CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Electronics /
Kabel Setrika Listrik Suka 'Cacingan'? Kenali Penyebab dan Solusinya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8faa647414f57e7b166ef0/kabel-setrika-listrik-suka-cacingan-kenali-penyebab-dan-solusinya

Kabel Setrika Listrik Suka 'Cacingan'? Kenali Penyebab dan Solusinya


Kabel Setrika Listrik Suka 'Cacingan'? Kenali Penyebab dan Solusinya

Pernahkah Gansis melihat atau merasa sebel, karena kabel setrika listrik 'cacingan'? Kalo Ane sih udah biasa, karena sebagai tukang servis elektronik, sering nerima kabel setrika yang gituan, pemliknya minta digantiin kabel yang baru.


Disebut 'cacingan' karenanya bentuknya yang agak melilit pada beberapa bagian, dan menggumpal serta susah dibetulin. Meski saat diukur dengan Avometer, kabelnya masih baik dan aman dipakai, namun terlihat jelek, dan susah diatur (agak kaku).


Meski sering melihat kabel setrika cacingan, namun baru kali ini Ane berpikir mengapa hal itu bisa terjadi, dan bagaimana cara merawatnya agar terhindar dari hal itu.


Ane mencoba menganalis faktor penyebabnya, mininal ada dua hal, yaitu:


1. Faktor Pemuaian

Setrika adalah alat elektronik yang menghasilkan panas untuk merapikan pakaian. Panas dari setrika itu mengalir sampai ke kabel listrik yang terbuat dari serabut tembaga, yang diisolasi dengan sejenis karet, dan dibalut lagi dengan anyaman serabut kain yang kuat (tahan panas) dan statis sebagai pengaman.

Karena menerima panas yang lama (tergantung durasi pemakaian), maka serabut tembaga dan karet isolasinya itu memuai, dan menjadi lebih panjang dari ukuran asalnya. Sedangkan anyaman kain  pembungkusnya bersifat statis, sehingga kabel yang memanjang menjadi menggumpal di dalam anyaman tersebut, maka terjadilah 'cacingan' pada kabel.


2. Faktor Penggulungan

Kebanyakan orang setelah menggunakan setrika, langsung menggulung kabelnya ke badan setrika untuk merapikan dan menyimpannya. Dalam kondisi kabel masih panas dan memuai, menggulung kabel bisa membuatnya cacingan pada bagian yang terlipat. Ketika dia sudah dingin, maka cacingan itu akan bersifat permanen, sehingga susah dibetulin.

Ane pikir, faktor penggulungan inilah yang menjadi penyebab utama. Sebab, dibandingkan dengan Rice Cooker yang kinerjanya hampir sama dengan setrika, namun kabel Rice Cooker jarang cacingan, karena jarang digulung.

Lantas bagaimana solusinya?

Ya, kalau kondisinya udah cacingan parah, mesti diganti yang baru. Harganya relatif murah, berkisar antara Rp.10.000-Rp.20.000. Apalagi kalau isolasi kabelnya sudah ada yang terkelupas, sangat bahaya, bisa korslet atau kesetrum. So, harus diganti.


Tapi kalo masih ringan, semisal baru ada 2-3 titik cacing dan kabelnya masih utuh, serta belum ada dana untuk menggantinya, bisa diatasi dengan memotong anyaman serabut kain pembungkusnya pada bagian yang cacingan tersebut. Dengan cara ini, kabel bisa ditarik kencang untuk meluruskannya. Kemudian bagian pembungkus yang terbuka diberi isolasi.

Kalo udah tahu faktor penyebabnya, sekarang Ane beri tips merawat kabel setrika agar awet. Yah, sesuai penyebabnya, yaitu menggulung kabel setrika saat masih panas, maka tips merawatnya adalah:


1. Dinginkan Setrika

Setelah dipakai, kabelnya jangan langsung digulung. Biarkan tetap terjulur hingga dingin, sekitar 10-15 menit. Kalau perlu, letakkan setrika di tempat yang tinggi, dan biarkan kabelnya menjulur lurus ke bawah. Kalo udah dingin, baru digulung.


