CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
Jangan Meremehkan Fobia Kucing
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f920c28337f93459707c7c0/jangan-meremehkan-fobia-kucing

Jangan Meremehkan Fobia Kucing

Jangan Meremehkan Fobia Kucing

Apa yang kalian pikirkan ketika ada orang takut kucing? Tanggapannya tentu beragam. Ada yang menganggap penderita fobia kucing mengada-ada alias ketakutan yang dilebihkan-lebihkan. Sebagian lagi menjadikan ini bahan ejekan bahkan bercandaan.

Dalam ilmu psikologi fobia kucing disebut juga Ailurophobia. Berasal dari Bahasa Yunani 'Ailuros' yang berarti kucing dan 'phobia' yang berarti ketakutan. Ailurophobia adalah salah satu tipe gangguan specific phobia yang ditandai dengan adanya ketakutan irasional (irrational thinking) dan berlebihan (unproportional) terhadap kucing. Ailurophobia lebih populer dengan sebutan fobia kucing. Bagi penderita ailurophobia, kucing benar-benar membuat mereka takut. Ketakutan yang dirasakan terkadang tidak beralasan. Seperti merasa terancam atau tersakiti.

Berbagai tingkah laku tak terkendali bisa terjadi sebagai respon spontan atas ketakutan yang dirasakan. Seperti di bawah ini.

1. Panik dan cemas ketika melihat kucing.

2. Berusaha menghindar ketika bertemu kucing.

3. Lari atau bertingkah mempertahankan diri seolah kucing akan menyerangnya.

4. Tindakan tidak terkendali seperti tiba-tiba meloncat atau berteriak ketika menyadari ada kucing di dekatnya.

5. Terlihat waspada ketika berada di tempat ramai yang ada kucingnya, misalnya pasar, kantin, atau tempat umum lainnya.

6. Menghindari tayangan tentang kucing di televisi, di majalah, bahkan menghindari rumah saudara yang memelihara kucing.

7. Jantung berdebar kencang, pernapasan meningkat, pusing, mual, gemetaran, bulu kuduk berdiri, atau tubuh seketika kaku ketika menyadari ada kucing di dekatnya.

Fobia kucing bisa disembuhkan melalui terapi. Seperti mengubah pemikiran tentang kucing, membiasakan diri dengan kehadirannya atau bahkan jalan bersama. Jangan terlalu memaksakan diri, pelan-pelan saja.

Saya juga menderita ailurophobia sejak kecil. Dulu saya pikir seiring bertambah usia ketakutan itu akan sirna. Namun, tidak. Malah ketakutan pada hewan bermisai itu membuat saya mengalami peristiwa yang tidak mengenakkan.

Pertama, saat saya belanja di toko. Tetiba ada kucing masuk. Saya langsung lari, tidak peduli pada uang kembalian atau belanjaan yang berceceran. Si pemilik toko terpingkal-pingkal melihat tingkah saya. Hari-hari berikutnya setiap saya belanja ke sana, saya selalu jadi bahan bully-an.

Kedua, ketika saya kelas delapan. Suatu hari saat pelajaran Matematika, sekonyong-konyong ada anak kucing masuk kelas. Saya menduga itu peliharaan Ibu Kantin. Melihat ekspresi ketakutan saya, guru Matematika mengira saya sedang pura-pura. Setengah bercanda, digusahlah kucing itu ke arahku. Spontan saya lari ke pojok kelas, menghindari kucing tersebut. Saat itulah guru itu sadar kalau ketakutan saya bukan kepura-puraan semata. Akhirnya, teman sekelas pun tahu kelemahanku. Apalagi di situ ada cowok kerennya.

Ketiga, sekitar tujuh tahun lalu ibu saya punya toko kecil di rumah. Suatu pagi, ketika saya membantunya menjajakan dagangan, tiba-tiba di bawah meja ada sesuatu menyentuh kakiku. Terasa sangat lembut. Refleks saya melihat ke bawah. Langsung saya teriak, seperti di luar kendali. Kemudian hilang kesadaran selama beberapa detik. Suara tetangga yang memanggil-manggil namaku yang membuat kesadaran itu kembali. Separah itu? Yups.

