CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Budaya /
Bukan Hanya Bayi Manusia, Tapi Bayi Sapi Pun Ada Ritual Selapanan Loh
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f964e0910d295431149fa92/bukan-hanya-bayi-manusia-tapi-bayi-sapi-pun-ada-ritual-selapanan-loh

Bukan Hanya Bayi Manusia, Tapi Bayi Sapi Pun Ada Ritual Selapanan Loh

Ritual Unik Sunda


Bukan Hanya Bayi Manusia, Tapi Bayi Sapi Pun Ada Ritual Selapanan Loh

Negara kira memang memiliki kekayaan budaya dan adat istiadat yang sangat melimpah. Di tiap tatanan kehidupan setiap suku di Nusantara memiliki adat istiadat yang unik. Bukan hanya dalam kehidupan pribadi dan bermasyarakat. Bahkan lingkungan pun tak lepas dari kentalnya sentuhan budaya Nusantara.

Jika siklus kehidupan manusia memiliki prosesi atau ritual adat seperti pada upacara kehamilan, kelahiran, pernikahan, dan kematian. Maka pada hewan ternak pun berlaku salah satu ritual unik yang dilaksanakan untuk menyambut kehadiran bayi dari seekor sapi. Ya, sapi memiliki nilai tersendiri dalam kehidupan suku Sunda.

Hewan ini memang memiliki manfaat yang begitu besar dalam kehidupan manusia, dalam dunia pertanian misalnya. Hewan ini begitu membantu proses pembajakan dan penggemburan tanah di pesawahan. Bahkan zaman dahulu sapi dipakai sebagai penarik pedati. Begitupun dalam keseharian daging dan susunya menjadi bahan makanan yang berguna untuk manusia.

Bukan hanya manusia yang kelahirannya disambut dengan sebuah perayaan sebagai ungkapan rasa syukur. Namun, sapi yang melahirkan pun sama. Bayi-bayi sapi akan diadakan ritual mirip selapanan bayi dalam adat Jawa biasa disebut brokohan sapi.

Dalam budaya Sunda Brokohan sapi dikenal dengan ritual Ngayun orok sapi atau Marhaba orok sapi dilakukan agar si sapi kelak tumbuh sehat. Ritual yang sudah berganti dengan paduan sentuhan islami ini masih dilakukan di beberapa daerah di Jawa Barat, salah satunya Cianjur.

Bukan Hanya Bayi Manusia, Tapi Bayi Sapi Pun Ada Ritual Selapanan Loh
Persiapan acara Ngayun orok sapi

Di tempat ane, Agrabinta Cianjur selatan, acara ini dilakukan mirip acara ngayun atau selapanan bayi manusia. Hanya saja lebih dalam lingkup sederhana. Yang wajib ada dalam ngayun orok sapi ini adalah, nasi tumpeng lengkap dengan lauk pauknya. Sayur umbut kelapa atau angeun humut, ketupat, bubur ketan gula merah dan aneka kue basah khas Sunda lainnya.

Bukan Hanya Bayi Manusia, Tapi Bayi Sapi Pun Ada Ritual Selapanan Loh
Tumpeng, sajian wajib pada Ngayun orok sapi

Bukan Hanya Bayi Manusia, Tapi Bayi Sapi Pun Ada Ritual Selapanan Loh
Ketupat

Bukan Hanya Bayi Manusia, Tapi Bayi Sapi Pun Ada Ritual Selapanan Loh
Angeun humut atau sayur umbut kelapa

Acara diadakan setelah isya, dengan mengundang para warga yang dipimpin oleh seorang kiyai atau ustaz. Dalam kenduri ini seperti biasa diadakan doa-doa dan sholawat, kemudian diakhiri dengan pembacaan kitab Barjanzi yang sering dipakai dalam acara Marhaba atau ngayun bayi.

Bukan Hanya Bayi Manusia, Tapi Bayi Sapi Pun Ada Ritual Selapanan Loh

Sapi hamil selama 9 bulan mirip dengan manusia. Pada era sebelum kedatangan Islam ritual ini masih kental dengan mantra-mantra yang dirapalkan para tetua kampung. Namun, setelah kedatangan Islam di wilayah Jawa Barat maka mantra-mantra itu diganti dengan doa-doa dan sholawat.

Biasanya anak-anak akan antusias mengikuti kenduri ini. Apalagi yang ditunggu selain mendapat berkat nasi tumpeng lengkap dan ketupat. Biasanya air yang dibacakan doa ketika ritual dilaksanakan akan diberikan kepada sapi untuk dimandikan dan diminum.

Nah, itulah ritual unik dalam rangka menyambut kelahiran bayi sapi, Gansis. Bagaimana dengan daerah Agan Sista apakah memiliki ritual serupa? Yuk ceritakan di kolom komentar. Jangan lupa diskusi dengan santun, ya☺️.

Terima kasih sudah mampir di thread ane kali ini, jangan lupa baca thread lainnya.

Jangan lupa cendol dan komennya, plus ditunggu rate-nya, ya Gansis

Opini pribadi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagogkritikal dan 33 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh zatilmutie
Halaman 1 dari 3
Pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 8 lainnya memberi reputasi
Ngayun orok sapi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 8 lainnya memberi reputasi
Ritual unik di Sunda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 6 lainnya memberi reputasi
Wahhh adatnya unik ya, menghargai sapi sebagai pembantu manusia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Oh, ritualnya begitu ya! Dulu bapak simbok bikin nasi among-among klw sapi lahiran, nasi dibagi2 ke tetangga sebelah, sekarang sdh tidak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mosok sih baru tahu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Di ane dulu ada tp cuma anak kecil yg ikutan , kaya syukuran mau metik padi (miwit) dan dikaaih cendol segelas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Wah baru tau nih, Sista. Unik nih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Wahh malah baru tau ane sapi aja pas lahir ada perayaan juga emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Spesial bangt yaa hewan ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 5 lainnya memberi reputasi
wah ada ritual juga sapi yaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 4 lainnya memberi reputasi
baru tau dan sangat unik emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 5 lainnya memberi reputasi
pengen deh liat ritual iji secara langaung pasti seruuu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 5 lainnya memberi reputasi
Mungkin ini dilakukan di beberapa daerah saja ya, karena jujur saya baru tahu juga soal informasi seperti ini, tetapi menarik untuk diketahui.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 4 lainnya memberi reputasi
Uniknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 4 lainnya memberi reputasi
Benar-benar ritual yang unik, Ane orang Sunda tapi baru tahu, lho. Terima kasih, threadnya sangat informatif 🤩
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


Kiyai/ustadz asli atau abal2 nih?

Quote:


Bid'ah dholalah. melanggar Hadits Riwayat Muslim no. 1718. Menurut gue sebaiknya budaya tidak perlu dihubungkan atau dicampurkan dgn agama..

Tujuannya apa? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zatilmutie dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh egag.logika
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
etdah..selapanan anakku aja gak segitunya...

hehehehe... jadi mirip budaya hindu, gak sih? 🤔🤔
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 4 lainnya memberi reputasi
Mantap sis, bacanya pagi" pas laper pula
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 4 lainnya memberi reputasi
Kebudayaan yang beragam , itulah ciri khas bangsa Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di