CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sejarah Simbol Ampersand dalam Tulisan, Tercipta karena Tergesa-gesa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f96b4674601cf366d0ef925/sejarah-simbol-ampersand-dalam-tulisan-tercipta-karena-tergesa-gesa

Sejarah Simbol Ampersand dalam Tulisan, Tercipta karena Tergesa-gesa

Ampersand "&" sebuah simbol yang tercipta karena tergesa-gesa saat menulis

Sejarah Simbol Ampersand dalam Tulisan, Tercipta karena Tergesa-gesa


Assalaamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Selamat datang Agan dan Sista di thread ane kali ini.


Hai! Apa kabar sahabat kaskus? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan selalu bahagia ya. Aamiin.

Agan dan Sista yang di sini dipastikan telah mahir membaca dan menulis. Sejak kecil, dimulai dari usia dini pasti telah mengenal coret-mencoret. Dari yang sengaja dibiarkan orang tua mengenal alat tulis, hingga sengaja rusuh corat-coret dinding dan kertas. Bentuk coretan pun dari usia dini gak beraturan dari membentuk garis, bentuk benda tak beraturan hingga coretan bergelombang layaknya cacing. Hayo ngaku! Iya, gak GanSist? Yuk nostalgia masa kecil yang seru itu!

Menginjak masa pendidikan taman kanak-kanak alias TK dan pendidikan bangku sekolah dasar atau SD, kita mulai dikenalkan oleh guru pengajar tentang huruf abjad serta bentuk ruang. Saat itu, kita juga diajarkan cara membaca dan menulis. Iya kan, Agan dan Sista? Ingatkan?

Semakin menginjak ke pendidikan seterusnya dari SMP, SMA hingga perguruan tinggi bahkan sampai saat ini perkembangan cara menulis pun ada gayanya. Ada yang disingkat dan ada pula yang dibiarkan alami sesuai PUEBI. Nah, Agan dan Sista pasti pernah dong menulis disingkat-singkat? Kalo ane sih, sering. Alasannya antara pengen cepetan kelar dan terburu-buru. Ada yang sama kayak ane?

Kalo di thread sebelumnya ane bahas tentang "Ponten", kali ini ane mau bahas simbol "Ampersand (&)". Mungkin sebagian besar Agan dan Sista di sini mengetahui simbol itu gunanya untuk apa. Ya, simbol itu berguna untuk menggabungkan dua kata, sebagai pengganti kata "dan". Itu sih sepengetahuan versi ane ya, GanSist.

Spoiler for Dokpri:


Ane mengenal simbol ini sejak menginjak bangku SMP. Hanya mengenal simbolnya, tetapi tidak mengetahui namanya. Ada yang kayak ane sampai saat ini?

Berbicara simbol Ampersand "&" ini ternyata keberadaan terciptanya simbol tersebut, ada sejarahnya lho, GanSist! Yuk cekidot, sejarah awalnya saat ane mencoba cari tau via internet!

Spoiler for Sejarah singkat:


Nah, di atas adalah sejarah singkat terciptanya simbol ampersand ini dalam kepenulisan, GanSist. Kira-kira di antara sahabat kaskus masih menggunakan simbol ini dalam menulis tangan, gak, ya? Kalo ane sih, masih.

Spoiler for Dokpri:


Yuk nostalgia catatan kita di buku! Apakah pernah dan masih menggunakan simbol ampersand ini dalam menulis tangan? Bagikan dan diskusi santun lagi santuy di sini, yuk, GanSist!

Cukup sekian thread ane kali ini dan semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan jejak cinta berupa cendol, rate dan komentnya.

Terima kasih, sampai jumpa lagi dan wassalam


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


Sumber: Opini pribadi dan referensi

Gambar: Dokpri dan Pixabay
profile-picture
profile-picture
profile-picture
m4ntanqv dan 69 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
Pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mampir Agan dan Sista
profile-picture
profile-picture
profile-picture
megagledeg dan 5 lainnya memberi reputasi
Yuk berbagi cerita saat menulis tangan di sini. Apakah pernah menggunakan simbol ampersand ini?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
megagledeg dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Quote:


Quote:


Dulu sering pas masih masa sekolah
Sekarang jarang nulis simbol itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah ane baru tau malah itu namanya ampersand emoticon-Hammer (S)
Nais info
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah tulisannya keren nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Dan sebagai kata sambung antara kata dengan kata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
itu simbol kalo nulis manual masih sering dipake.
tapi kalo lg ngetik di hape malah disingkat jadi "n", lebih cepet diketiknya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Keren & simple..hanya cukup jarang dipakai emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
baru tau ane namanya gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jarang make simbol ini kalau nulis tangan, kalau ngetik di ponsel sih sering

Btw, sedikit salfok ama tulisan tangannya, rapi bangetemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cupu1971 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
Jaman SMP emang masih zaman2nya nulis dikte😄 jadi serba nulis yang irit biar ga pegel🤭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
turkusuma dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Apa ada ketentuan penggunaan simbol itu?
Ane sering banget pake simbol itu baik nulis tangan atopun ngetik
Share infonya dimari dong
emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan miniadila memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Klo buat nulis non formal selalu pake simbol tsb
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:
waaah. Nais inpoh nih emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Info gak penting tapi menarik buat di baca, baru tau njer 🤣
profile-picture
miniadila memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Jempol
profile-picture
miniadila memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yg kasih nama ampersand siapa bre
profile-picture
miniadila memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah threadnya menarik-menarik nih menambah pengetahan kemarin soal ponten yang ane baru tau, sekarang ternyata lambang dan itu ternyata namanya ampersand, nice info gan
profile-picture
miniadila memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
yeah...... kata & itu sangat asyik digunakan, karna mempermudah penulisan kalimat, gan........
profile-picture
miniadila memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di