CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Bali /
[COC Reg. Bali] Mengenal Trunyan Dan Tradisi Pemakaman Uniknya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f950e079a972e528c392ed6/coc-reg-bali-mengenal-trunyan-dan-tradisi-pemakaman-uniknya

[COC Reg. Bali] Mengenal Trunyan Dan Tradisi Pemakaman Uniknya


[COC Reg. Bali] Mengenal Trunyan Dan Tradisi Pemakaman Uniknya

Trunyan, mungkin nama ini tak asing di telinga kita. Trunyan adalah sebuah desa adat di Bali. Desa ini juga dikenal dengan Bali Aga yang dihuni oleh suku asli Bali. Desa ini terletak di Kecamatan Kintamani, kabupaten Bangli, tepat di kaki bukit yang mengelilinginya.

Halo GanSist, jumpa lagi dengan ane, Mayya Rossa, penyaji thread inspiratif dan informatif. Nah, ada apakah di Trunyan?

Trunyan sendiri sebenarnya adalah nama sebuah pohon, yaitu Taru Menyan. Dan di sini, ada salah satu tradisi pemakaman yang unik, yaitu Mepasah. Dalam pemakaman Mepasah sendiri, jenazah tidak dikuburkan ataupun dikremasi, tapi hanya diletakkan di tanah.

Di Trunyan, ada 3 kompleks pemakaman, yaitu:

1. Kuburan Suci atau Sema Wayah.

[COC Reg. Bali] Mengenal Trunyan Dan Tradisi Pemakaman Uniknya

Kuburan ini dianggap paling suci. Pemakaman di sinilah yang dilakukan dengan cara Mepasah, yaitu jenazah tinggal diletakkan di sini, di bawah pohon Taru Menyan. Jenasah hanya diberi kain, bagian kepalanya dibiarkan terbuka, lalu dimasukkan ke dalam ancak/semacam keranda/peti dari anyaman bambu. Namun, yang bisa diletakkan di sini hanya 11 jenazah saja. Bila ada jenazah baru, maka jenazah yang lama akan dipindahkan ke sampingnya, ditumpuk tulang belulangnya.
[COC Reg. Bali] Mengenal Trunyan Dan Tradisi Pemakaman Uniknya

Saat meletakkan jenazah ini, juga disertakan barang-barang almarhum semasa hidup, seperti sepatu, sandal, sisir, piring, gelas, dll. Jadi, orang mati di sini diposisikan seperti orang hidup yang masih memerlukan segala peralatan. Dan di sinilah keunikannya.

[COC Reg. Bali] Mengenal Trunyan Dan Tradisi Pemakaman Uniknya

Meskipun jenazah hanya diletakkan di sini, tapi tak tercium bau busuk sedikit pun. Hal ini diyakini karena adanya pohon Taru Menyan di area pemakaman tersebut. Konon, pohon ini paling baik tumbuh di Bali Aga ini. Bau harumnya bisa menetralisir bau mayat.
[COC Reg. Bali] Mengenal Trunyan Dan Tradisi Pemakaman Uniknya

Jenazah yang diletakkan di sini pun tak sembarangan. Hanya orang yang sudah berumah tangga, bujangan, anak kecil yang sudah tanggal semua gigi susunya, serta meninggal dalam keadaan wajar dan tak ada luka yang belum sembuh.

Bagi yang tak memiliki kriteria seperti di atas, maka, jenazah akan dikuburkan.

2. Sema Muda

Tempat ini untuk menguburkan anak-anak yang belum tanggal gigi susunya.

3. Sema Bantas

Tempat ini untuk menguburkan orang yang meninggal dengan cara yang tak wajar seperti kecelakaan atau bunuh diri, juga orang yang masih ada luka yang belum sembuh.

Selain areal pekuburan ini tak menimbulkan bau busuk, ada yang unik lagi dari desa ini, yaitu, wanita desa Trunyan tak boleh mengantar jenazah atau pun mengunjungi makam kerabatnya di sini. Bila hal ini dilanggar, dipercaya akan terjadi gempa bumi atau letusan gunung berapi. Wah!

Tertarik datang ke sini? Agan Sista bisa menyeberangi Danau Batur dengan perahu motor dari dermaga Kedisan. Lama perjalanan hanya 20-30 menit. Agan Sista juga bisa menyewa guide agar bisa mendapatkan penjelasan lebih dalam tentang desa adat ini.

Referensi dan sumber gambar:
1. Di sini
2. Di sini
3. Di sini

Jogja, 25 Oktober 2020

Dari ane, yang udah ke Bali tapi belum sempat ke Trunyan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
japarina dan 27 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Unik tradisinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
di situ ada pemandian air hangat yg mantap..
banyak pemandangan bagus..
kalo mau nyebrang lewat pelabuhannya aja,, harganya jelas
jangan di jalan2 banyak calo nya soalnya.. harganya getok..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
pengen wisata kayak gini deh kalo ke baliii
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Seremm ihh ane wisata kepantainya aja deh kalau pas kebali emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mayyarossa dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
dulu katanya bau wangi pohonnya bisa nyampe Banyuwangi emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mayyarossa dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ane juga pernah ke bali, belum peenah kesini. Baru tau juga ada desa kaya gini.
profile-picture
profile-picture
mayyarossa dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nice info Sist..
profile-picture
profile-picture
mayyarossa dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane belum pernah mampir hanya melihat makam dari kejauhan,dari atas perahu saja,pemandangan indah dan asri serta sejuk dan dingin udaranya...Gan emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
mayyarossa dan fira262 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Sama gan.. ane pun ke bali cuma wisata aja.. liat kuburannya pun dari kejauhan. Ngeri ane gan
profile-picture
profile-picture
mayyarossa dan siapika memberi reputasi
Diubah oleh sunshii32
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Sebenernya tertarik utk wisata budaya2 kek gini termasuk di bali. Klo baca ato denger soal trunyan sih penasaran sama keunikannya, cuma klo ke bali ya gak tau juga bakalan kesampaian apa kagak dipikir2 lagi kok serem jg ya wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mayyarossa dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Tengkoraknya bisa dibawa pulang gak sih?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mayyarossa dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
merinding emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
mayyarossa dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
WADUH ada gambar DP nye ane salah masuk...emoticon-Takut
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Danau disekitar Trunyan emang keren gan
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dibayar 10jt terus disuruh nginep situ ane ga bakal mau

tapi kalo 15jt, mgkn ane pertimbangkan
profile-picture
profile-picture
mayyarossa dan siapika memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bali oh Bali
Indah sekali
emoticon-Genit

Banyak banget hal-hal yang bisa dieksplor dari Pulau Bali, nggak cuma pantainya aja.
profile-picture
profile-picture
mayyarossa dan siapika memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane kalo ke Bali lebih seneng main ke pura, ke desa-desa, Kintamani, Ubud, dll dibanding daerah Kuta emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
mayyarossa dan siapika memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
dari dulu pengen banget sih kesini
tapi pas waktu SMA dulu, di skip gitu desa trunyan nya
alasane banyak banget waktu itu ampai pada nakut-nakutin juga biar nggak kesana
huhuhu padahal penasaran banget pen banget kesana
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ane pernah ke bali tapi belom ke trunyan sih, pengen kesana pengen liat. Menarik sama unik tradisinya yak. Tapi katanya disana serem gitu yak
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
oh jadi Trunyan itu sebuah desa adat di Bali dan salah satu tradisi pemakamannya yang unik adalah Mepasah
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di