CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8f1ac982d49553f5157700/mengenal-suku-dayak-iban-head-hunter-indonesia-di-masa-penjajahan-jepang

Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!

Welcome To batzforum Thread!!! Enjoy!!!


emoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot News


Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!


Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki beragam suku dan budaya yang berbeda-beda di setiap daerah. Ada Batak, Jawa, Papua dan masih banyak lainnya. Karena itu jangan heran jika negara Indonesia ini memiliki berbagai hal unik yang tentunya menarik.


Berbicara tentang suku dan budaya, kali ini ane akan membahas tentang salah satu suku yang ada di Indonesia tepatnya di Pulau Kalimantan (Borneo) yaitu Suku Dayak. Sekedar informasi, Suku Dayak itu bukan hanya satu loh, tapi Suku Dayak memiliki beberapa sub-suku atau rumpun suku.


Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!


Tercatat, Suku Dayak memiliki enam rumpun suku yakni rumpun Klemantan alias Kalimantan, rumpun Iban, rumpun Apokayan yaitu Dayak Kayan, Kenyah dan Bahau, rumpun Murut, rumpun Ot Danum-Ngaju dan rumpun Punan. Nah, kali ini ane akan membahas salah satu rumpun yang menarik bagi ane, yaitu Suku Dayak Iban.


Kenapa ane tertarik membahas tentang Suku Dayak Iban? Tentu karena ane melihat ciri khas atau kebiasaan Orang Iban yang sangat unik, yaitu Pemburuan Kepala. Mungkin terdengar menyeramkan, tapi memang begitu adanya. Tradisi berburu kepala yang dilakukan Orang Dayak Iban ini disebut sebagau Ngayau dimana dilakukan hanya pada saat adanya sebuah ancamam.


Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!


Meskipun perburuan kepala yang dilakukan Orang Dayak Iban ini menyeramkan, tradisi ini hanya dilakukan disaat kondisi terancam atau ada sesuatu (kelompok lain) yang mengganggu mereka. Jika orang Dayak Iban merasa terancam atau terganggu, maka mereka akan melaksanakan tradisi memburu kepala. Intinya sih kalau ada yg usik duluan ya dilawan, bahasa gaulnya "Lu jual, Gua beli"!


Tak hanya memburu kepala orang yang mengancam atau menganggu, Suku Dayak Iban bahkan akan memajang kepala dari hasil tradisi buruan mereka. Karena aksi suku inilah dunia mengenal dan menakuti Suku Iban. Pasalnya, Suku Dayak Iban menjadi suku yang memenggal ratusan kepala tentara Jepang pada masa penjajahan Jepang loh. Karena aksi itu, Suku Iban dijuluki sebagai "Head Hunter Indonesia", nama yang keren bukan?


Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!


Jadi, tentara-tentara penjajah Jepang yang dulunya menjajah Indonesia banyak yang kehilangan nyawanya di tangan Suku Dayak Iban. Maka dari itu Orang Iban banyak ditakuti, bahkan sampai ada sebuah buku yang menceritakan tentang tradisi unik Suku Dayak Iban ini loh.


Tapi kalian jangan takut, karena saat ini kondisi dunia sedang harmonis. Jadi tradisi Duku Dayak Iban ini belum dipraktekkan lagi mengingat perkembangan zaman mengubah semua hal.
Bagaimana tanggapan kalian tentang suku Dayak Iban ini? Apakah saat ini keahlian memenggal kepala miiki Suku Dayak Iban dibutuhkan? Jika iya, untuk apa hal tersebut?


Mengenal Suku Dayak Iban! Head Hunter Indonesia Di Masa Penjajahan Jepang!

Sumber Referensi : Tulisan pribadi, dari sini dan dari sini
Sumber Gambar : Google Images

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iamputrabagus dan 40 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6

Mampir Ya Dijamin Seru!

profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Dlu smpet ada gosip ngayau jg di banjarmasin, kabarnya kepala korban hbis dipenggal di masukin ke dlam karung emoticon-Takut (S)

Jd dlu rada parno jg klo ngeliat org jalan bawa karung emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Tatoan kayak Yakuza....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dauarra dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Ciri khas banget yes tatonya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akutenshi dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Memory berkasih versi dayak iban ada tuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Dahsyat sekali ya.. Tapi itu tradisi nya dijaman sekarang kalo ada yg ganggu , pasti bakal di laksanain lagi kan?

Mending nanti aja dh kalo ada perang dunia emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ini nih yang suku tatoan dan boleh MASUK TNI atau Polri krena Tatonya adat bukan tato khasnjaman skrg.m
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Pointnya adalah mereka juga ikut berjuang pada masa penjajahan Indonesia gan
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan batzforum memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lu jual, gw beli....mantabz lah emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan batzforum memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalau sekarang head hunter tuh orang yang nyari talent2 buat bekerja
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan batzforum memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Semcamam tradisi defensif ya Gan. Maklum sih ini. Kecuali kalau penggal kepala orang yg ga bersalah ya. Joss memang suku2 di Indonesia
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan batzforum memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Waduh, headhunter yg suka nyariin orang kerjaan di kantor yak?
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan batzforum memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ini yang pake mandau terbang itu bukan yak? emoticon-Takut (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
leonard21 dan 2 lainnya memberi reputasi
walah ente cerita nya kentang...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
egirosario dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Seru juga ceritanya emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan batzforum memberi reputasi
John Wick pasti belum ketemu suku ini..

baru ketemu mad dog doang dia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sekwoor dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalo kinipan itu ada suku dayaknya juga gak gan?
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan batzforum memberi reputasi
Modelannya kek suku-suku yang ada di apokalipto yak
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan batzforum memberi reputasi
Kalo misal kadrun2 itu berniat mengusik dan mengancam suku dayak iban, bakal mrk buru gak kepalanya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh terjengkang
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Wahh ini suku nepang emang sampai bisa di jajah gini yah gan
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan batzforum memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di