CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / Music /
Top 10 Death Metal Band (Versi TS)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f96c3e77e3a72194f498967/top-10-death-metal-band-versi-ts

Top 10 Death Metal Band (Versi TS)

Bicara soal musik metal seperti tidak akan ada habisnya, genre musik satu ini memang punya banyak sekali sub-genre. Pada dasarnya semua adalah metal, namun setiap band punya genre metal tersendiri yang dimainkan. Dari banyaknya sub-genre tersebut kali ini TS akan bahas genre 'Death Metal'.

Menurut film dokumenter milik Sam Dunn, death metal merupakan wujud evolusi musik heavy metal. Sub genre ini dikembangkan dari Thrash Metal, namun dengan perubahan yang cukup esktrim pada suara vokalnya. Para pengamat musik dan penggemar musik metal juga menyebutnya sebagai "Ekstrim Metal". Biasanya genre ini diiringi tempo permaianan yang cukup cepat.


Top 10 Death Metal Band (Versi TS)

Ilustrasi oleh google image dan di edit oleh TS.


Pada genre ini terdapat dua tehknik scream (teriakan), scream biasa yang bersuara seperti "Aaaarrrggghh", serta teknik growl yang bersuara "Grrrooowwgghhh". Teknik teriakan growl ini banyak dipakai di sub-genre metal seperti death metal, death core, black metal, metal core, serta technical death metal.

Banyak juga orang berpendapat suara teriakan growl sendiri terdengar seperti suara monster, genre ini pun mulai eksis di tahun 1980-an dipelopori oleh band seperti Death dan Possessed. Band ini biasanya mengangkat tema kematian, pembunuhan, mutilasi perang dunia, serta agama. Kali ini TS akan kenalkan Top 10 band death metal yang ada di dunia, kita mulai dari nomor 1.


1. Death

Top 10 Death Metal Band (Versi TS)

Sumber Ilustrasi Foto

Pada nomor pertama ada band asal Florida (AS) dibentuk pada tahun 1983 oleh Chuck Schuldiner bersama dengan dua temannya, Kam Lee (drum) dan Rick Rozz (gitar), dengan nama Mantas. Mereka merekam demo empat lagu yang disebut Death by Metal.

Kemudian, band ini mengubah namanya menjadi Death dan dengan anggota tetap Rick Rozz dan Kam Lee. Mereka mulai merilos demo berikutnya yang berjudul Reign of Terror. Pada tahun 1987 album mereka yang berjudul 'Scream Bloody Gore' dirilis, album ini disebut sebagai salah satu pola awal dari Genre death metal.

Para penulis biografi musik pun menjuluki Schuldiner sebagai "Bapak Death Metal", karena ia berperan merintis genre ini pada awalnya. Schuldiner juga yang ikut membuat logo dari bandnya, awalnya logo band ini menggunakam logo salib terbalik untuk huruf "T". Kemudian tahun 1991 Schuldiner merubahnya menjadi huruf "T" biasa. Namun bamd ini harus bubar di akhir tahun 2001 setelah Schuldiner meninggal karena penyakit pneumonia.

Spoiler for Death Live Konser:



2. Possessed

Top 10 Death Metal Band (Versi TS)

Sumber Ilustrasi Foto


Possessed adalah band death metal yang dibentuk pada 1983 di El Sobrante, California. Mereka juga dianggap sebagai pelopor genre ini bersama Death. Dikenal dengan cara bermain yang sangat cepat dan gaya vokal guttural Becerra sebagai pengaruh pada death metal.

Demo pertama mereka disebut Death Metal. Band ini dibentuk pada tahun 1983 terdiri dari Larry LaLonde (gitar), Jeff Becerra (bass dan vokal), Mike Torrao (gitar) dan Mike Sus (drum). Album pertama mereka "Seven Churches", berlanjut dengan album kedua mereka yang berjudul "Beyond the Gates" pada tahun 1986. Mereka melanjutkan kekuatan dan kualitas lagunya, kemudian membuat mini album "The Eyes of Horror" pada tahun 1987.

Pada tahun 1989 Jeff Becerra mengalami kelumpuhan pada kakinya setelah ditembak dalam sebuah serangan jalanan, ia harus menggunakan bantuan kursi roda dan absen dari dunia musik. Pada tahun 1993 band ini pun memutuskan bubar, namun pada tahun 2007 Jeff kembali bermain musik dibawah bendera Possessed, meski kembali aktif, hanya tersisa Jeff Becerra sebagai anggota asli.

