CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Luar Biasa! Harga Nikel To The Moon, Indonesia Kini Revolusi Energi Bung
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f9160ba65b24d326037f91f/luar-biasa-harga-nikel-to-the-moon-indonesia-kini-revolusi-energi-bung

Luar Biasa! Harga Nikel To The Moon, Indonesia Kini Revolusi Energi Bung

Luar Biasa! Harga Nikel To The Moon, Indonesia Kini Revolusi Energi Bung

    
Jakarta, CNBC Indonesia - Tren kenaikan harga nikel masih berlanjut pada perdagangan Selasa (20/10/2020). Proyeksi peningkatan permintaan menjadi pemicu kenaikan harga nikel.

Melansir data Investing, pada pukul 16:21 WIB harga benchmark nikel di London Metal Exchange naik 1,18% ke US$ 15.842,5/metrik ton. Level tersebut merupakan yang tertinggi sejak 11 November 2019. Sepanjang tahun ini, atau secara year-to-date, nikel berhasil mencatat penguatan 12,74%.

Permintaan nikel tahun depan diprediksi akan meningkat menjadi 2,52 juta ton dari tahun ini 2,32 juta ton, menurut International Nickel Study Group (INSG), sebagaimana dikutip Reuters.

Luar Biasa! Harga Nikel To The Moon, Indonesia Kini Revolusi Energi Bung

Ke depannya, prospek nikel juga terlihat cerah sebab permintaannya akan meningkat untuk pembuatan baterai mobil listrik (electric vehicle/EV).

Bos BHP Nickel West, Eddy Haegel, mengatakan ke depannya permintaan nikel akan mengalami lonjakan drastis menyusul revolusi energi yang akan terjadi di dunia, dan Indonesia salah satu negara yang memiliki cadangan terbesar nikel di dunia.

"Kalian telah mendengar dari saya sebelumnya, kita di tahap awal revolusi yang akan mentranformasi dunia kita dan meningkatkan permintaan nikel. Sudah jelas nikel adalah pemenang saat dekarbonisasi dunia," Kata Haegel, saat berbicara di Australian Nickel Conference, sebagaimana dikutip Livewire Markets, Jumat (16/8/2020).

"Nikel akan tetap menjadi juara, meski banyak logam atau kombinasi logam diuji membuat baterai lithium-ion, nikel tetap menjadi logam yang memberi kepadatan energi tertinggi. Hal ini menjadikan nikel memiliki masa depan yang cerah" tambahnya.

Luar Biasa! Harga Nikel To The Moon, Indonesia Kini Revolusi Energi Bung

Haegal memprediksi permintaan nikel akan meningkat di akhir tahun ini. Sementara itu dalam 30 tahun ke depan, BHP Nickel West melihat permintaan nikel akan 250% lebih tinggi ketimbang 30 terakhir, bahkan bisa mencapai 350% ketika dunia semakin serius melakukan dekarbonisasi merespon pemanasan global.

Baca: Gokil! Tesla Elon Musk Bakal Bangun Pabrik di Batang Jateng

Indonesia juga sedang berancang-ancang akan membangun pabrik baterai EV.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan, mengatakan salah satu produsen baterai mobil listrik asal China yakni Contemporary Amperex Technology Co. Ltd. (CATL) sudah menandatangani komitmen investasi US$ 4,6 miliar, atau sekitar Rp 68 triliun (asumsi kurs Rp 14.800 per US$) untuk membangun pabrik baterai di Indonesia.

Luhut mengatakan, komitmen investasi tersebut bagian dari total kebutuhan investasi pabrik baterai mobil listrik yang mencapai US$ 20 miliar. Dia mengatakan, dirinya pun telah bertemu dengan pihak CATL di Yunnan, China beberapa waktu lalu.

"Prospek mitra pengembangan ekosistem baterai listrik kini sudah jalan. Jadi saya ketemu mereka semua ini. Kemarin di Yunnan saya ketemu CATL, CATL itu nanti akan berinvestasi. Itu mungkin kira-kira akan dekat US$ 20 miliar. Tapi mereka sudah tandatangani US$ 4,6 miliar," tutur Luhut dalam acara INDY FEST 2020 dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-20 PT Indika Energy Tbk yang ditayangkan dalam kanal YouTube Netmediatama kemarin, Senin (19/10/2020).

Selain itu salah satu pemain besar mobil listrik dunia, Tesla besutan Elon Musk sedang menjajaki pembangunan pabrik baterai di Indonesia. Kabar terbaru, Tesla sedang diarahkan oleh pemerintah untuk membangun pabriknya di kawasan industri terpadu Batang, Jawa Tengah, yang sedang dibangun pemerintah.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang membenarkan soal rencana Tesla tersebut, ia bilang nantinya Tesla diarahkan membangun pabrik di Batang. Saat ini proses diskusi antara Tesla dan pemerintah masih berlangsung.

"On going discussion, arahnya ke sana (Batang)," kata Agus kepada CNBC Indonesia, Senin (19/10).

Luar Biasa! Harga Nikel To The Moon, Indonesia Kini Revolusi Energi Bung

Dengan cerahnya prospek permintaan, Bank Dunia (World Bank) dalam Commodity Market Outlook edisi April lalu memberikan proyeksi nikel akan terus menanjak dalam jangka panjang.

