CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sebut UU Ciptaker Dibuat Ugal-ugalan, Ahli Hukum UGM: Sampai Ngakak Bacanya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f917cbfa727687576561ed2/sebut-uu-ciptaker-dibuat-ugal-ugalan-ahli-hukum-ugm-sampai-ngakak-bacanya

Sebut UU Ciptaker Dibuat Ugal-ugalan, Ahli Hukum UGM: Sampai Ngakak Bacanya

"Ada banyak kalau kita baca, kita ketawa sendiri. Logika tidak diperbaiki ketika menyusun UU ini. Kan harusnya logis," kata Zainal Arifin.

Ahli Hukum Tata Negara UGM Zainal Arifin Mochtar kembali mengkritisi UU Omnibus Law Cipta Kerja yang masih menuai pro dan kontra sejumlah kalangan.

Kali ini, Zainal Arifin Mochtar menyebut UU tersebut dibuat ugal-ugalan. Saking dirasa tidak logis, ia sampai mengaku dibuat tertawa saat membaca substansinya.

Pernyataan tersebut dipaparkan oleh Zainal Arifin Mochtar dalam acara Indonesia Lawyers Club TV One, Selasa (20/10/2020) malam.


Bertepatan dengan satu tahun pemerintahan Jokowi Ma'ruf Amin, Zainal Arifin Mochtar buka suara terkait kebijakan yang menurutnya bermasalah. Salah satunya UU Omnibus Law Cipta Kerja.

Zainal Arifin Mochtar menyinggung perubahan substansi yang terjadi pasca disahkan di sidang paripurna. Menurutnya, hal tersebut menciderai sistem presidensiil Indonesia.

Dalam Sistem presidensiil kita, tahap paling penting itu persetujuan dan pembahasan. Kalau dikatakan masih ada perbaikan itu keliru, titik koma sekalipun," kata Zainal Arifin Mochtar seperti dikutip Suara.com.

Ahli Hukum Tata Negara UGM tersebut pun mengatakan bahwa waktu selang tujuh hari sebagaimana pembelaan dari DPR sejatinya hanya untuk menyempurnakan format, bukan mengubah substansi.

Namun, Zainal Arifin Mochtar membeberkan beberapa perubahan yang menurutnya tentu menyalahi aturan sebenarnya.

Lebih lanjut lagi, Zainal Arifin Mochtar mengaku dibuat tertawa saat membaca substansi UU Omnibus Law Cipta Kerja.

Pasalnya, ia menemukan isi UU yang tidak logis dan mengesankan bahwa substansinya dibuat secara terburu-buru. Dengan kata lain, Zainal Arifin Mochtar menyebutnya berantakan.

"Hasilnya memang ugal-ugalan. Banyak sekali kalau kita baca, saya akan tertawa kecil-kecil," ucap Zainal Arifin Mochtar.

"Pantesan dibuatnya sangat terburu. Sanski pidana dan administrasi saja berantakan," sambungnya.

Dalam acara Indonesia Lawyers Club tersebut, Zainal Arifin Mochtar mengungkapkan beberapa contoh yang menunjukkan bahwa UU Omnibus Law Cipta Kerja ini tidak logis.

Menurutnya, ada sejumlah pasal yang tidak bisa diterima nalar. Oleh sebab itu, sekali lagi ia mengatakan dibuat tertawa.

"Ada banyak kalau kita baca, kita ketawa sendiri. Logika tidak diperbaiki ketika menyusun UU ini. Kan harusnya logis. Dampak pidana belum sebanding. Pelanggaran di bidang lingkungan hukumannya 1 tahun, tapi di perikanan 6 tahun," tukasnya.

Terakhir, Zainal Arifin Mochtar juga menyoroti dihapuskannya. Dengan kata lain, UU ini boleh dilanggar dalam kondisi tertentu.

Ahli Hukum Tata Negara UGM tersebut mengatakan bahwa seharusnya ada kualifikasi lanjut soal hal ini. Sebab, hal tersebut secara tidak langsung bisa melanggengkan kekuasaan Presiden dan Menteri.

"Dihapuskan pasal Tidak boleh melanggar perundang-undangan. Tapi ketika tidak dikualifikasi, semua boleh dilanggar atas nama diskresi. Semua menteri bisa melanggar kan gak ada batasan. Kalau kita merujuk UU lainnya, untuk melanggar cuma minta izin atasan saja," jelas Zainal Arifin Mochtar.