Di pikiran saya kucing akan menerkam. Lalu mencakar dan menggigit. Bagi saya kucing itu monster yang akan menyerang dengan keliaran yang tidak bisa saya duga jika sampai saya mendekatinya. Makanya, pilihan yang tepat adalah lari. Mindset seperti itu sudah berusaha saya ubah, tapi tetap saja tidak mudah.

Sebagai upaya menghilangkan fobia itu temanku pernah memintaku mengelus kucing dalam gendongannya. Awalnya saya menolak tapi dia meyakinkan kalau tidak akan terjadi apa-apa. Saya pun melakukannya dan tengkukku langsung meruap. Apakah saya digigit? Tidak! Apakah fobia saya sembuh? Tidak juga. Saya masih sama waspadanya seperti dulu ketika bertemu kucing.

Jadi, bagi Anda yang tidak memiliki fobia semacam ini bersyukurlah. Jangan malah menjadikan ini bahan ejekan seolah kami tidak memiliki kasih sayang terhadap hewan. Jika di sekitar Anda tidak Anda temui penderita ailurophobia, bukan berarti gangguan semacam itu tidak ada.

Apakah harus mengalami dulu baru bisa bersimpati?

sumber

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
meooong dan 41 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
Memang susah disembuhkan apalagi ts yg mengalaminya sendiri lalu membuat trit fobia pastilah fobia jd semakin besar kemungkinan
profile-picture
profile-picture
wauwaw dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
No idea
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalo ane fobia lubang2 kecil. Ya Lord nulisnya aja udah merinding. 🙈🙈🙈
profile-picture
profile-picture
profile-picture
laksanardie dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Cats be like :

It appears my superiority has led to some controversy emoticon-kucing

Jangan Meremehkan Fobia Kucing
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fan.kui dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Mandalorian
Jd inget temen gua
Liat panji becandain kucing pada meraung2.
Kalau ada orang yg phobia kucing dibego2in.
emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
Kakak gua dulu takut sama kucing ga sampe phobia karena waktu kecil pernah dicakar
Sekarang karena ngeliat anak kucing yang UwU jadi suka emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
That a nice Pussy

emoticon-Big Grin

Bean face ON
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan weidenfeller memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Sepupu ane alergi bulu kucing bre
Hidung dia sensitif banget
Kena sehelai aja langsung bersin2 ga brenti2 emoticon-Wakaka
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ada yang fobia kucing seumur hidup karena waktu kecil ultah dilemparin teman2nya pake kucing, bukannya bahagia malah kecakar. emoticon-Cape d... (S)
Goblok dah ngerjain ultah malah disakitin, buat agan2 yang tidak terima, lapor polisi aja dengan pasal perbuatan tidak menyenangkan.
Lumayan lah pelaku minimal dapat tipiring atau penjara 3 bulan.
_____________emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 4 lainnya memberi reputasi
Mungkin para penderita Ailurophobia harus diterapi sama ini biar Ailurophobia-nya hilang.
Jangan Meremehkan Fobia Kucing
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Kucing mah lucu gan. Kecoa gan ane fobia banget. Geli liatnya
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Mirip kaya sodara ane nih. Tp dia krn trauma msi kcil prnh d cakar kucing
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Gak hanya phobia kucing aja gan, semua jenis phobia ya jangan dianggap remeh.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Temen ane ada yang mirip ts nih, ga sampe fobia sih takut doang tapi
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
ane juga punya temen fobia kucing
ada kucing mendekat aja udah pucet banget badannya dingin semua
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Kucing itu best friend
profile-picture
profile-picture
profile-picture
stiv8785 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lah ane phobia belalang
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Semua jenis phobia kalo ga ditangani bisa menimbulkan gangguan pikiran...
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan Zedcool memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
temen gw phobia kucing, kalo ada kucing lewat deket dia sampe nangis2, buset emoticon-Ngakak
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh satriagujis5
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di