CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Menkeu Tolak Usulan Pajak Mobil Baru 0 Persen, Ini Alasannya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8e8ee65cf6c456b94af12f/menkeu-tolak-usulan-pajak-mobil-baru-0-persen-ini-alasannya

Menkeu Tolak Usulan Pajak Mobil Baru 0 Persen, Ini Alasannya

Menkeu Tolak Usulan Pajak Mobil Baru 0 Persen, Ini Alasannya

Jakarta – Setelah menanti hampir sebulan, usulan relaksasi pajak beli mobil baru nol pesen atau PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) akhirnya mencapai titik temu. Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan (Menkeu) Indonesia, memutuskan menolak usulan tersebut yang disampaikan oleh Kementerian Perindustrian saat konferensi pers APBN KiTa edisi September 2020 secara virtual, Senin (19/10/2020).

“Seperti yang disampaikan oleh industri dan kementerian perindustrian, saat ini kami tidak mempertimbangkan untuk memberikan pajak mobil baru sebesar 0 persen,” ujar Sri Mulyani.

Ia juga mengatakan bahwa pemerintah sudah memberikan beberapa insentif secara merata pada industri otomotif di Indonesia. “Kami mencoba memberikan dukungan pada sektor industri melalui insentif-insentif yang sudah kami berikan,” jelas Menkeu Sri Mulyani.

Dirinya menambahkan bahwa pemerintah juga tidak mau memberikan insentif pada industri otomotif secara asal karena dikhawatirkan ada sektor lain yang merasakan dampak negatif.

Setiap insetif yang diberikan akan selalu dilakukan evaluasi yang sangat lengkap. Sehingga, jangan sampai di satu sisi memberikan dampak negatif pada kegiatan ekonomi lainnya,” ujarnya.

Pajak Mobil Baru 0 Persen Akan Dikaji Lebih Dalam

Menkeu Sri Mulyani mengaku bahwa pada akhir September lalu, pihaknya telah mengkaji usulan pajak mobil baru nol persen. “Kami akan kaji secara dalam,” ujarnya pada video virtual, Selasa (22/9/2020).

Lanjutnya, insentif perpajakan sudah banyak diberikan dalam program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional). Termasuk, insentif yang diberikan pada pelaku industri otomotif yaitu pajak penghasilan (PPh) Pasal 22 impor.

“Kami akan terus melihat apa saja yang dibutuhkan untuk stimulasi perekonomian kita. Kemenkeu selalu terbuka dengan ide-ide, namun kita tetap menjaga konsistensi dari kebijakannya,” jelas Sri Mulyani.

Harapan Adanya Pajak Mobil Baru 0 Persen

Relaksasi pajak beli mobil baru 0% diharapkan dapat mendorong pertumbuhan sektor otomotif. Menperin (Menteri Pertahanan) Agus Gumiwang Kartasasmita yakin pemangkasan pajak beli mobil baru ini bisa mendongkrak daya beli masyarakat, dimana penjualan produk otomotif tengah turun selama pandemi.

“Jika beri perhatian agar daya beli masyarakat bisa terbantu dengan relaksasi pajak, maka bisa diterapkan. Pada gilirannya, bisa membantu pertumbuhan industri manufaktur di bidang otomotif,” jelasnya.



Sumber: https://www.carmudi.co.id/journal/
profile-picture
profile-picture
doobey dan jlamp memberi reputasi
Diubah oleh kartika1234562
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lagian Bu, mendingan cepetan vaksinasi biar pandemik cepet kelar..
Abis itu bolehlah ekonomi digas.. stimulus sama insentif ditambah.
hayoloh pajak mobil baru berapa nih entar?
Jelas gak bakal disetujui lah. Gila kalo sampe di acc.

Mobil yang current credit ya bakal macet. Krn konsumen rugi kredit harga lama. Yg ada pada sengaja macetin.

Mirip kasus subprime mortgage amerika 2008
Ya emang ada dua sisi masing2 adanpositif dan negatifnya, jadi ya semoga yg terbaik aja deh
profile-picture
kartika1234562 memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
lagian pajak nol persen cuma menguntungkan buat mereka yg punya duit aja.. yg gk punya duit mah mau ada pajak apa engga tetep gak kepikiran buat prioritas beli mobil sih..
pajak kendaraan nol persen tidak mungkin terjadi
Ingin beli mobil baru tapi duitnya ga ada... ada yg mau nolongin cariin kerja??? buat beli rumah nih, ga jadi beli mobil aja deh
Wah kalo ane sih berdoa yang baik buat keputusan negara kita Semoga aja bisa memberi keuntungan bagi semua pihak
Wah bener banget nih Yang penting kita harus selalu membayar pajak selalu atas kendaraan dan Aset yang kita punya
Makasih Gan infonya menarik banget buat ane jadi tahu lebih banyak nih tentang kebijakan pemerintah ini
Post ini telah dihapus oleh KS06


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di