CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
COC FORUM HEALTH VOL.3 (I dare you to know more about Health)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f92bafae83c724599341b9d/coc-forum-health-vol3-i-dare-you-to-know-more-about-health

COC FORUM HEALTH VOL.3 (I dare you to know more about Health)

COC FORUM HEALTH VOL.3 (I dare you to know more about Health)

Hallo agan dan sista semua
Jumpa lagi sama forum health dengan thread COC Forum Health vol.3

Apa kabar semua? Semoga sehat selalu ya!

emoticon-Peluk

Dalam rangka meramaikan Community Online Competition 
Forum Health mengadakan COC yang bertema (i dare you to know about health)

Jadi di thread ini ane sudah siapin 11 pertanyaan seputar kesehatan dan ane mau kalian jawab semampu kalian.
Alasannya apa? sesuai Tema-nya ane tantang agan dan sista untuk jawab semua pertanyaan sesuai dengan kemampuan gansis. ane pengen tau seberapa dalam sih gansis menangani sesuatu dalam kehidupan sehari-hari.

Gampang banget kok soalnya heheemoticon-Big Grin
Ga usah takut buat jawab yah...


Quote:




Quote:



Quote:



Selamat berpatisipasi, goodluck Dan Terimakasih



Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
masnukho dan 39 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh scorpiigirl
Halaman 1 dari 6
1.Pertolongan pertama pada orang yang mengalami henti napas atau henti jantung dalam kondisi darurat.

2. Pertama, meletakkan tubuh orang tersebut dalam posisi telentang, pada area yang datar dan aman dari bahaya. Kedua, memeriksa kesadaran orang tersebut dengan memanggilnya dan menepuk/menggoyangkan badannya. Jika tidak ada respon, langsung menghubungi layanan gawat darurat tanpa meninggalkan orang tersebut. Ketiga, mengecek napas dan denyut nadinya. 1) Jika tidak bernapas, segera memberi tindakan pertolongan dengan membuka jalan napasnya. 2) Bila masih tidak bernapas, segera memberi bantuan pernapasan. 3) Bila masih tidak merespon, segera memberi kompresi pada dada. Terus melakukan ketiga bentuk stimulasi ini sampai bantuan datang.

3. Pertama, meletakkan tubuhnya pada posisi yang datar dan aman dari bahaya. Kedua, memiringkan tubuhnya, sambil melonggarkan pakaiannya. Ketiga, terus memberikan kata-kata positif agar saudara ane tetap tenang. Terus perhatikan kondisinya sampai kejangnya selesai.

4. Istirahat, kompres air hangat, mandi air hangat, makan makanan berkuah yang hangat (bakso/soto), minum teh hangat, kalau sempat minum air kelapa (degan ijo).

5. Ya, takut. Sudah jelas, karena takut tertular Covid-19.

6. Endemik adalah penyakit yang area persebarannya sempit, alias hanya di suatu area. Epidemik adalah penularan penyakit di suatu area yang menyebar hingga ke area-area sekitarnya. Pandemi adalah penyakit yang menyebar hingga ke seluruh penjuru dunia.

7. Tidak takabur. Dan, sadar lingkungan, mulai dari lingkungan mikro sampai makro. Selalu punya pola pikir bahwa kita bisa menulari siapa saja, dan siapa saja bisa menulari kita.

8. Pemerintah dan swasta memberi reward kepada orang-orang yang paling lama tinggal di rumah saja.

9. Bisa survive bersama-sama.

10. Semoga waktu, tenaga, dan pikiran yang kalian sumbangkan mendapatkan balasan yang berkali-kali lipat lebih baik di masa depan. Ane percaya kalian orang baik. Ane percaya kalian pasti kuat, berani, dan bisa melalui ini semua dengan sehat, selamat, dan sentosa. Amin.

11. COC FORUM HEALTH VOL.3 (I dare you to know more about Health)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Papa.T.Bob
Lihat 96 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 96 balasan
1. Bantuan Hidup Dasar (BHD) adalah serangkaian pertolongan pertama yang dilakukan untuk membantu siapa pun yang mengalami kondisi henti napas, henti jantung, dan segala permasalahan kondisi kritis kesehatan lainnya.

