CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jabatan Presiden Diusulkan Diperpanjang Jadi 7-8 Tahun, Nasdem: Ide Ini Bagus Sekali!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8f978fb8408834f13464e1/jabatan-presiden-diusulkan-diperpanjang-jadi-7-8-tahun-nasdem-ide-ini-bagus-sekali

Jabatan Presiden Diusulkan Diperpanjang Jadi 7-8 Tahun, Nasdem: Ide Ini Bagus Sekali!

Di Indonesia, Presiden adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan Indonesia. Sebagai kepala negara, Presiden adalah simbol resmi negara Indonesia di dunia. Sebagai kepala pemerintahan, Presiden dibantu oleh wakil presiden dan menteri-menterinya dalam kabinet, memegang kekuasaan eksekutif untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintah sehari-hari

Jabatan Presiden Diusulkan Diperpanjang Jadi 7-8 Tahun, Nasdem: Ide Ini Bagus Sekali!

Presiden (dan Wakil Presiden) menjabat selama 5 tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama untuk satu kali masa jabatan. Namun agaknya kini masa jabatan Presiden akab berubah.

Pasalnya, dikutip Zonajakarta.com dari Fraksi.PKS.id, Komisi Fatwa MUI mengusulkan rancangan pembahasan masa periode presiden satu kali saja di Munas MUI 2020. Dalam satu periode itu, nantinya presiden terpilih akan memimpin selama tujuh atau delapan tahun.

“Usulannya begini, di presiden itu sekali saja, tapi ditambah 7 tahun atau 8 tahun gitu kan, tidak boleh dipilih kembali,” ujar Hasanuddin saat dihubungi.

Menanggapi hal usulan tersebut, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menilai usulan MUI soal masa jabatan presiden masih perlu banyak pertimbangan. Ia mengatakan perlu ada dasar kuat untuk mewujudkan usulan itu.

“Mesti ada dasar yang kuat,” kata Mardani kepada wartawan pada Senin (19/10/2020).

Mardani, yang juga menjabat anggota Komisi II DPR RI, menilai semua ide dari masyarakat sah dan diperbolehkan. Namun, ide soal masa jabatan presiden masih perlu banyak pertimbangan.

“Menarik tapi perlu banyak pertimbangan. Pertama, semua ide sah dan boleh. Malah bagus. Menghindari jumud. Segala hal berkembang karena itu tanpa ada terobosan ide kita bisa tertinggal,” kata Mardani.

Bertolak belakang dengan fraksi PKS, partai NasDem menyambut baik usulan dari MUI tersebut, hal ini seperti dikutip Zonajakarta.com dari RRI.

“Tentu mengapresiasi wacana yang dilempar MUI, NasDem siap untuk kemudian menjadi teman diskusi, kawan diskusi untuk kemudian kita melakukan kajian yang lebih mendalam karena harus proyektif. Tentu hal-hal seperti ini apa yang berkembang di tengah masyarakat, apalagi lembaga organisasi kemasyarakatan perlu kita tangkap masukan itu lalu kemudian kita kaji secara mendalam,” kata Wakil Ketua Fraksi NasDem DPR RI Willy Aditya kepada awak media, Selasa (20/10/2020).

Willy mengatakan, usulan jabatan presiden selama 7-8 tahun dan hanya satu kali periode itu harus dipertimbangkan dengan efektivitas pemerintahan. Nantinya usulan tersebut dapat dinilai dari sisi sosial dan ekonomi.

“Saya melihat tentu berbasiskan pada evaluasi sistem kenegaraan kita sejauh ini. Jadi pertimbangannya kita lihat efektivitas pemerintahan, political cost, social cost, lalu kemudian kita lihat pembangunan ke depan mana yang lebih efektif,” jelasnya.

Tidak hanya itu, ia juga menyatakan, hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar jika MUI memberikan masukan di bidang politik dan pandangan MUI itu patut dihormati. Willy menyebut, usulan MUI adalah sebuah ide yang bagus, namun perlu proses yang lebih matang.

“Nggak apa-apa, siapa aja bebas memberikan pendapat, nggak perlu kita batasi seperti itu. Nggak perlu alergi melihat tawaran seperti itu. Tentu kita bersyukur kalau MUI juga berpikiran untuk kemudian bagaimana sistem kenegaraan dan sistem pemerintahan kita,” sebut Willy.

“Ide ini bagus sekali, tapi proses juga harus kita lakukan secara lebih matang. Apa kemudian yang menjadi keputusan kemudian itu diambil secara bersama-sama tidak hanya oleh political society tapi juga civil society, itu akan mematangkan demokrasi kita,” sambungnya.

SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
JosiaseM dan 55 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
Kenapa dak dibuat seumur hidup aja? Malah lebih hemat lagi biaya pemilu nya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.macintosh dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Demi wiwi.. emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agam69 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh omxcabul
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Jabatan Presiden Diusulkan Diperpanjang Jadi 7-8 Tahun, Nasdem: Ide Ini Bagus Sekali!

1. Revisi UU KPK 2019


2. UU Cipta Kerja 2020


3. Dulu kangen demo


4. sekarang kabur


5. Cuap-Cuap Covid


6. Suntik Jiwasraya


7. Pelajar ga boleh demo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
isu152 dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 35 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 35 balasan
Gak akan berlaku instan kan? Ini persiapan untuk presiden berikutnya kan? Siapakah dia?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Saya sih setuju asal korupsi dihukum mati..emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Bang sat kalo bener ini kejadian
profile-picture
profile-picture
anon009 dan aldean1605 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ya 7-8 tahun tapi tar aja berlakunya setelah ganti generasi politik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 3 lainnya memberi reputasi
Yg ngusul siapa tp tetep aja yg harus d curigai dan d persalahkan itu Jokowi


Standar kadrun

emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sikucrutz dan 22 lainnya memberi reputasi
Sudah waktunya NU dan FPI bersatu. Islam bersatu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kalex46 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
sekalian sak gubernur, walkot, bupati, sak rt nya deh
Rasanya anjimmm bgt
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ReaksiKimia dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
jgn 7-8 tahun dong tar tuanku ga bs jadi presiden dunia
profile-picture
profile-picture
anon009 dan smogal memberi reputasi
Nah ini. Yang kaya gini yang bikin orang-orang demo suka ikut-ikutan. Bikin wacana kebijakan yang kontroversial.

Kalo gue memandang kenapa orang-orang demo itu ikut-ikutan? Alasannya sederhana. Yang ikut-ikutan itu lebih percaya dengan mereka yang beneran demo atau provokator demo, ketimbang penjelasan pemerintah.

Sejak periode pertama Jokowi mimpin, gue selalu sounding soal jubir maupun pola komunikasi Jokowi yang musti dipoles lagi alias masih amburadul. Kita fair aja, Jokowi itu pola komunikasinya jelek dan itu yang kadang sering bikin orang salah paham dan marah. Jokowi harus perbaiki ini. Kalo memang ga bisa ngomong atau cuman bisa kerja doang? Silahkan cari pembantu-pembantu yang bagus pola komunikasinya. Coba tengok Ahok, doi kerja oke, komunikasi tegas dan lugas walau kaga sopan alias isinya comberan semua. Tapi orang bisa takut kalo digas sama Ahok. Kenapa? Karena Ahok memang tukang ngegas. Dan pola komunikasi ngegas gini, di luar dugaan bisa bikin orang percaya walau emosi pun iya.

Dan juga, tolonglah Jokowi. Manuver politik itu jangan tolol-tolol amat, jangan bikin orang makin ga percaya sama elu. Periode pertama, orang masih bela-belain elu dari Kampret dan Nasbung. Makin menuju periode ke 2, dari bentuk BPIP yang kerjanya ga sejelas gajinya, Menteri Susi sama Menteri Jonan yang lu tendang dari kabinet, revisi UU KPK, ngangkat Ketua KPK dengan latar belakang angkatan bersenjata, tambah lagi RUU HIP yang bikin kontroversi, terus lu kaya ngasi jalan ke anak dan mantu buat jadi cakada. Manuver politik elu yang gue sebutin itu yang bikin orang makin ga percaya sama elu. Kalo lu ga gitu, tentu ga akan ada yang namanya demo Omnibus Law. Lu atau pembantu lu jelasin sekali, orang bisa percaya karena integritas lu masih terjaga. Integritas itu berkaitan erat dengan manuver politik elu dan elu kurang cantik manuver politiknya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RichClickz dan 33 lainnya memberi reputasi
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 20 balasan
jangan, nanti kadrun stress kelojotan mulu tiap hari emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
paexada dan 5 lainnya memberi reputasi
asal jangan karna ada kepentingan sutradara dibelakangnya
nanti kalo semisal giliran dari partai dia yang menjabat, keluar usulan jadi 15 taun emoticon-Leh Uga
profile-picture
agus774 memberi reputasi
jadikan seumur hidup aja kayak sukarno, agar cebong bahagia




jadikan seumur hidup aja kayak sukarno, agar cebong bahagia




Mantap
Langsung diterapkannya saat pemerintahan pakde Jokowi aja
Jadi 5+8 tahun
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
x.enam dan 3 lainnya memberi reputasi
Lastcar asembelemoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
paexada dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di