Dua jempol buat Om Jeff yang kembali lagi ke dunia musik meski ia mangalami kelumpuhan kaki, beliau masih tetap percaya diri tampil dengan bantuan kursi roda. Menjadi salah satu orang yang mengisnpirasi dari genre metal. Ketika banyak orang menganggap musik metal selalu berkaitan dengan musik teriak-teriak yang gak jelas, namun buat Om Jeff musik metal adalah kekuatan (respect).


Top 10 Death Metal Band (Versi TS)

Jeff Becerra tampil dengan kursi roda.

Sumber Ilustrasi Foto

Spoiler for Possessed Live Konser:



3. Morbid Angel

Top 10 Death Metal Band (Versi TS)

Sumber Ilustrasi Foto

Morbid Angel dibentuk di Florida, Amerika Serikat. Dianggap sebagai band perintis dalam gaya death metal bersama Death, Obituary dan Possessed. Morbid Angel dibentuk pada tahun 1983 oleh Trey Azagthoth bersama dengan Mike Browning dan David Vincent memulai sebuah grup musik yang disebut Morbid Angel.

Album pertama yang mereka rekam adalah Abominations of Desolation, tetapi ini tidak akan dirilis sampai beberapa tahun kemudian, jadi album resmi pertama mereka adalah Altars of Madness, dirilis pada tahun 1989. Tema album pertama mereka adalah satanisme dan anti agama, namun pada perkembangannya band ini lebih banyak menceritakan tentang sejarah Romawi serta karya dari penulis H.P Lovecraft.

Morbid Angel menjadi band death metal dengan penjualan album terlaris nomor 3 sampai tahun 2003, dibawah Cannibal Corpse dan Deicide. Band ini juga dikenal dengan nama album yang menggunakan awalan huruf alfabet seperti Altars of Madness, Blessed are the Sick, Covenant, Domination dll.

Spoiler for Morbid Angel Konser Live:



4. Obituary

Top 10 Death Metal Band (Versi TS)

Sumber Ilustrasi Foto

Obituary adalah band death metal yang dibentuk pada 1985 dari Tampa, AS. Ini adalah salah satu band perintis dari gaya yang dikenal sebagai death metal. Pada tahun 1985 saudara-saudara dari John (vokalis) dan Donald Tardy (drum), bersama dengan Allen West (gitar), Trevor Peres (gitar) dan Daniel Tucker (bass) mulai membentuk band bernama Xecutioner pada awalnya.

Di bawah label Executerer, mereka merilis demo pertama mereka, yang disebut "Metal Up Your Ass" dan merilis beberapa demo antara tahun 1985 dan 1987. Akhirnya, pada tahun 1987 mereka mengubah nama menjadi Obituary. Dua tahun kemudian pada tahun 1989 mereka merilis album pertama mereka, berjudul Slowly We Rot dibawah label Roadrunner Records, yang menampilkan karakteristik death metal.

Pada tahun 1990 mereka merilis Cause of Death, album yang membawa mereka terkenal di scene death metal. Dua tahun kemudian mereka merilis album studio ketiga mereka, The End Complete, yang merupakan album terlaris oleh Obituary, dan juga salah satu album terlaris di seluruh scene death metal.

Spoiler for Konser Live Obituary:



5. Cannibal Corpse

Top 10 Death Metal Band (Versi TS)

Sumber Ilustrasi Foto

Band ini salah satu yang tersukses di genre death metal sekaligus band yang paling kontriversial didalam genre ini. Mereka mengangkat tema pembunuhan, kematian, serta mutilasi. Sampul album mereka pun dinilai paling kontroversial karena menampilkan gambar manusia yang sedang dimutilasi, meskipun itu cuma gambar dan bukan asli. Cover album mereka dilarang diedarakan dibanyak negara di Eropa salah satunya di Jerman.

Cannibal Corpse dibentuk di Buffalo, New York pada tahun 1988. Anggota band ini terdiri dari vokalis Chris Barnes, bassis Alex Webster, gitaris Jack Owen dan Bob Rusay, dan drummer Paul Mazurkiewicz. Band ini dianggap sebagai salah satu yang paling populer dalam scene death metal. Mereka sukses menjual lebih dari satu juta kopi album di seluruh dunia tanpa pernah sekali pun tampil di radio atau televisi.