2. Langkah-langkah yang harus dilakukan sesuai prisip BHD yaitu:

- Mengangkat dan meletakkan korban ke tempat yang aman dari jalan atau tempat aktivitas lalu lalang orang.
- Memeriksa respon korban untuk mengetahui tingkat kesadarannya, yaitu dengan menggoyangkan badan, menepuk bahu, atau dengan memanggil korban, seperti “pak/bu”.
- Setelah dipastikan kondisi korban benar-benar tidak sadarkan diri, Hubungi layanan gawat darurat atau memanggil orang disekitar untuk meminta pertolongan.
- Sambil terus memastikan kesadaran, respon, dan menghubungi layanan gawat darurat, cek nadi korban. Cara mengecek nadi dapat dilakukan dengan meletakkan dua jari di tengah tangan atau leher. Sambil ditekan dan diraba keberadaan nadi. Lakukan pemeriksaan hingga maksimal 10 detik.
- Korban yang tidak teraba denyut nadinya, masih tidak sadarkan diri, dan tidak bernapas harus segera dilakukan RJP (Resusitasi Jantung Paru). Caranya, berlutut di samping korban, letakkan dua telapak tangan dengan posisi saling bertumpu di tengah dada korban, mulai kompresi dada (menekan dada korban) dengan kedalaman 5 cm (dewasa) secara cepat, kira-kira 120 kali per menit, dan lakukan secara berulang hingga tenaga medis tiba. Sementara pada korban anak-anak, Anda dapat melakukan 30 kompresi dada dengan kedalaman 5 cm dan kecepatan 100 kali per menit.
- Setelah melakukan 30 hitungan kompresi dada, Anda juga dapat membuka jalan napas korban dengan metode head-tilt dan chin-lift dengan meletakkan telapak tangan pada dahi korban dan menengadahkan kepala korban. Gunakan tangan yang lain untuk menarik dagu korban sehingga jalan napas dapat terbuka.
- Bila korban tidak bernapas, berikan napas buatan sebagai tindakan pertolongan pertama. Berikan bantuan napas sebanyak dua kali dengan cara menutup atau memencet cuping hidung korban, kemudian tiupkan udara dari mulut kita ke mulut korban. Pastikan dada korban terangkat saat memberikan napas buatan. Berikan napas buatan 2x sambil melakukan 30 kali kompresi dada. Ulangi langkah ini sebanyak 5 kali (standar RJP).


3. Hal dasar yang akan saya lakukan terhadap anak atau saudara yang kejang demam yaitu:
- Meletakkan korban di tempat yang datar, luas dan bebas, sehingga anak tidak akan terbentur atau tertimpa benda tertentu saat kejang.
- Memposisikan anak tidur menyamping, untuk mencegahnya tersedak saat kejang.
- Melonggarkan pakaiannya, terutama pada bagian leher.
- Tidak menahan terlalu berlebihan dan menenangkan anak tersebut agar lebih nyaman.
- Catat berapa lama anak mengalami kejang.
Amati kondisinya saat kejang, terutama bila dia kesulitan bernapas atau wajahnya menjadi pucat dan kebiruan. Ini menandakan bahwa ia kekurangan oksigen dan membutuhkan penanganan medis secepatnya.
- Jika memungkinkan, rekam kejadian saat anak sedang kejang, sehingga dokter bisa mengetahui dengan pasti seperti apa kejang yang dialami anak.


4. Ketika saya demam dan flu, yang saya lakukan agar kembali fit (selain minum obat) adalah:
- Banyak minum air putih
- Mengkonsumsi minuman hangat
- Beristirahat
- Perbanyak konsumsi buah dan sayuran
- Berkumur dengan air hangat dan garam
- Menghirup aroma minyak kayu putih
- Mandi dengan air hangat
- Konsumsi rempah-rempah yang hangat
- Minum madu dan air hangat

5.Takut. Karena penyebaran corona yang tidak bisa dilihat. Tetapi, asalkan kita tetap mematuhi protokol kesehatan saat berobat.

6. Arti dari:
- Endemik adalah keadaan atau karakteristik wilayah/ lingkungan tertentu yang ada hubungannya dengan penyakit, dan penyakitnya bersifat frekuensi rendah.
- Epidemik adalah penyakit menular yang berjangkit dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak korban. Misalnya penyakit yang tidak secara tetap berjangkit di daerah itu.
- Pandemi adalah wabah patogen baru yang menyebar dengan mudah dari orang ke orang di seluruh dunia. Wabah penyakit ini sifatnya menular dan memiliki garis infeksi berkelanjutan.