"Tapi kalau presiden dan menteri atasannya siapa? Dia bisa melakukan pelanggaran apapun. UU ini dibuat ugal-ugalan substansinya ada singkron dan ini yang harus diselamatkan," tandasnya

https://www.suara.com/news/2020/10/2...ngakak-bacanya

Ngakak ya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jilme dan 10 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
emoticon-Wkwkwk
Ikut ngakakemoticon-Ngakak
yg ngedemo juga ugal-ugalan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kesakitan dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh trimusketeers
wah sampai ngakak-ngakak yah. Berarti benar kata cebong bahwa UU cilaka ini 'BIKIN BAHAGIA'
emoticon-Leh Uga




profile-picture
profile-picture
Kesakitan dan hbhbhb2008 memberi reputasi




Yg mau liat orang istana kena tampol wajib nonton emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jilme dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Ngubah 70 UU, ribuan pasal. 100 hari
Gak ada kajian akademik, rapat dadakan dari hotel ke hotel.

Ini nyangkut hajat hidup jutaan orang dan sumber daya. Berlaku bisa belasan puluhan taun.
Main stempel doang aspirasi cukong.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jilme dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ini muridnya ahli tata negara kesayangan pepo yang jadi advokatnya prabowo sandi di MK. ikut ketawa juga lah sama kelakuan SJW.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kesakitan dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
hii ketawany kaya gimna? apakah sampe terpingkal2
profile-picture
Kesakitan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kasihan baca banyak kata
profile-picture
Kesakitan memberi reputasi
Kebiasaan cebong malah nyerang pribadi, bukan pendapat nya... emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kesakitan dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ayo BrazzerRp bongkar aib si jenal.. Anaknya kuliah dimana? Hartanya berapa? Pernah kegep nyimeng kaga itu orang?

emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jilme dan 8 lainnya memberi reputasi
...halahh,si ini tah...si alumni sakit hati 2019...




hater gonna be hate....itu,sudahhhh.





































uwoghhhhhb
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kodokuper dan 3 lainnya memberi reputasi
Aye makin males buka kaskus

Masih ada aja yg menolak kebenaran

Biarkan sejarah yg menghukum Rezim nasi anjing ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mantap ada yg bisa ngakak baca UU ratusan halaman
emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
Rasa humor si ahli hukum ini pasti sangat tinggi
emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
Kesakitan dan leonard21 memberi reputasi
Pesan moralnya tertawalah sebelum tertawa itu dilarang..emoticon-Traveller

Sebut UU Ciptaker Dibuat Ugal-ugalan, Ahli Hukum UGM: Sampai Ngakak Bacanya
profile-picture
hbhbhb2008 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Hahahaha.... yang komen pada ikut tertawa baca kagak orang lain tertawa ikut tertawa
mahfud md kena tampol muridnya
g bisa ngebantah omongan si zainal dia malah ngangguk-angguk
emoticon-Ngakak
profile-picture
Kesakitan memberi reputasi
Diubah oleh hantupuskom
ya tau ada yang salah laporin aja satu2 abis itu dibenerin, kalau salahnya di atas 50% ya buktikan abis itu batalin karena ga sah isinya..kalau mampu, klo ngga ya ketawa aja terus tuh ruu bakal tetep jalan...emoticon-Ngacir
profile-picture
Kesakitan memberi reputasi
Dari dulu pendukung jokowi/pemerintah (termasuk ahok) memang keliatan tololnya jika berdebat di ILC.. habis mereka dikuliti sama Rocky Gerung, Haris Azhar, Felix Siauw, Geiz Khalifa dll..

Makanya cebong dungu lebih suka nonton mata najwa yg saat itu masih di Metro TV...media pro pemerintah yg sama sekali gk berimbang.

Setelah periode ke 2 dari Jokowi yg bobrok dan amburadul ini mata najwa mulai kritis terhadap pemerintah pusat dan DPR koalisi pemerintah...

Ekkkhh ebonk sekarang pun jdi benci sama Najwa.. sudah dipolisikan pula..

Pesan saya: gunakanlahh 4 tahun ini buat sebisa kalian untuk mengeruk keuntungan sebanyak2nya dengan memanfaatkan kepemimpinan jokowi yg lemah ini..karena setelah 2024..habis riwayat kalian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jilme dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Heh, monyong emoticon-Marah
Diem loe, rektor loe aj misik permisi2 klo ke sinih.
Jangan sok2an ngerti hukum loe kampret emoticon-Marah
Status ahli hukum loe jelas palsu emoticon-Blue Guy Bata (L) nihhh rasaken
Lom kenal siapa DPR loe yak emoticon-Ngamuk
Kitak2 yg bikin negara, bukan rang laen.
Paham loe nyong, monyong !! emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
Kesakitan memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di