Top 10 Death Metal Band (Versi TS)

Salah satu cover album kontroversial mereka berjudul Butchered at birth (1991).

Sumber Ilustrasi Foto


Kelompok ini pertama kali tampil di River Rock Cafe di Buffalo pada bulan April 1989, setelahnya merekam demo yang diberi nama Cannibal Corpse. Setahun setelah konser pertama itu, band ini menandatangani kontrak dengan Metal Blade Records, yang mendistribusikan album debut mereka Eaten Back to Life (1990). Meski banyak mengangkat tema soal pembunuhan, band ini sama sekali tidak bermaksud mengajarkan orang untuk membunuh, mereka melakukan itu semata-mata karena hal tersebut juga merupakan bagian dari seni. Referensi menulis lagu mereka kebanyakan berasal dari beberapa film horor yang pernah mereka tonton.

Musik Cannibal Corpse dapat dikenali dari tempo yang cepat dan penggunaan suara serak. Lirik dan ilustrasi di sampul album mereka memiliki tema kekerasan yang kuat. Pada Mei 1995, Senator Bob Dole membuat referensi langsung ke band, menuduh mereka melanggar "kesopanan manusia." Band ini juga sering mendapat kritikan tajam di AS karena terlalu sering menampilkan tema kekerasan dan pembunuhan dalam lagu dan cover albumnya. Meski mendapat banhnyak kritik, masih banyak yang menghargai karya mereka. Salah satu lagu mereka pernah muncul dalam film Ace Ventura: Pet Detective (1994), lagu tersebut berjudul "Hammer Smashed Face".

Spoiler for Konser Live Cannibal Corpse:



6. Deicide

Top 10 Death Metal Band (Versi TS)

Sumber Ilustrasi Foto

Deicide adalah band death dibentuk di Tampa tahun 1987 dengan nama Carnage oleh drummer (Steve Asheim) dan dua gitaris bersaudara (Eric dan Brian Hoffman) sebagai pada awalnya. Kontroversi telah mengiringi band ini sejak awal, mengingat kejelasan lirik satanisme dan anti-Kristen dengan berbagai pernyataan dan berbagai acara yang dilakukan oleh pemimpin mereka Glen Benton, menyebabkan larangan bermain di berbagai negara.

Nama Carnage kemudian berubah menjadi Amon ketika Benton masuk dalam band. Selama waktu itu band melakukan 2 demo: Amon, Feasting the Beast (1987) (Thrash metal) dan Sacrificial Suicide (1989). Pada tahun 1989 band ini mengubah nama menjadi Deicide atas saran label Roadrunner Records.


Top 10 Death Metal Band (Versi TS)

Sumber Ilustrasi Foto

Cover album Deicide dengan judul Insineratehymn (2000).

Deicide merilis album self-titled mereka pada tahun 1990. Line up asli band ini terdiri dari Glen Benton sebagai vokalis dan bassis, dua bersaudara Eric Hoffman dan Brian Hoffman pada gitar, dan Steve Asheim pada drum. Bersama-sama, Hoffman bersaudara biasa bermain solo yang sangat teknis, berkecepatan tinggi dengan riff yang tumpang tindih, yang memberi Deicide suara yang agak berat dan struktur lagu yang rumit.

Formasi ini tetap utuh hingga 25 November 2004, ketika Hoffman bersaudara meninggalkan band dan digantikan oleh Jack Owen (ex-Cannibal Corpse), dan Dave Suzuki dari Vital Remains. Setelah tur, Suzuki digantikan oleh Ralph Santolla (Ex-Death, Iced Earth). Album The Stench of Redemption dirilis bersama Santolla tahun 2007, album ini menerima ulasan positif dan menjadi salah satu penjualan terbaik band. Santolla pun akhirnya digantikan oleh Kevin Quirion, karena Santolla tidak disukai dikalangan fans dengan mengatakan bahwa ia beragama Katolik.

Spoiler for Konser Live Deicide:



7. Carcass

Top 10 Death Metal Band (Versi TS)

Sumber Ilustrasi Foto

Ada yang suka sama klub sepakbola Liverpool ? Selain terkenal akan klub bola tersebut, di scene death metal kota pelabuhan tersebut juga punya jagoan bernama Carcass. Band ini merupakan salah satu pelopor gerakan 'Ekstrim Metal' di Inggris pada tahun 1980-an.