7. Menurut saya langkah yang harus masing-masing orang lakukan selama pandemi yaitu menjaga kesehatan dan tetap mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, menggunakan hand sanitizer, dan menjaga jarak. Serta mengingatkan orang disekitar kita untuk tetap mengikuti protokol kesehatan khusunya kepada para pelanggar peraturan yang sudah ditetapkan.

8. Ide saya untuk mengurangi penyebaran virus corona di indonesia adalah dengan menciptakan sebuah alat peringatan ditempat-tempat umum. Nama alatnya Strict Warning, dimana alat ini akan memantau pergerakan masyarakat, dan otomatis akan memperingatkan apabila terlihat masyarakat ada yang berkerumun, tidak jaga jarak, atau tidak pakai masker. Selain itu juga alat ini dapat dilengkapi dengan pemenuhan kebutuhan hand sanitizer dan masker sekali pakai untuk masyarakat disekitar alat ini dipasang.

9. Harapan terbesar saya di situasi pandemi seperti ini yaitu seluruh masyarakat (termasuk saya) untuk dapat tetap menjaga protokol kesehatan seperti memakai masker, memakai hand sanitizer, dan menjaga jarak. Serta untuk pemerintah selain juga menjaga protokol kesehatan, juga memenuhi hak-hak masyarakatnya. Sehingga harapan terbesar kita bersama yaitu pandemi ini segera berakhir dapat terwujud.

10.Doa dan semangat untuk para medis yang sedang berjuang melawan virus corona:
“ Semoga amal ibadah, segala upaya, dan kucuran keringat dari para medis sekalian mendapat balasan yang berlipat ganda dari Tuhan” dan “Tetap semangat para medis, kalian adalah benteng kami. Kami tau kalian sangat kokoh dan takkan tergoyahkan oleh virus ini”.

11. COC FORUM HEALTH VOL.3 (I dare you to know more about Health)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh abdulqadirz
Lihat 57 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 57 balasan
Quote:


Menjawab soal kali yah maksudnya emoticon-Embarrassment

Quote:


Maksudnya gmn ya? Caranya gmn?


Anyway, jawaban boleh diedit?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 3770372
Lihat 29 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 29 balasan
Quote:


Quote:




Quote:



Quote:


Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:




Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
istijabah dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh masnukho
Lihat 42 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 42 balasan
1. Pertolongan pertama yang diberikan kepada seseorang yang mengalami henti napas atau henti jantung.

2. Pertama jangan panik. Kalo panik pasti bingung mau ngapain. Sebelumnya alangkah lebih baik mencari bantuan dengan menghubungi layanan kesehatan, jangan ditinggalin tapi korbannya, tetap di sampingnya. Langkah pertama posisikan orang tersebut dalam posisi telentang. Tepuk-tepuk atau guncang perlahan tubuhnya, ini biasanya ane liat di film-film. Kalo masih belum ada respon, cek denyut nadi dan letakkan kuping di dada orang tersebut. GanSist harus tetap tenang seandainya denyut yang kita cari ternyata hilang😨. Mulai lakukan langkah BHD. Caranya letakkan dua telapak tangan dengan posisi saling bertumpu di tengah dada korban, mulai kompresi dada (menekan dada korban). Lakukan terus hingga bantuan datang.

3. Tetep tenang, ketenangan perlu dalam situasi darurat. Hal pertama jika saudara kejang adalah jangan sampai saudara kita menggigit lidah dalam kondisi demam dan kejang. Letakkan kain di mulut korban, kain ini berfungsi untuk mencegah korban menggigit lidah tanpa sadar. Korban diletakkan di tempat aman, jangan sampe ada benda yang dapat membahayakan di sekitar korban. Ketiga lepas baju korban jika pakaian yang dipakai terlalu tebal. Posisikan badan menyamping untuk mencegah tersedak. Peluk korban, jangan dipeluk dengan kekuatan penuh, cukup peluk korban dan berikan kata-kata positip di telinganya. Segera cari pertolongan dengan membawa korban ke pusat kesehatan terdekat.

4. Ane kalo udah merasa badan nggak enak, minum madu biasanya. Jika sudah demam dan flu, ane perbanyak minum air putih dan minum susu steril. Tetep memaksakan makan meskipun lidah menolak. Berpikir positip jangan dibawa stres apalagi kepikiran kena corona. Minun vitamin dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin yang dapat mengembalikan daya tahan tubuh. Jangan lupa banyak istirahat dengan tidur, bukan istirahat sambil main game apalagi ghibah.

