CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Bali /
(Coc Reg.Bali)"BARONG BRUTUK" Tarian Legenda Desa Trunyan, Pemilik 'MAKAM EKSTRIM'?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f90695faf7e9315762369be/coc-regbaliquotbarong-brutukquot-tarian-legenda-desa-trunyan-pemilik-makam--ekstrim

(Coc Reg.Bali)"BARONG BRUTUK" Tarian Legenda Desa Trunyan, Pemilik 'MAKAM EKSTRIM'?

Bukan hanya Tarian Barong Brutuk yang bikin histeris, 'Makam Terbuka' ini pun hanya ada di Desa Trunyan, Bali. Cekidot!

(Coc Reg.Bali)"BARONG BRUTUK" Tarian Legenda Desa Trunyan, Pemilik 'MAKAM EKSTRIM'?
gambar

Assalamualaikum, GanSist.
Selamat datang kembali di tread ane.
Sudah pernah berkunjung ke Bali?
Pulau eksotis yang jadi incaran warga dunia untuk Holiday.


Berada dalam wilayah Desa Kintamani, Desa Trunyan adalah salah satu destinasi unik yang wajib Agan Sista kunjungi bila singgah ke Pulau Dewata, nih. Selain kondisi alam yang masih terjaga asri dengan sangat baik, ada juga tarian keramat yang hanya bisa ditemukan di sini, namanya Tarian Barong Brutuk.

Berbeda dengan Tarian Barong pada umumnya yang memakai patung kepala hewan seperti Harimau, Singa atau Naga, Tarian Barong Brutuk justru menggunakan topeng primitif yang terkesan seram dan bikin bulu kuduk merinding saat melihatnya. Terlebih karena kostum yang digunakan terbuat dari daun pisang kering yang jauh dari kesan 'Wah'.

(Coc Reg.Bali)"BARONG BRUTUK" Tarian Legenda Desa Trunyan, Pemilik 'MAKAM EKSTRIM'?
gambar

Tarian Barong Brutuk hanya dilakukan pada saat Upacara Odalan di Pura Pancering Jagat Trunyan pada saat purnama di sasih kapat (kalender Bali).
Pemainnya pun tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, GanSist. Harus mereka yang masih remaja dan berasal dari Desa Seka Taruna, Trunyan dan harus menjalani masa penyucian diri atau karantina selama 42 hari.

Selama proses penyucian diri ini, para remaja terpilih akan tinggal di dalam Pura Pancering Jagat dan dilarang berhubungan dengan wanita. Sehari-hari mereka akan diisi dengan berbagai macam kegiatan untuk mempersiapkan jalannya upacara. Mulai dari mendalami Kidung Kuna, serta mengumpulkan daun-daun pisang kering untuk bahan pakaian dari Desa Pinggan.

Daun-daun kering itu kemudian dirajut menggunakan tali kupas, yaitu tali yang terbuat dari kulit batang pisang (pelepah) menjadi 'Baju kebesaran' yang akan mereka gunakan untuk menari. Masing-masing penari akan memakai 3 buah rangkaian untuk dipakai di pinggang, bahu dan leher. Hanya di bagian kepala yang menggunakan janur sebagai hiasannya.

Tarian Barong Brutuk biasanya dilaksanakan pada siang hari, berjalan dan di arak mengelilingi penyengker Pura sebanyak tiga kali. Para penari tersebut diibaratkan adalah sosok Raja dan Ratu, diikuti oleh kakak dari Ratu beserta sang Patih yang baru kemudian diikuti oleh pengiring atau unen-unen.

(Coc Reg.Bali)"BARONG BRUTUK" Tarian Legenda Desa Trunyan, Pemilik 'MAKAM EKSTRIM'?
gambar

Selama perjalanan, si Penari Barong akan terus menyabetkan cemeti (cambuk) ke arah penonton hingga membuat mereka histeris dan ketakutan. Sabetan cemeti ini dipercaya dapat mengusir keburukan dan aura-aura jahat yang akan mengganggu desa. Biasanya, warga akan saling berebut pakaian daun pisang bekas dipakai penari setelah dilepaskan, yang nantinya akan mereka sebarkan di area perkebunan untuk tujuan kesuburan.

Tarian Barong Brutuk ini sangat erat kaitannya dengan legenda Desa Trunyan. Bermula dari kisah 16 pemuda petani yang pergi dari Bali Aga bagian timur (Karang asem) mereka berkelana hingga ke lereng Gunung batur dan akhirnya membuka lahan perkebunan untuk bercocok tanam.

