CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sentil Gus Nur, Politikus PKB: Ngaji Tak Bisa, Apa Layak Disebut Ulama?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f93683efacb956b54469e19/sentil-gus-nur-politikus-pkb-ngaji-tak-bisa-apa-layak-disebut-ulama

Sentil Gus Nur, Politikus PKB: Ngaji Tak Bisa, Apa Layak Disebut Ulama?

Sentil Gus Nur, Politikus PKB: Ngaji Tak Bisa, Apa Layak Disebut Ulama?

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa Luqman Hakim, secara terang-terangan menilai Gus Nur tidak pantas menyandang gelar ustadz apalagi ulama.

Reza Gunadha | Hadi Mulyono
Jum'at, 23 Oktober 2020 |


Sentil Gus Nur, Politikus PKB: Ngaji Tak Bisa, Apa Layak Disebut Ulama?
Sentil Gus Nur, Politikus PKB: Ngaji Tak Bisa, Apa Layak Disebut Ulama?
Gus Nur (dok pribadi)

Suara.com - Kemelut pendakwah Sugi Nur Rahardja alias Gus Nur dengan organisasi Nahdhatul Ulama (NU) mendapat beragam tanggapan dari sejumlah pihak.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa Luqman Hakim, secara terang-terangan menilai Gus Nur tidak pantas menyandang gelar ustadz apalagi ulama.

Sebab menurutnya, Gus Nur tidak menguasai ilmu agama dan hanya bisa berceramah untuk menebar kebencian dan caci maki.
“Ngaji tidak bisa. Ucapannya penuh caci maki, bohong dan fitnah. Apakah layak orang macam ini digelari ulama? Apakah sengaja ingin merusak gelar ulama?” kata Luqman Hakim dikutip Suara.com dari hops.id, Jumat (23/10/2020).

Lebih lanjut Luqman Hakim mengatakan, seorang ulama tidak mungkin menghina, mencemooh atau menyebarkan fitnah. Oleh sebab itu, ia berharap pihak kepolisian bertindak tegas terhadap figur-figur seperti Gus Nur.

Sentil Gus Nur, Politikus PKB: Ngaji Tak Bisa, Apa Layak Disebut Ulama?
Politisi Luqman Hakim soal Gus Nur. (Twitter/@LuqmanBeeNKRI)

Tanggapan senada juga diungkapkan pengamat sosial politik Eko Kuntadhi yang juga menilai Gus Nur tidak pantas diberi gelar ustadz.

“Bahkan di Pengadilan Jawa Timur, dia sudah dijatuhkan hukuman 1 tahun 8 bulan, akibat bacotnya tersebut. Kini perkaranya masih dalam tahap persidangan selanjutnya,” kata Eko di saluran Youtube Cokro TV.
Eko juga menyorot ahli hukum tata negara Refly Harun, yang justru memberi panggung kepada Gus Nur untuk menjadi salah satu narasumbernya di konten Youtube Refly.

Padahal, imbuh Kuntadhi, Gus Nur tak lain hanya orang yang dianggap tak paham agama, dan selalu melemparkan kata-kata kotor saat berceramah di hadapan banyak orang.
“Saya rasa Refly pasti tahu deh, Sugik hanyalah mantan tukang obat keliling. Dia juga pemain debus untuk jualan obatnya, biar laku. Riwayat pendidikannya juga enggak jelas. Demikian juga soal pendidikan agamanya. Wong dia sendiri ngaku enggak bisa baca Al-Qur'an,” sambung Eko Kuntadhi.

Selain itu, tambah Kuntadhi, sepak terjang Gus Nur selama ini patut dikritisi karena ia dahulu hanya pemain debus, tukang obat keliling, yang tak memiliki basis agama mumpuni.

“Nah karena itulah Sugi kemudian banting setir, dari jualan obat menjadi jualan ayat," tambah Kuntadhi.
Sebagaimana diketahui, belasan anggota Aliansi Santri Jember yang dikawal anggota Banser NU mendatangi Polres Jember untuk melaporkan Gus Nur akibat pernyataannya.