5. Takut banget yang namanya pergi ke pusat kesehatan, jangankan ke rumah sakit ke puskesmas aja ane takut. Karena penyebaran virus corona ini amat cepat dan pembawa virus tidak terlihat sedang sakit. Sehingga kita benar-benar gak tau mana yang sehat mana yang sakit. Yang ada kita bawaannya was-was dan selalu berprasangka buruk. Apalagi rumah sakit yang jelas-jelas pasti tempat orang sakit, salah satunya penderita corona.

6. Endemik adalah penularan penyakit tertentu yang area penyebarannya sempit atau tidak luas.
- Epidemik adalah penyebaran penyakit menular dengan cepat di daerah yang lebih luas dan mengakibatkan jatuhnya banyak korban.
- Pandemi adalah wabah baru yang menyebar dengan mudah dari satu orang ke orang lain dan terjadi di seluruh dunia.

7. Harus bisa saling mengingatkan tentang bahaya yang sedang mengancam. Saling memberi pengertian dan semangat. Jangan sombong seolah-olah ini hanya lelucon.

8. POM Bensin ditutup selama sebulan, dengan begitu orang-orang nggak punya bahan bakar untuk kendaraannya. Yang mana orang zaman sekarang paling males jalan kaki apalagi jika jarak yang ditempuh jauh, secara otomatis akan tetap di rumah saja, yang memungkinkan hanya keluar untuk memenuhi dapurnya saja.

9. Harapan terbesar pastinya pandemi segera berlalu dan ekonomi kembali normal kembali.

10. Semoga seluruh tenaga medis tetap kuat dan tegar dalam melaksanakan tugasnya, selalu diberi kesehatan dan keselamatan dalam bekerja. Tetap semangat, doa kami semua selalu menyertai kalian. Fighting!!!

11. COC FORUM HEALTH VOL.3 (I dare you to know more about Health)
Di rumah ane karena ada bayik dan anak-anak, ane pasti selalu siaga. Yang wajib ada di rumah
*Termometer suhu, ini berguna untuk mengetahui seberapa panasnya suhu badan anak. Pernah ane sampe panik, karena menurut ane hanya demam biasa, badannya pun menggigil, dingin, pas ane cek suhunya ampe hampir 40 derajat celcius, tanpa babibu ane langsung bawa ke ugd, khawatir kejang.

*Paracetamol. Kalo untuk bayi ane kasih yang drop atau sirup. Untuk dewasa pake tablet

*Kain kasa, obat merah untuk jaga-jaga jika terkena luka gores.

*Obat sakit perut, ini penting banget menurut ane. Kebayang malam-malam kena diare, bingung kan mau cari obat di mana

*Obat lambung, obat sakit kepala, vitamin, obat untuk luka memar jika terpentuk atau kejedot bagi yang punya anak yang lagi aktip-aktipnya

*Obat batuk, obat tetes mata, obat masuk angin

*Vitamin plus madu, ini buat stamina
profile-picture
profile-picture
profile-picture
istijabah dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 114 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 114 balasan
1. Apa sih yg kamu tahu tentang BHD (bantuan hidup dasar)?


Adalah berupa bantuan eksternal untuk penyelamatan sehubungan dengan kejadian henti napas dan jantung. Bantuan terhadap berhentinya cara kerja jantung dan napas seseorang, berupa penyelamatan akan nyawa seseorang seperti melihat respon korban, mengecek nadinya dan memberi napas buatan. Lalu menghubungi pihak layanan gawat darurat bila kondisi korban sangat serius.


2. Suatu hari kamu sedang berpergian. Tiba-tiba ada seseorang dan ia langsung tidak sadarkan diri. Apa langkah yg kamu lakukan dengan menggunakan prinsip BHD?


Adalah tetap tenang, jangan panik dan jadilah penolong yang tepat. Lalu rebahkan korban dalam posisi aman, angkat kakinya agar tidak sejajar dengan jantung demi menghindari sesak sekitar 30 cm. Dengan begitu darah dapat mengalir dengan baik ke otak. Longgarkan pakaian, kancing atau dasi. Hindari dari kerumunan sebisa mungkin. Berteriak lah pada korban dengan kencang, atau menepuk perlahan semakin kencang. Jika tidak berhasil, lakukan langkah CPR, dengan meletakkan kedua tapak tangan, siku usahakan sejajar dan menekan seperti memompa secara perlahan beraturan. Jalan terakhir adalah memberi napas buatan kemudian segera melarikannya ke rumah sakit. Bila ternyata korban sadar, segera memberinya minum dan makanan yang manis.