Band ini dibentuk pada tahun 1985 dan sudah mengalami beberapa kali perubahan line-up, meninggalkan gitaris Bill Steer dan bassis dan vokalis Jeff Walker sebagai satu-satunya anggota tetap. Mereka sempat bubar pada tahun 1996, tetapi dibentuk kembali pada tahun 2007 tanpa salah satu anggota aslinya, drummer Ken Owen, karena alasan kesehatan.

Tema lirik mereka cukup unik gan sist, mereka menyoroti masalah hak-hak dari hewan. Mengingat dua anggota aslinya yaitu Om Jeef Walker dan Om Bill Steer adalah seorang vegetarian, selain itu tema lirik mereka kebanyakan juga bercerita tentang kemanusiaan, band ini juga salah satu yang menyuarakam untuk menghentikan hukuman mati bagi para narapidana. Carcass juga sempat mampir di Jakarta pada ajang Sonic Fair tahun 2015 lalu.

Spoiler for Konser Live Carcass:



8. Vader

Top 10 Death Metal Band (Versi TS)

Sumber Ilustrasi Foto

Vader adalah band death metal asal Polandia, dari Olsztyn tepatnya. Dibentuk pada tahun 1983, grup ini didirikan oleh pemain bass Piotr "Peter" Wiwczarek dan gitaris Zbigniew "Vika" Wróblewski. Vader mengalami beberapa perubahan lineup selama perjalanan karirnya, dengan Wiwczarek sebagai satu-satunya anggota tetap. Sejak 2011, band ini terdiri dari Wiwczarek pada gitar dan vokal, gitaris Marek "Spider" bassis Tomasz "Hal" Halicki , dan drummer Inggris James Stewart.

Pada awalnya mereka memainkan genre heavy metal kemudian berpindah ke speed metal, pada akhir 1980-an mereka mulai mengusung genre death metal. Mereka berhasil merilis album debut mereka "The Ultimate Incantation" (1992), dan mulai dari sana mereka dikenal di kancah musik Eropa. Nama band ini sendiri terinspirasi dari Darth Vader dari serial film Star Wars . Tema lirik mereka sendiri mencakup cerita novel dari H.P Lovecraft , Perang Dunia II , dan horor. Pada tahun 2002 Vader menjual sekitar 500.000 album di seluruh dunia. Vader juga mengunjungi Jakarta pada event Hammersonic tahun 2015 lalu.

Spoiler for Konser Live Vader:



9. Entombed

Top 10 Death Metal Band (Versi TS)

Sumber Ilustrasi Foto

Band ini sempat mampir di Jakarta pada ajang Hammersonic tahun 207 lalu, Entombed juga menjadi pelopor musik death metal di wilayah Skandinavia. Entombed berawal dari band bernama Nihilist yang dibentuk oleh drummer Nicke Andersson , gitaris Alex Hellid dan bassist Leif Cuzner, yang dibentuk pada tahun 1987. Setelah menggunakan sejumlah vokalis sementara untuk pertunjukan awal mereka, band ini akhirnya merekrut LG Petrov, yang merupakan drummer untuk band Morbid.

Band ini juga merekrut gitaris sesi Morbid yaitu Uffe Cederlund sebagai gitaris kedua, dan band mulai merekam sejumlah demo dengan trek yang pada akhirnya akan muncul di album debut Entombed. Menyusul meningkatnya ketegangan antara anggota band, mayoritas anggota band memutuskan untuk mengganti nama mereka sebagai Entombed daripada memaksa anggota yang lain keluar.

Album debut Entombed berjudul Left Hand Path dirilis pada tahun 1990, favorit menjadikan mereka sebagai band death metal Swedia yang populer. Wolverine Blues dirilis pada tahun 1993. Album ini menampilkan perbedaan dari karya band sebelumnya, dengan pengaruh yang besar dari hard rock dan heavy metal. Perpaduan dua genre tersebut dengan death metal membuat pengamat musik menyebutnya sebagai death 'n' roll. Meskipun hal itu memecah basis penggemar band, Wolverine Blues dianggap sebagai album klasik dari death metal pada awal 1990-an.