"Dengan mengatakan bahwa NU sopirnya mabuk, kondekturnya teler, dan kernetnya ugal-ugalan, dan isi busnya PKI, liberal, dan sekuler. Menurut kami ini telah mencemarkan nama Nahdlatul Ulama, dan juga (dianggap) menyebarkan ujaran kebencian,” kata Ketua Dewan Instruktur GP Ansor Jember Ayub Junaedi kepada wartawan, Senin (19/10/2020)

https://www.suara.com/news/2020/10/2...ulama?page=all



profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Santa para nastak dah bersabda emoticon-Big Grin

Sentil Gus Nur, Politikus PKB: Ngaji Tak Bisa, Apa Layak Disebut Ulama?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suryazecklin dan 22 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan petani.syusyu memberi reputasi
Daripada ribut mending ngudut dulu bre
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fitsa...hats dan 3 lainnya memberi reputasi
Semua orang dipastikan pasti bisa mengaji yang merupakan kata padanan me+kaji atau "menkaji sesuatu" yang sulit dilakukan adalah berbahasa secara multiple
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Berbahaya sekali kalau orang yg ga punya latar belakang pendidikan agama yg jelas, bisa berprofesi sebagai pendakwah.
Kita ga perduli dia itu mantan pembunuh, mantan sales obat, mantan kasir pizza hut, atau mantan artis musisi pelawak bahkan mantan kafir. Yg penting sudah melalui pendidikan agama/pendakwah yg jelas dan lulus sesuai standar pendidikan untuk menjadi guru ngaji atau ustad. Menurut gw..Ga semua guru ngaji atau imam masjid itu berkopetensi untuk menjadi ustad/penceramah, harus ada jenjang yg jelas bagi para ahli agama ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Ngaji tak bisa ???

{thread_title}
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 3 lainnya memberi reputasi
Makanya yg ini butuh sertifikasi, ga cuma modal gara2 sering diundang ceramah, padahal diundang cuma untuk ngasih testimoni kenapa jd mualaf, lama2 trus disebut ustadz ato ulama, klo gitu doank kan ilmu agama ga kuat, kecuali jelas riwayatnya mondok di mana, gurunya yg siapa, dan emg sampe selesai "ngajinya"..

Jangan cuma modal sorban dan gamis juga trus orang disebut ustadz/ulama..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Yg lebih bego yg ngangkat dia jadi ulama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bener jg kata gusdur dulu. Nanti orang yg d puja pandai agama bukan orang yg pernah belajar d pesantren ......


Sama aja kuli bangunan yg bs bikin bangunan tiba2 d anggap insinyur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Yg penting anti rezim, itu udah cukup buat dapet gelar ulama dr kadrun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anakdalang dan 5 lainnya memberi reputasi
akar permasalahannya itu kan gelar "ustadz" dan "ulama" ....

yg bisa ngasih gelar itu siapa ? klo enggak ada lembaga terkualifikasi yg tidak bisa memberikan gelar tersebut yah apapun itu artinya gelar itu bisa digunakan sebebas mungkin .... emoticon-Traveller

jadi mau komen ato kritik baik / buruk gak ada gunanya ...emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 6 lainnya memberi reputasi
Dakwah itu yang adem, yang mendidik. Kalau dakwah sudah banyak caci maki, apalagi suka melaknat, itu bahaya bagi yang dengar terlebih anak².
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 3 lainnya memberi reputasi
Pesan moralnya gus nur adalah ulama palsu tak tahu malu..emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dragunov762mm dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh uratkumbang
kata ulamakk itu apa sih..?? ayo cari di kamuss... di arapp kata ini gak begitu populerr..

disini terlalu diagung2kan....

kata2 arapp jangan terlalu di hormati secara berlebihan.... anda bisa tersesat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
heyjah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
udeh di tangkep tuh ULAMA ABAL2 ..tinggal tunggu berita die mewek terkaing2 aje dee emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan petani.syusyu memberi reputasi
Bagi kadrun bangshat tai anjing yg penting anti jokowi sdh bisa disebut kyai

Ustadz gerung misalnya

Kadrun emang lebih hina dari anjing kurap


emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zoekyvalkrye dan 11 lainnya memberi reputasi
Kalau yang tak bisa mengaji/ baca Al-Qur'an,atau yang ada hubungannya dengan pengetahuan agama boleh di kritik dan di bahas,tapi yang kerjaan tukang obat keliling dll itu profesi..salesman obat ke dokter itu gak tanggung-tanggung duitnya..
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan petani.syusyu memberi reputasi
makanya pemerintah buat sertifikasi pada ga mau biar ga da ngaku ulama tapi ga bisa ngaji keilmuan ga jelasemoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 3 lainnya memberi reputasi
yang geblek jamaah yg undang si sugik ini
utk ceramah
kan maen
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tukangcilok7 dan 4 lainnya memberi reputasi
Yg bego yg dengerin si Sugik ceramah

emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di