3. Penanganan dasar apa yang akan kamu lakukan ketika anak atau sodara kamu tiba-tiba mengalami kejang demam di rumah?


Berusaha tenang, longgarkan pakaian anak, baringkan dengan posisi miring untuk membuatnya nyaman bernapas dan menghindari muntah yang tiba-tiba. Kalau kejang sudah melebihi batas lima menit, segera lah bawa ke dokter. Usai anak melewati kejangnya dan kembali normal, biarkan anak tidur untuk melepas lelahnya. Pasti anak akan sangat merasa nyaman dan tertidur lelap.


4. Ketika kamu demam dan flu apa yang selalu kamu lakukan agar demam mu turun dan kamu kembali fit? (Selain minum obat)


Andalan ane tentunya paling utama adalah air hangat. Mandi dengan air hangat, perbanyak minum dengan air hangat, merendam kaki dengan air hangat dan mengompres hidung dengan air hangat. Menghirup uap air panas juga sangat membantu meredakan hidung tersumbat, jangan lupa berkumur dengan air garam untuk menghilangkan bakteri penyebab flu. Memijat hidung bagian kanan kiri atas secara bersamaan sambil tiduran. Dan jangan malas bergerak, lakukan latihan fisik ringan, seperti berjalan santai sekitar rumah.


5. Di situasi pandemi sekarang ini. Apakah kamu takut untuk berobat ke rumah sakit? Kalo iya, mengapa?


Jangankan saat Pandemi, sewaktu sebelum Pandemi saja ane berusaha menghindari masuk rumah sakit. Alasannya adalah banyak kuman dan sumber penyakit berkumpul di sana. Kecuali ruangan yang benar-benar sudah dibuat steril.


6. Jelaskan masing-masing apa itu endemik, epidemik dan pandemi...


Endemik yakni situasi di mana suatu penyakit selalu muncul tanpa diprediksi namun kecil kemungkinan menyebar ke luar daerah.

Epidemik yakni wabah atau penyakit yang menyebar dengan luas dan berpindah ke luar daerah dalam jumlah yang besar. Wabah ini berkembang dengan cepat di suatu area geografis.

Pandemi yakni wabah yang menyebar ke seluruh penjuru dunia, sudah tahap internasional, tidak terkontrol dan tidak sulit terkendali. Penularan disebabkan adanya kontak dan interaksi pada suatu kumpulan yang menjadi awal penularan setempat.



7. Menurut kamu di situasi pandemi ini. Langkah apa yang harusnya masing-masing orang lakukan. Mengingat masih banyak orang-orang yang melangar peraturan yg sudah di tetapkan?


Harus dimulai dengan kesadaran diri, disiplin penuh dan saling mengingatkan untuk tidak egois.


8. Apa kamu punya ide inovatif untuk mengurangi penyebaran virus corona di Indonesia? Jelaskan.


Hindari perkumpulan sebisa mungkin, misalnya ide yang masuk akal adalah meniadakan tempat singgah seperti halte, tempat duduk di warung atau tempat makan dan keramaian lainnya.


9. Apa harapan terbesar mu di situasi pandemi Seperti sekarang ini?


Bukan hanya harapan ane, akan tetapi pastinya harapan semua orang adalah virus Corona menghilang tanpa jejak selamanya di mana kondisi kembali normal seperti biasanya, tanpa ada rasa khawatir dan takut akan virus misterius tersebut.


10. Tuliskan doa dan semangat mu kepada tenaga medis yang sedang berjuang melawan virus Corona ini.


Tetap kuat dan semangat, jaga kesehatan selalu, makan makanan bergizi dan sehat. Jangan lupa berpikir positif dan hati yang bersih juga berdoa. Semoga selalu dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Aamiin.


11. Perlihatkan persediaan obat-obatan/p3k yang ada di rumah.


COC FORUM HEALTH VOL.3 (I dare you to know more about Health)


Sekian dan Terima kasih 😊
profile-picture
profile-picture
profile-picture
istijabah dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh embunsuci
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 18 balasan
Jejak wkwkwk ...
Ntar isi ya pi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
milsaka dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
1. Bantuan Hidup Dasar (BHD) adalah serangkaian usaha awal untuk mengembalikan fungsi pernapasan atau sirkulasi pada seseorang yang mengalami henti napas/jantung.

