CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jepang akan Buang 1 Juta Ton Air Radioaktif ke Laut
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8f9d06af7e932a481a10f3/jepang-akan-buang-1-juta-ton-air-radioaktif-ke-laut

Jepang akan Buang 1 Juta Ton Air Radioaktif ke Laut

Jepang akan Buang 1 Juta Ton Air Radioaktif ke Laut
Sabtu 17 Oct 2020 01:14 WIB
Rep: Puti Almas/ Red: Andri Saubani


Jepang akan Buang 1 Juta Ton Air Radioaktif ke Laut
Sejumlah aktivis Greenpeace melakukan aksi damai sebagai bagian dari peringatan 9 tahun bencana Fukushima di depan Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Jumat (13/3).
Foto: Republika/Prayogi
Pelepasan air radioaktif hasil dari reaktor nuklir Fukushima akan dimulai pada 2022.
REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO — Pemerintah Jepang memutuskan untuk melepaskan lebih dari satu juta ton air radioaktif yang diolah dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi ke laut dalam operasi selama beberapa dekade. Hal ini telah menimbulkan pertentangan dari banyak pihak, mulai dari ahli lingkungan, nelayan lokal, dan petani.
Pelepasan air yang telah disaring untuk mengurangi tingkat radioaktif akan dimulai pada 2022. Keputusan ini telah mengakhiri perdebatan bertahun-tahun mengenai bagaimana cara untuk membuang cairan yang digunakan untuk mendinginkan pembangkit listrik setelah dilanda tsunami besar pada 2011.

Pada awal tahun ini, sebuah panel pemerintah mengatakan bahwa melepaskan air radioaktif tersebut ke laut atau menguapkannya adalah pilihan yang realistis. Dalam pernyataan tersebut, dikatakan bahwa penundaan keputusan ini tidak dapat ditunda.

“Kami tidak dapat menunda keputusan mengenai rencana untuk menangani air olahan guna mencegah penundaan dalam pekerjaan penonaktifan pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi," ujar kepala sekretaris Kabinet Jepang, Katsunobu Kato, dilansir CBS News, Jumat (16/10).

Menurut operator pabrik TEPCO, ada sekitar 1,23 juta ton air limbah yang disimpan di tangki di fasilitas tersebut. Aktivis lingkungan telah menyatakan penolakan yang kuat terhadap proposal tersebut dan nelayan serta petani telah menyuarakan ketakutan bahwa konsumen akan menghindari makanan laut dan hasil bumi dari daerah tersebut.

Korea Selatan (Korsel), yang melarang impor makanan laut dari daerah tersebut, juga berulang kali menyuarakan keprihatinan tentang dampak lingkungan. Keputusan menjadi semakin mendesak karena ruang untuk menyimpan air, yang juga termasuk air tanah dan hujan yang merembes ke pabrik setiap hari semakin menipis.

Sebagian besar isotop radioaktif telah dihilangkan dengan proses filtrasi ekstensif, namun tetap masih tersisa satu tritium. Unsur ini tidak bisa dihapus dengan teknologi yang ada.

Panel ahli menyarankan pada Januari bahwa membuang air ke laut adalah pilihan yang layak karena metode ini juga digunakan di reaktor nuklir yang berfungsi. Mereka mengatakan, bahwa tritium hanya berbahaya bagi manusia dalam dosis yang sangat besar.

Sementara itu, Badan Energi Atom Internasional berpendapat bahwa air yang disaring dengan benar dapat diencerkan dengan air laut dan kemudian dilepaskan dengan aman ke laut. Sebelumnya, dilaporkan bahwa air akan diencerkan di dalam fasilitas sebelum dilepaskan, dengan keseluruhan proses yang mungkin memakan waktu hingga 30 tahun.

Air yang diolah saat ini disimpan di seribu tangki besar di situs Fukushima Daiichi, di mana reaktor-reaktornya meleleh hampir satu dekade lalu setelah tsunami yang dipicu gempa terjadi pada 2011. Operator pabrik TEPCO sedang membangun lebih banyak tangki, namun semuanya diperkirakan akan penuh pada pertengahan 2022.

https://republika.co.id/berita/qiat5...oaktif-ke-laut




and that's gentleman, is how godzilla born

Jepang akan Buang 1 Juta Ton Air Radioaktif ke Laut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iamputrabagus dan 27 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
bpln ini gan
Jepang mananya citerup ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
skull18 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Buang ke luar angkasa aja....

Ntar paling yang dateng Clark Kent....

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
marshadaddy dan yurikaede memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
RIP AquaMan..emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
StevJr dan Org.sembarangaN memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
org sini demen nih model begitu..

sapa tau dilembang keluar emas.nya,ye gak????





























lariiii...
Knp g dijual jd bahan baku bom hidrogen?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jangankan air limbah radioaktif, disini sih air sungai berisi sampah macem macem juga dibuang ke laut... terus lumpur porong sidoarjo pun dibuang ke laut gitu ajah...
Mana ada proses filter filteran..
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan yurikaede memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
profile-picture
masih.abu.abu memberi reputasi
makanya inpes in mai kauntri, sensei.
mau bikin apa pun, pabrik, pembangkit listrik, dll, buang limbahnya gampang, langsung k sungai aja. lol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adamyvon dan 5 lainnya memberi reputasi
Bayangin bikin tangki nya aja, udah ga mungkin kalo disini. Dahlah balik nambang batu bara aja.
emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan adamyvon memberi reputasi
ALHAMDULILAH CUCU MA CICIT GUA BAKALAN LIHAT GODZILLA LIVE ACTION
profile-picture
profile-picture
adamyvon dan masih.abu.abu memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Paling dikirim pake kapal tanker buangnya ke laut jawa....
profile-picture
profile-picture
adamyvon dan daimond25 memberi reputasi
Bakalan ada gak nih teri dumbo atau paus dumbo?

emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yurikaede dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Jepang secara ke lautan dekat dengan laut indonesia, pembuangan air radioaktif tersebut!

Apakah akan berpengaruh dengan hasil laut Indonesia yang terancam pengaruh air radioaktif yang di lepas ke laut!

Hal ini mesti di waspadai oleh mentri maritim dan mentri perikanan dan kelautan Indonesia!
profile-picture
Zedcool memberi reputasi
Diubah oleh daimond25
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ikan na bermutasi-ikan mutasi di makan manusia-manusia jadi zombie-kiamat zombie di mulai..emoticon-Angkat Beer
profile-picture
Zedcool memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Jepang akan Buang 1 Juta Ton Air Radioaktif ke Laut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
SHIELD harus gerak nih.
profile-picture
Zedcool memberi reputasi
Yang biasa makan Sushi harap waspada emoticon-Takut
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sembarangan buang ke laut ntar kerajaan atlantis marah lho emoticon-Wink
Wah calon film Gojira jadi nyata emoticon-Ngakak
profile-picture
masih.abu.abu memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di