Keberadaan mereka ternyata kurang diterima oleh warga sekitar. Salah satu alasannya dikarenakan perbedaan keyakinan hingga konon, untuk mendapatkan seorang istri pun para pemuda ini terpaksa harus mencuri wanita dari desa lain. Lambat laun, mereka akhirnya berkembang dan mempunyai keturunan hingga terbentuklah Desa Trunyan ini.

(Coc Reg.Bali)"BARONG BRUTUK" Tarian Legenda Desa Trunyan, Pemilik 'MAKAM EKSTRIM'?
gambar

Satu lagi keunikan yang hanya terdapat di Desa Trunyan, GanSist. Proses pemakaman mayat di desa ini terbilang cukup ekstrim. Mayat-mayat tersebut tidak dikubur, melainkan diletakkan begitu saja di atas tanah dan hanya dikelilingi oleh pagar sederhana yang terbuat dari bilah bambu dan aneka sesaji.

(Coc Reg.Bali)"BARONG BRUTUK" Tarian Legenda Desa Trunyan, Pemilik 'MAKAM EKSTRIM'?
gambar

Anehnya, makam terbuka ini tidak mengeluarkan bau busuk sama sekali. Warga percaya, kalau akar dari pohon besar bernama Taru Menyan yang berdiri tegak di area makamlah yang menyerap aroma mayat-mayat itu. Posisi makam pun, akan disesuaikan dengan tingkatan status sosial(kasta), semakin tinggi statusnya maka akan diletakkan lebih dekat dengan lokasi pohon tersebut.

Jangan coba-coba mengambil apa pun dari area makam ini ya, Gan? Hal sepert ini sangat dilarang keras dan hukum adat di Bali masih sangat terpelihara.

Sekian tread ane tentang Bali kali ini.
Semoga bermanfaat bagi Agan Sista yang dalam waktu dekat hendak Traveling ke Pulau Dewata.
Sampai jumpa di tulisan berikutnya.
Wassalamualaikum.



emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss

Dirangkum dan ditulis oleh : @alunaziya
Sumber referensi : 1,2,3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 35 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Bali
Bali
Bali

Sebelah mananya Indonesia?
Wkwkwwk ....
Pernah punya teman online nanya gitu.
😂😂😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
longneversee dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Very unique yes
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Unik juga ya pakaian penarinya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Tengkyu threadsnya gan.. baru tau niih ane..
profile-picture
profile-picture
alunaziya dan siapika memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mantap budaya Nusantaraemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
alunaziya dan siapika memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Biasanya tarian ini dilaksanakn pada siang hari dengan dengan pakaian tradisi desa trunyan yang sangat mengerikan. Proses pemakamanya pun juga bgtu menyeramkan karena tidak biasanya. Meskipun demikian jangan coba coba ya dengan desa ini.
profile-picture
profile-picture
alunaziya dan siapika memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
wah baru tau nih ane ada Tarian Barong Brutuk
berarti di tarikan saat acara-acara tertentu aja dong ya??
btw penarinya agak serem-serem gitu ya.. mungkin karna kostumnya juga kalik ya
profile-picture
profile-picture
alunaziya dan putudodi memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Klo mau ke makam desa Trunyan bukanya hrs nyebrang danau dlu bkn ya?
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Gan apa bener ke Trunyan bisa full naik motor? Ane udh 5 taun tinggal di Bali blm pernah ke sana, soalnya kalo naek perahu mahallll emoticon-Ngakak
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
Diubah oleh blackops909
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Baru tau ada ritual ginian emoticon-Jempol
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
di desa trunyan ini kayanya masih kental bgt ya tradisinya.. sampe ritual adatnya butuh waktu sebulan lebih persiapannya..
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
wow pakaiannya dari daun kering kah?
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
Penting banget ini untuk menambah pengetahuan tentang Barong Brutuk.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
kalo upacaranya pas malem tentu lebih nyess lagi emoticon-Takut
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
Wuiih mantap...ane dah pernah ke makam trunyan gan, nyebrang naik motor boat,.... Bisa patungan kok sewa boatnya. Baru tahu kalau ada prosesi ini. Thanks infonya gan
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
Ini kayaknya udah makin dikit ga si gan cm ada du tempat2 dan waktu khusus kl mau liat
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
ane taunya makan di desa trunyan gan
kalau tarian barong brutuk baru tau nih nice info TS
apakah nama brutuk diambil dari pakaian yg terbuat dari daun pisang kering?emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
Serem nih semoga menang 😁
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
Diubah oleh Richy211
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Wowww kerenn abisss sih inii gannn wkwkww
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di