2. Yang ane lakukan jika menemui orang yang tiba-tiba pingsan di jalan yaitu :

a. Pertama-tama, pindahkan ke lokasi yang aman dan nyaman. Jika penyebab pingsan karena cuaca panas, maka pindahkan ke tempat yang lebih teduh agar dia mendapat udara segar.

b. Minta bantuan orang untuk segera menghubungi ambulans. Sembari menunggu bantuan datang, periksa kondisi orang tersebut.
c. Periksa denyut nadi yang ada di leher. Lalu posisikan telentang dan naikkan kakinya kurang lebih 30 cm lebih tinggi dari dada. Ini bertujuan untuk mengembalikan aliran darah kembali ke otak.

d. Longgarkan pakaiannya. Dekatkan minyak kayu putih atau yang sejenisnya ke hidung orang tersebut.

e. Jika sadar, segera beri air minum, seperti teh manis hangat. Ini bertujuan untuk meningkatkan gula darah. Jika dia muntah, miringkan tubuhnya supaya tidak tersedak muntahannya sendiri.

3. Jika anggota keluarga ada yang demam atau kejang, maka tindakan pertama yang ane lakukan adalah membaluri tubuhnya dengan minyak kayu putih yang dicampur parutan bawang merah, lalu kompres keningnya dengan air hangat.
Apabila kejang, maka ane akan membaluri tubuhnya dengan minyak kayu putih dan sejenisnya. Usahakan agar dia tetap terjaga. Pijit telapak kakinya sambil dibaluri minyak kayu putih. Apabila kejang masih berlanjut, segera bawa ke rumah sakit terdekat.

4. Apabila ane demam atau flu, maka ane akan perbanyak minum air putih, perbanyak makan buah dan membaluri pelipis, leher dan tengkuk dengan minyak angin aroma terapi. Lalu perbanyak istirahat dan jangan lupa makan teratur.

5. Apakah ane takut berobat ke rumah sakit di situasi seperti sekarang? Ya tentu saja ane takut. Sebab rumah sakit adalah tempat evakuasi pasien covid. Ane takut tertular dan akan menulari keluarga ane.

6. - Endemik adalah penyakit yang terus-menerus ada di suatu dearah tertentu dan tidak menyebar dengan cepat ke daerah lainnya. 
- Epidemik adalah penyakit menular yang berjangkit dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak korban dengan jumlah peningkatan di atas normal.
- Pandemik adalah wabah patogen baru yang menyebar dengan mudah dari orang ke orang di seluruh dunia dalam jumlah besar.

7. Langkah yang perlu diambil masing-masing orang di situasi saat ini adalah peningkatan kesadaran diri masing-masing, bahwa pandemi ini bukan kaleng-kaleng. Serius memang virus covid-19 ini benar-benar ada. Dan sebagai bentuk kesadaran, patuhlah pada protokol kesehatan ketika keluar rumah, seperti memakai masker, selalu cuci tangan sebelum dan sesudah mengunjungi suatu tempat, serta menghindari kerumunan.

8. Untuk mengurangi penyebaran virus, ane akan menciptakan sebuah alat pembasmi virus berupa sinar laser yang aman bagi tubuh, tapi ampuh membunuh virus dalam sekali sorot.

9. Harapan terbesar ane di situasi saat ini, semoga wabah covid-19 segera berakhir dan situasi kembali normal seperti dulu. Jujur ane kangen hidup bebas tanpa perlu khawatir apabila mau keluar rumah seperti sebelum pandemi melanda.

10. Doa ane buat tenaga medis yang saat ini sedang berjuang melawan covid, semoga Tuhan memberi kesehatan dan selalu melindungi kalian dari virus yang ada di hadapan kalian. Tetap semangat ya, Pak Dokter, Bu Dokter, dan para medis lainnya. Percaya saja jika Tuhan tidak akan membebani musibah di luar batas kemampuan hamba-Nya. Tetap optimis, bahwa pandemi ini kan segera berakhir.