Spoiler for Konser Live Entombed:



10. Suffocation

Top 10 Death Metal Band (Versi TS)

Sumber Ilustrasi Foto

Pada nomor penutup ada band death metal dari New York, mereka mengadopsi struktur progresif dan ritme grindcore ke death metal. Menjadikan mereka pelopor dalam gaya teknis death metal dan oleh banyak orang disebut sebagai cikal bakal death metal yang lebih brutal. Sama dengan ban seperti Immolation dan Incantation karena mereka disebut sebagai "New York death metal" yang terkenal (New York Death metal atau NYDM).

Band ini muncul pada akhir 1989 dan sejak itu memproduksi banyak rekaman dengan label Relapse Records. Band ini telah melakukan tur dunia yang luas untuk mempublikasikan album. Setelah 200 konser, band ini merekam dan merilis album live pertama mereka Close Of A Chapter: Live In Quebec City. Mereka juga merilis album berjudul Suffocation pada 2006 bersama Relapse Records, yang kembali membawa mereka ke tur dunia lainnya. Band ini juga dikenal sebagai pelopoe technical death metal selain itu mereka juga disebut sebagai brutal death metal pada perkembangannya.

Spoiler for Konser Live Suffocation:



Demikian TOP 10 death metal band versi ane berdasarkan pengaruh, popularitas serta penjualan albumnya. Sebenarnya masih banyak lagi band di scene ini gan sist, tapi TS pilihkan 10 dari sekian banyak band tersebut.

Bagi yang mau menambahkan band favoritnya silakan komen dibawah nanti, semoga tulisan kali ini bisa menambah wawasan baru buat kita semua, terutama yang tidak begitu mengenal sub genre satu ini. Ambil positifnya serta buang negatifnya, enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer


Referensi: Wikipedia, Loudwire dan dari sini
Ilustrasi: google image
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ushirota dan 41 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
Tambahan dari para agan-agan emoticon-2 Jempol

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


A
profile-picture
profile-picture
profile-picture
para7k dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
emoticon-Pertamax
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
dominan hitam...

ada gak death metal yg kostumnya pink gitu...
emoticon-Leh Uga...

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Burgerkill sama jasad juga gak kalah garang emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 6 lainnya memberi reputasi
Ane cuma tau canibal corpse he he..
Marilyn Manson gan kalau konser gila juga cuma dia bukan band

Top 10 Death Metal Band (Versi TS)
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
Diubah oleh kwh88
ajib semua bray
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
Semua Death Metal dari 1-10 suka semua emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 5 lainnya memberi reputasi
Ga pernah denger emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
Masih ada beberapa paporit ben
Terrorizer
In Flame
Carcass
Dismember
Entombed
Napalm Death pernah lihat konsernya terakhir diBlok-M Jakarta Selatan

Warbyasah mereka semua emoticon-nyantai
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
Paling Venom doang Om sisanya ane nggak terlalu paham.
Terakhir rada suka paling Killswitch Engage..
Mantaplah listnya..
emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 5 lainnya memberi reputasi
Ane memang nggak penggemar metal sejati sih,, cuma perasaan ane saja atau apa anak-anak dibawah 24 tahun makin sedikityang menggemari lagu genre ini, sekalipun ada hanya untuk pansos doang Top 10 Death Metal Band (Versi TS)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
tim Canibal Corpse mana suaranya?
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
yg aku familiar cuma obituari sama kanibal korps aja... emoticon-Malu
lebih sering dengerin metalcore, heavymetal sama japan City pop.. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
Wah-wah band legend death metal semua ini mah, favorit ane masih suffocation sih, kalo yang agak lebih muda ya the black dahlia murder
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
Gorod - Disavow your God
Winds of Plague - Anthems of Apocalypse
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Diubah oleh NecroTorture
Serem serem selera TS nya wkwkwk
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
kurang suka klo yg murni gan

suka yg ada Clean Vokal nya

masuk grnre apa ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Wahh legend semua ini gan emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
rambut mereka gondrong2 semua yaemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Tidak menyimak perkembangan metal band gan, jadi memang hanya sekedar tahu saja. Musik di dunia ini memang banyak sekali sehingga manusia suka banyak yang lalai dengan musik-musik. Para kaskuser bisa lebih sibuk yang manfaat saja.
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di