CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
Kerajinan Tangan Dari Limbah Berikut Bisa Jadi Bisnis Baru Buat Kamu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f93904710d295795111afff/kerajinan-tangan-dari-limbah-berikut-bisa-jadi-bisnis-baru-buat-kamu

Kerajinan Tangan Dari Limbah Berikut Bisa Jadi Bisnis Baru Buat Kamu

Buat kamu yang suka iseng bikin kerajinan tangan atau bahkan menggeluti bidang ini, kamu pasti udah gak asing lagi dong dengan kerajinan tangan yang berasal dari limbah.  Sebelum kita membahas tentang apa saja kerajinan tangan yang berasal dari limbah, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu limbah.  Limbah adalah barang sisa yang dihasilkan dari aktivitas manusia, jadi barang barang tersebut sudah tidak berguna lagi karena merupakan barang sisa. Daripada di buang di kali atau sungai lalu menyebabkan banjir, kan lebih baik kita olah kembali lalu mendapatkan duit.  Oleh karena itu mari kita bahas apa saja limbah tersebut.

Kerajinan Tangan Dari Limbah Berikut Bisa Jadi Bisnis Baru Buat Kamu

1. Limbah Plastik

Limbah ini sudah jadi makanan sehari hari sungai atau kali yang ada di Jakarta, tak heran kalo Jakarta suka banjir karena barang tak berguna yang satu ini.  Eittss jangan mentang mentang tak berguna lantas dibuang begitu saja.  Limbah yang satu ini justru dapat kita jadikan bermacam macam kerajinan tangan nih, mulai dari boneka kecil ondel ondel, hingga tas belanja pun dapat kita buat.  Jadi jangan asal buang begitu saja nih, apalagi buangnya ke kali atau sungai, pikirkan terlebih dahulu apa yang kamu bisa buat dari limbah yang satu ini.

berikut gambar kerajinan dari sendok plastik.

Kerajinan Tangan Dari Limbah Berikut Bisa Jadi Bisnis Baru Buat Kamu

2. Limbah kulit kerang

Pasti banyak dari kamu yang suka banget makan kerang, tapi yang tersisa paling banyak sudah pasti kulit kerangnya.  Kalo kita hirup aroma si kulit kerang sih udah pasti bau amis, tapi kita bisa menghilangkan bau amis tersebut dengan perendaman air jeruk nipis lalu di jemur dengan sinar matahari.  Setelah itu kita bisa lanjut deh bikin kerajinannya, kerajinan kulit kerang sangat simpel untuk dibuat kamu hanya bermodal lem tembak dan beberapa aksesoris kecil, dan tentu saja kulit kerang itu sendiri.

berikut gambar berbagai kerajinan dari kulit kerang.

Kerajinan Tangan Dari Limbah Berikut Bisa Jadi Bisnis Baru Buat Kamu

3. Tempurung kelapa

Selain bisa dijadikan mainan tradisional tempurung kelapa kerap kali dijadikan kerajinan mulai dari gantungan kunci hingga meja.  Tempurung kelapa sering kali dipilih karena mudah dibentuk sesuai dengan kehendak kita nih, kita pun dapat melapisinya dengan vernis agar hasilnya jadi lebih cantik, kalo kamu binggung ingin membuat apa dari benda yang satu ini, mulailah mencoba dengan membuat vas bunga, tapi jangan lupa untuk mengamplasnya terlebih dahulu karena kulit kasarnya dapat melukai tangan kamu.

berikut kerajinan tempurung kelapa.

Kerajinan Tangan Dari Limbah Berikut Bisa Jadi Bisnis Baru Buat Kamu

4. Kain perca

Limbah yang satu ini sangat bisa diolah menjadi banyak barang lho, dan kamu hanya perlu ide dan kemampuan menjahit.  Coba lihat deh kotak pensilmu, bisa jadi itu adalah hasil pengolahan dari limbah yang satu ini, kamu pun dapat membuat bantal kursi, masker kain, bahkan boneka lucu dari kain perca.  Kalo kamu ingin memproduksinya kamu perlu memikirkan kemasan yang cantik nih, karena kerajinan yang satu ini akan lebih menarik bila kemasan luarnya pun menarik.

berikut kerajinan dari kain perca.

Kerajinan Tangan Dari Limbah Berikut Bisa Jadi Bisnis Baru Buat Kamu

5. Sisik ikan
Sisik ikan dapat kamu temui di pasar ikan atau pesisir, ada beberapa orang membuka rumah industri untuk kerajinan yang satu ini, dan biasanya kerajinan ini dijual untuk turis atau pendatang nih.  Ada banyak kok yang dapat kamu buat dari kerajinan yang satu ini mulai dari sirkam hingga baju pun ada lho, pengolahannya kamu harus jalankan dengan hati hati karena sebelum dijadikan kerajinan biasanya limbah ini diproses terlebih dahulu sehingga menghasilkan sisik ikan yang berwarna warni dan bebas dari bau amis.   

Kerajinan Tangan Dari Limbah Berikut Bisa Jadi Bisnis Baru Buat Kamu

Dari sekian banyaknya limbah di bumi ini aku hanya membahas lima, untuk limbah lainnya silahkan kalian mencari sendiri.  Ingat ya daripada dibuang lebih baik diolah kembali dan dimanfaatkan kamu pun dapat keuntungan dari sana.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
erina79purba dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ibrei
Halaman 1 dari 2
Go greenemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan ibrei memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Woow menarik banget niih. Ane suka yang motiif kerang.. cantik
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan ibrei memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane masih mumet ngolah limbah kertas gan emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan ibrei memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Limbah kaca dan limbah ACP bisa buat apa?
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Kain perca jadi inget jaman sd gan emoticon-Malu
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Stay safe, keep our environment and go green.
profile-picture
ibrei memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Itu coba selain bentuk nanas ada juga rumah batunya patrick sama squitwot
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dulu punya stok kerang tapi uda dibuang. ternyata bisa dibuat prakarya seperti itu. emoticon-Confused

tapi kayaknya lebih menarik sendok bekas jadi lampu nanas. kelihatannya cantik dan unyu seperti di gambar. emoticon-Matabelo
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ini umum semua sih.. tapi boleh lah
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Kerajinan yg dari limbah plastik keren bgt ntuh gan 😁, bisa jadi lampu tidur 👌
profile-picture
ibrei memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Kreatif sih gan
Sangat luar biasa sekali
profile-picture
ibrei memberi reputasi
Wah ternyatabapa2 juga bisa ya gan menghasilkan dan ini juga ga susah
profile-picture
ibrei memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Yg blm pernah nyoba itu limbah no 1 sma no 5 gan
wah bener bener bisa jadi berguna banget ya limbah2 ini
Post ini telah dihapus oleh KS06
Wihhhh cantik2 deh hasilnya, kreatif2 abis ya orang22
lampu nanas nya cakep banget warna konenggg
hasilnya cakep cakep semuaaa
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di