11. COC FORUM HEALTH VOL.3 (I dare you to know more about Health)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
istijabah dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 28 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 28 balasan

List of Participants

profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh eghy
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
Ninggalin Jejak Semoga Bisa ikutan Min emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
milsaka dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 21 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 21 balasan
Wow Tentang Kesehatan nich. Semoga Bisa Ikutan Acara nya nich kk emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
milsaka dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 27 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 27 balasan
1. Apa sih yg kamu tahu tentang BHD (bantuan hidup dasar)?
A: Suatu alur tindakan untuk mengembalikan fungsi napas dan atau fungsi jantung ketika terjadi henti napas dan atau henti jantung.

2. Suatu hari kamu sedang berpergian. Tiba-tiba ada seseorang dan ia langsung tidak sadarkan diri. Apa langkah yg kamu lakukan dengan menggunakan prinsip BHD?
A: Saya akan langsung menghubungi nomer telepon gawat darurat di negara tersebut. Apabila di Amerika, pastinya ke 911. Kl Indonesia bisa menghubungi layanan ambulans di 118 atau 119. Mengingat BHD hanya boleh dilakukan oleh tenaga terlatih yang telah memiliki pengetahuan tindakan BHD secara tepat. Dan tidak boleh dilakukan tanpa pengawasan tenaga terlatih.

3. Penanganan dasar apa yang akan kamu lakukan ketika anak atau sodara kamu tiba-tiba mengalami kejang demam di rumah?
A: Kl kejangnya parah, untuk tindakan darurat bisa menyisipkan sehelai kain di gigi ybs supaya tidak pasien ybs tidak menggigit lidahnya sendiri. Lalu telepon ambulans terdekat (bisa ke 118/119 atau rumah sakit terdekat).

4. Ketika kamu demam dan flu apa yang selalu kamu lakukan agar demam mu turun dan kamu kembali fit? (Selain minum obat)
A: Makan dan minum yang bergizi. Dan pastinya makanan dan minuman tersebut disesuaikan dengan penyakit yg diderita oleh pasien. Istirahat yang cukup.

5. Di situasi pandemi sekarang ini. Apakah kamu takut untuk berobat ke rumah sakit? Kalo iya, mengapa?
A: Tidak takut. Mengingat kl statusnya "berobat ke rumah sakit" pasti sedang menderita sakit parah yang tidak boleh ditunda. Yang penting wajib menjalankan protap/prokes Covid-19 (wajib masker, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, pakai face shield kl perlu, dll)

6. Jelaskan masing-masing apa itu endemik, epidemik dan pandemi...
A: Endemik dan pandemi berhubungan dengan penularan penyakit. Hanya cakupan wilayahnya saja yang berbeda. Dikatakan endemik jika cakupan penyebaran penyakitnya hanya bersifat lokal. Misalnya hanya ada di satu kota, satu pulau, bahkan di satu negara. Dengan tidak terjadinya penularan di luar wilayah tersebut.
Dikatakan pandemi jika cakupan penyebarannya jauh lbh luas dari endemik. Yaitu ketika penyakitnya menyebar di luar wilayah endemik karena adanya pola penyebaran antar pembawa (carrier) dari suatu jenis penyakit (virus, bakteri, dll).
Sedangkan epidemik terjadi ketika adanya kasus penyakit baru yg terjadi di suatu wilayah.
Misalnya: Ketika Covid-19 hanya terjadi di Wuhan maka disebut epidemik. Ketika Covid-19 menyebar ke seluruh daratan Tiongkok maka disebut endemik. Ketika Covid-19 menyebar ke seluruh dunia akibat terjadi pola penyebaran carrier, yaitu manusia, maka disebut pandemi.


7. Menurut kamu di situasi pandemi ini. Langkah apa yang harusnya masing-masing orang lakukan. Mengingat masih banyak orang-orang yang melangar peraturan yg sudah di tetapkan?
A: Wajib menerapkan protap/prokes Covid-19. Wajib masker, bawan hand sanitizer sendiri, pake face shield kl perlu, kl ada wastafel ya cuci tangan dengan sabun, dll...

8. Apa kamu punya ide inovatif untuk mengurangi penyebaran virus corona di Indonesia? Jelaskan.
A: Yang penting harus dimulai dari diri sendiri dulu. Pakai masker, hand sanitizer, face shield kl perlu, cuci tangan, dll... Mengurangi penyebaran sih sebenernya ide yang muluk-muluk. Krn banyak yang ngga peduli jg terutama dengan protap/prokes Covid-19. Dan ekonomi bisa hancur kl sama sekali tidak ada perputaran uang.