2. Matikan Saat Tidak Perlu

Jangan biarkan setrika tetap menyala saat tidak digunakan, kecuali saat pemanasan awal. Kalau sudah panas, setel 'tingkat panas' sesuai keperluan. Matikan atau cabut stekernya saat jeda penggunaan agak lama, atau sudah selesai digunakan. Membiarkan setrika hidup tak dipakai, selain boros listrik, juga membuat kabelnya cepat memuai dan mudah menjadi cacingan.

Nah, gimana Gansis, udah tahu kan penyebab kabel setrika cacingan? Atau Gansis punya pendapat lain, silakan share di kolom komentar. (*)

Opini pribadi. Foto dokpri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
botzilla dan 54 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Aboeyy
Halaman 1 dari 5
Reservasi, lama vakum bikin thread.
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan jlamp memberi reputasi
Tipsnya selalu ane lakukan tiap nyetrika
Setrikaannya minjem punya orang lain yg udah cacingan sebelum ane pake, berarti mereka yg ga apik ngerawat

Tapi ane lakuin tips itu bukan karena untuk ngerawat sih, karena kebiasaan aja
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pein666 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Ketika setrika selasai digunakan, kabel langsung diluruskan. Kalo kabel mulai rusak yang tinggal ganti kabelnya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ane berharap ada setrikaan wireless..

Eh ada nyang pakek batre yak.. cordless.

Btw, kebiasaan maen gulung sembarangan yang bikin kabel jadi rusak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dieq41 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
wah baru tau itu istilahnya cacingan wkwk. nice info dah, ternyata karena kabel memuai
profile-picture
profile-picture
jlamp dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kan ada yang tanpa kabel
profile-picture
profile-picture
jlamp dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Iya bener nih..seterika ane juga kabelnya kayak gini nih cacingan(meringkel2).bahkan kabel bagian dalemnya nongol, pernah ane ganti kabelnya...tapi udah lama2 meringkel lagi padahal ga pernah digulung,. Bener kayaknya pemuaian karena panas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
strika anda cacingan, minum combantrin. wkwkwkwkkk
profile-picture
profile-picture
jlamp dan nana354 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Pake setrika wireless
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
oalah ternyata penyebabnya seperti itu.. pantes kok ane slalu heran, kayanya kaga pernah diapa apain tp kok bisa ruwet sendiri kabelnya hehe
profile-picture
profile-picture
jlamp dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah jadi emang kasus i initu lumrah ya gan di.mana2, baru tahu ane
profile-picture
profile-picture
jlamp dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kasi combatrin biar gak cacingan gan emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
jlamp dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Keknya ane banget yang no 2 itu gan. Pantes boros di kabel 😅
profile-picture
profile-picture
jlamp dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lepas itu kain bungkus kable (braided cable), jenis itu emang suka kusut. Ga cuma setrika, mouse, headset, yg ane pake lama2 kaya gitu. Karena kabel tembaga panas dan melar pembungkusnya.

Kalo agan punya baru, jangan sekali2 kabel dililit setelah pemakaian dan ditinggal untuk waktu yg lama. Lekukan kabel yg tajam membuatnya kaku.
Kalo mau rapiin kabel, caranya dg digulung dg sedikit tekanan, bukan dililitkan, itu jadi lebih awet.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bener juga gara2 pemuaian emoticon-thumbsup
mantul tip2nya gan
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nice inpo, tapi saya biasanya ke laundry yg cuci + setrika
emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
jlamp dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah, jadi itu penyebabnyaemoticon-Matabelo.
Dari dulu, setrika sering diganti dan kabelnya "cacingan" trs. Ternyata, salah satu faktornya krna penggulungan. Terima kasih, Gan, tipsnya👍. Jadi, bisa diminimalisir.
emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
jlamp dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Woalaaah.... Faktor pemuaian yang terjadi pada setrika memang menjadi salah satu faktor yang membuat kabelnya cacingan yaa gan sisss.. Padahal kan memang butuh proses dipanaskan ketika setrika mau digunakan.. Hauduh... Humb...
profile-picture
profile-picture
jlamp dan eyefirst2 memberi reputasi
yang nomer 1, belum pernah ane coba, ide bagus itu emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
jlamp dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah kebetulan banget ini trit. Kemaren ane baru ganti setrika. Setrika yg lama kabelnya keluar percikan api emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
jlamp dan eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di