CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f913afbdbf76447192962be/mengenal-ponten-tanda-tangan-sejuta-guru-warisan-kolonial-belanda

Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda

Tanda "Ponten" warisan dari kolonial Belanda untuk dunia pendidikan

Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda


Assalaamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Selamat datang Agan dan Sista di therad ane kali ini


Hallo, Sahabat Kaskus! Semoga hari ini selalu diberi kebahagiaan lahir dan batin, ya. Aamiin.

Ngomong-ngomong Agan dan Sista di sini pasti mengenal tanda ponten, kan? Iya, tanda ponten itu. Nah, di sini ane jadi nostalgia nih. Mungkin juga Agan dan Sista ikut bernostalgia atau mungkin masih dihadapkan pada tanda ponten ini. Misalkan dari sahabat kaskus yang berprofesi sebagai pengajar atau juga yang masih pelajar. Pasti deh, gak asing dengan tanda ponten ini.

Spoiler for Dokpri:


Tanda "Ponten" adalah tanda yang fungsinya mirip dengan centang yang artinya adalah "semua sudah benar" atau sudah dicek dan sesuai dengan yang diinginkan. Biasanya sih tanda ini akrab di sekolah saat guru telah mengecek tugas kita.

Spoiler for Dokpri:


Selain saat masih bersekolah, ane juga ingat ketika bekerja pada sebuah pabrik saat mengecek hasil produksi. Barang yang baik dan bagus akan dikasih tanda ponten ini atau tanda centang. Ini sih pengalaman ane saat masih akrab dengan tanda ini ya, GanSist. Apakah di antara GanSist ada yang sama dengan pengalaman ane ini?

Saat mengingat masa sekolah pun juga begitu. Saat pembagian hasil ujian pasti terlihat tuh barisan tanda ponten bercampur dengan tanda silang. Ish! Jadi ketauan nih kalo ts kurang cetar di sekolah.

Tanda ponten yang terlihat sangat khas, unik dan sederhana ini rupanya bernilai sejarah lho, GanSist. Yaitu sebagai warisan kolonial Belanda di dunia pendidikan. Di Indonesia tanda ini dikenal dengan istilah "Ponten" dalam bahasa Belanda "Goedkeuringskrul" atau biasa hanya disingkat "krul" saja.

Faktanya tanda ponten ini, ternyata hanya bisa dikenali oleh negara-negara bekas penjajahan Belanda. Jadi, kalo bukan koloninya tidak mungkin akan mengenal dan mengerti maksud tanda ponten ini, GanSist.

Masyarakat bekas koloni Belanda seperti Afrika Selatan, Curacao, Suriname, Sint Maarten, serta Carribean Netherlands masih menggunakan tanda ponten alias krul ini, GanSist.

Menurut wikipedia tanda ponten ini muncul dan dikenal pada awal abad ke-19. Bahkan sejarawan menyebut jika simbol ponten ini merupakan turunan dari huruf "G" dari kata "Goed" atau "Gezien" yang artinya bagus atau sudah di cek

Nah, gimana GanSist? Selama ini kita kepikiran gak sih mengenai tanda ponten ini?

Yuk, yang masih berhadapan dengan tanda ponten ini semangat untuk membubuhkannya atau memburunya. Jangan kayak ane, semasa sekolah ya, GanSist!

Cukup sekian thread ane kali ini semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan jejak cinta berupa cendol, rate dan koment ya!

Terima kasih, sampai jumpa lagi di thread ane selanjutnya dan wassalam


Sumber: Opini pribadi dan referensi di sini

Gambar : Dokpri dan di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ca0396 dan 97 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10
Pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iyusard dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Singgah Agan dan Sista
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


Quote:


Paraf namanya kali yaaaah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Oh. Jd ini arti kata ponten
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan miniadila memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Ingat ini dulu pas SD dapat tanda ponten dari guru di buku PR emoticon-Ngakak
profile-picture
miniadila memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ponten nyuwun rongewu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
Waaah... Ane baru tauk nih... Mantap...
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Wogh baru tau padahal sering pake ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Di Sunda bilangnya Peunteun. Maksudnya diberi nilai.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bolapantai dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
Wah, dpt ilmu baru nih, makasih threadnya sis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jaman dulu seneng bener kalo dapet tanda kayak ginih emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
turkusuma dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Baru tau sejarahnya.... Thanks ts...
profile-picture
miniadila memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dulu waktu sd kalo di ponten guru senang banget...
profile-picture
miniadila memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Hahahah dulu gua dapet bgtuan udh seneng vrohh
profile-picture
miniadila memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Serokel di tempatku😂
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan miniadila memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Kuot yang ade di pejwan ah


Ponten entuh jadi sebuah tanda kalau jawabannya benar ya kak.. maksudnya? Hehehehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


Yha bijitulah maksudnya emoticon-nulisah
profile-picture
profile-picture
miniadila dan delia.adel memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ponten apanya punten?emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
gpp sih asal jangan pake logonya si perusahaan sepatu nike, nanti dituntut hak cipta emoticon-Hammer
profile-picture
miniadila memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
oh gituuu ternyata
profile-picture
miniadila memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di