9. Apa harapan terbesar mu di situasi pandemi Seperti sekarang ini?
A: Supaya pandemi ini segera berakhir dengan ditemukannya sebuah vaksin yang mujarab tanpa trial & error.

10. Tuliskan doa dan semangat mu kepada tenaga medis yang sedang berjuang melawan virus Corona ini.
A: Jangan patah semangat bagi garda terdepan di mana pun kalian berada yang menangani Covid-19 baik secara langsung maupun tidak langsung.

11. Perlihatkan persediaan obat-obatan/p3k yang ada di rumah, mobil, tempat kerja atau tas mu yah gansis emoticon-Smilie *pake watermark yaa
A: https://thesungod.xyz/yCndIgCh.jpeg
Ngga terlalu lengkap sebenernya. Tapi minimal ada desinfectan, kain kasa, plester, obat2 ringan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
milsaka dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh honinbo
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Wedeh udah rame aja emoticon-Belo
Semalem mau ngetik malah ketiduran emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
milsaka dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Ane cicil ya jawabannya (edit) emoticon-Embarrassment

Semoga jawabannya singkat namun jelas (mager panjang2 emoticon-Hammer (S))

Quote:


Pertolongan pada korban henti nafas dan henti jantung

Quote:


a. Perhatikan kondisi sekitar aman
Jangan langsung ditolong jika kejadian perkara berada di tengah jalan (bukan kasus pembunuhan/kriminal, jd boleh dipindah ya)

b. Cek respon korban/pasien
Kali2 bisa sadar dan sehat kembali, jd kalian ga usah repot melakukan step berikutnya..

b1. Cek nadi
Letakan 2 jadi di leher, lakukan 10 detik

Klo gak respon dan gak nafas, siap2 untuk step selanjutnya

c. Hubungi UGD
Yah kcuali kalian org jaga UGD sih, tp ttp aja untuk bantuan yg lbh proper, call bukan di nomer 911 (kejauhan bro di amerika emoticon-Ngakak (S)) yaa tapi 112

d. Resusitasi jantung paru
Langkah-langkah melakukan resusitasi jantung paru:
- Berlutut di samping korban
- Letakkan dua telapak tangan dengan posisi saling bertumpu di tengah dada korban
- Posisikan siku tegak lurus di atas dada korban dengan posisi bahu sejajar tangan
- Mulai kompresi dada (menekan dada korban) dengan kedalaman 5 cm (dewasa) secara cepat, kira-kira 120 kali per menit
- Lakukan secara berulang hingga tenaga medis tiba.

Gambarnya biar ga bingung

Spoiler for :


e. Buka jalan napas
Gambar aja ya biar ga ribet bacanya
Spoiler for :


f. Memberi bantuan napas
Spoiler for :


Quote:


a. Rebahkan posisi pasien
b. Longgarkan pakaian pasien
c. Komores pasien dengan air hangat
d. Bawa ke unit medis segera

Quote:


Selain mimum obat Saya ke dokter emoticon-Angel

Klo lg males ke dokter, kompres air hangat, minum teh hangat, denger musik lalu tidur

Quote:


Tergantung..
a. Iya, takut tertular covid ntr malah nambah perkara aja...

b. Tidak takut, kira2 kalau tidak ke RS akan menimbulkan efek kematian

Quote:


Spoiler for :

Endemi, penyakit tingkat daerah

Epidemi, penyakit antar negara

Pandemi, penyakit seluruh dunia

Quote:


Perbanyak ingat kehidupan cuma 1x, jangan disia2kan

Ingat2 keluarga yang bergantung hidup pada kita

Ingat2 msh banyak misi yg harus dilakukan di dunia

Ingat2 aturan dan ajaran Agama

Quote:


Anggaran yang tersedia dialokasikan untuk subsidi makanan bergizi

Quote:

Skrg realistis aja, semoga cepet herd-immunity

Semua org bisa makan makanan yg bergizi

Quote:


Semoga tim medis yg sedang bertugas diberi kesehatan dan dilindungi dari penyakit..

Yang telah gugur diberi tempat terbaik emoticon-Angel

Quote:


Spoiler for :


Adanya travel pouch, jarang di rumah emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiigirl dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 3770372
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Duh, melek mata liat Coc. Tertarik!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Wajib ikut nih.... Jejak dulu mod...ntar di edit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Nitip sendal dlu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di