Di tahun ini, rata-rata harga nikel memang diprediksi jatuh sekitar 17% ke US$ 11.617/metrik ton dari rata-rata harga tahun lalu. Tahun depan, rata-rata harga diprediksi US$ 11.932/metrik ton, naik 2,71% dari tahun ini.

World Bank memberikan proyeksi hingga tahun 2030 rata-rata harga nikel di US$ 15.182/metrik ton, atau naik lebih dari 30% dari rata-rata tahun ini.

Indonesia Perlu Instrumen Hedging Nikel?

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan investor asing mengkritik pasar modal Indonesia karena produk lindung nilai (hedging) belum lengkap.

Ini yang menjadi penyebab asing banyak menarik dana pasar saham Indonesia pada saat ada sentimen negatif.

"Saat ini kebanyakan kritik asing investor Indonesia ini hedging belum lengkap, baik nilai tukar, risiko suku bunga dan hedging default belum begitu banyak sehingga investor asing kalau ada sentimen negatif, strateginya sell off [jual] karena belum ada hedging yang mumpuni terutama nilai tukar, ini tantangan bersama," kata Wimboh saat Pembukaan Capital Market Summit and Expo 2020 di Jakarta, Senin (19/10/2020).

Wimboh berharap, di pasar modal Indonesia bisa lebih banyak variasi produk untuk memenuhi kebutuhan pelaku pasar, baik itu instrumen biasa maupun hedging.

Selain itu, tambah Wimboh, sebisa mungkin produk-produk tersebut bisa menjangkau investor ritel.

"Sudah banyak investor di pasar saham kita, dan kita harus lakukan perluasan (produk). Kalau banyak investor sehingga volatilitas kita kendalikan lebih baik dan posisi investor ritel diharapkan bisa dominasi di pasar," kata Wimboh.

Baca: Keren! Luhut: Mobil Listrik Jadi Unggulan RI Setelah 2024

Hedging bisa dilakukan di bursa berjangka, seperti halnya London Futures Exchange, dimana nikel diperjual-belikan dengan sistem kontrak berjangka (futures) maupun option.

Dengan sistem kontrak, ketika jatuh tempo maka pemegang kontrak tersebut akan mendapatkan komoditas yang dibeli. Transaksi semacam ini biasanya dilakukan untuk hedging atau lindung nilai, baik dari sisi penjual ataupun pembeli.

Tetapi banyak juga yang menggunakan pasar berjangka untuk mencari cuan dengan trading memanfaatkan fluktuasi harga.

Di Indonesia sendiri ada 2 bursa berjangka, yakni Jakarta Futures Exchange (JFX), dan Indonesia Comodity & Derivative Exchange (ICDX). Namun, belum ada produk nikel yang bisa ditransaksikan di dua bursa tersebut.

Mengingat masa depan nikel yang diprediksi cerah, agaknya Indonesia perlu memiliki instrumen untuk hedging nikel, sekaligus juga bisa dimanfaatkan untuk trading.

https://www.cnbcindonesia.com/market...si-energi-bung

Revolusi bung emoticon-army
Sudah saatnya emoticon-afro
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farid471 dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh anus.baswedan
Halaman 1 dari 2
Kalo emang Tesla beneran buka pabrik batre di Indonesia, tentu makin makjus lagi kalo kedepannya ternyata harga nikel makin naik emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Mantap Jokowi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
wah kalo semua pakai baterai, bagaimana dengan mobil-mobil tua yang masih banyak penggemarnya?

profile-picture
profile-picture
4b4n6 dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
dipameri mulu tp hasilnya ga bisa dinikmati rakyat
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Rakyat dapat apa?
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Akuisisi Tesla jadi BUMN ?
emoticon-Traveller
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Pesan moralnya selamat untuk para pengusaha tambang..emoticon-Traveller
Kalau negara ini dikelola dengan baik, benar & Jujur. Mungkin udah jadi Negara maju sungguhan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kepala.Jenggot dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
jokowi mantap
impian tidak seindah kenyataan.....

yang dulu kaya akan minyak, sekarang tetap aja kere bin melarat.....
yang dulu kaya akan hutan, sekarang tetap aja kere bin melarat....

dan keduanya udah mau habis....next nickel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
p1p1 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
lord pun semakin kaya
ibu pertiwi be like "ntoddd ak mas"
profile-picture
ruryajah memberi reputasi
Diubah oleh NfLNfLNfL
Luar Biasa! Harga Nikel To The Moon, Indonesia Kini Revolusi Energi Bung

*Heavy breath*
profile-picture
hbhbhb2008 memberi reputasi
Fly me to the moonemoticon-Kaskus Radio
Terus...
Tuh.. meroket juga emoticon-Matabelo
profile-picture
adamyvon memberi reputasi
Subannalloh emoticon-Nyepi
Cina aja cari ikan sampai ke natuna

Klo cina minta nikel jg kasih lah

Kasian cina
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mantab Opung buldozzer semua...

emoticon-Ultah
Heleh,
Utang tuh tambah menggunung.

Duit receh diributin, utang segede gunung pura2 katarakemoticon-Blue Guy Bata (L)
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di