CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rapat di DPRD DKI, Ahli UI Sebut Narasi Anies soal Banjir Menyesatkan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8d2b7710d2956f92548fd1/rapat-di-dprd-dki-ahli-ui-sebut-narasi-anies-soal-banjir-menyesatkan

Rapat di DPRD DKI, Ahli UI Sebut Narasi Anies soal Banjir Menyesatkan

https://news.detik.com/berita/d-5219...rom=wpm_nhl_13

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 12:35 WIB

Rapat di DPRD DKI, Ahli UI Sebut Narasi Anies soal Banjir Menyesatkan
Rapat pansus banjir DPRD DKI bersama ahli Rapat pansus banjir DPRD DKI bersama ahli (Arief Ikhsanudin/detikcom)


Jakarta - Panitia Khusus (Pansus) Banjir DPRD DKI Jakarta rapat bersama beberapa ahli untuk memberikan masukan soal penanganan banjir. Ahli Hidrologi dari Universitas Indonesia, Firdaus Ali menyinggung soal konsep banjir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"(Anies mengatakan), melawan sunatullah kalau air dialirkan gorong-gorong ke laut. Karena yang desain gorong-gorong salah satunya saya. Dihadirkan narasi baru, naturalisasi, saya lihat rekaman YouTube, ini penyesatan,"
ucap Firdaus dalam rapat bersama dengan Pansus Banjir DPRD DKI Jakarta, di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Senin (21/10/2020).

Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani. Hadir juga dalam rapat, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA), Juaini.

Diketahui, konsep naturalisasi dibuat dengan cara tidak melebarkan pinggiran sungai dengan beton seperti yang dilakukan normalisasi. Pinggiran sungai dibuat secara natural dengan tumbuhnya pohon dan sebagainya.

Menurut Firdaus, ada perbedaan konsep antara naturalisasi dan normalisasi. Naturalisasi tidak berfungsi untuk pengendalian banjir.

"Bukan naturalisasi yang bagus, bukan normalisasi terbaik. Ini menempatkan hal salah, kopiah ditempatkan di dengkul, sepatu ditaruh di kepala," katanya.

"Normalisasi itu fungsinya untuk pengendalian banjir. Begitu hujan turun, secepat mungkin dialirkan ke hilir karena tidak punya ruang untuk menahan dia," ucap Firdaus.

Menurut Firdaus, Anies beberapa kali menyinggung Singapura sebagai contoh naturalisasi. Namun, kata Firdaus, naturalisasi di kota berfungsi sebagai estetika.

"Ini fungsi estetika, air Singapura itu di hulunya sudah diangkut ke dalam terowongan di dalam tanah," ujar Firdaus.

Bagi Firdaus, karena air sudah dialihkan ke dalam terowongan, area naturalisasi sungai tidak banyak mendapat limpahan air, sehingga tidak terjadi banjir.

"Air limpahan besar masuk ke terowongan. Air di atas tidak akan melimpah karena dijaga estetikanya, karena properti dibangun untuk dijual dengan nilai mahal," katanya.

Firdaus memberikan saran jika Jakarta tidak mampu menyediakan ruang untuk pelebaran sungai. Maka, caranya membuat terowongan khusus untuk air.

"Kalau kita mau tambah ruang terbuka biru, kalau tidak bisa bebaskan lahan, kita buat di bawah tanah," katanya

====================
Ini menempatkan hal salah, kopiah ditempatkan di dengkul, sepatu ditaruh di kepala

In other words: otak taroh di dengkul, tanah (kotoran) taroh di kepala emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 51 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Ini ahli dari UI sudah bisa memandikan mayatnya sendiri
emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 67 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
Ini menempatkan hal salah, kopiah ditempatkan di dengkul, sepatu ditaruh di kepala," katanya.

Rapat di DPRD DKI, Ahli UI Sebut Narasi Anies soal Banjir Menyesatkan

by the way gw heran, video yg dia rapat ngomong kalo banjir harus diantisipasi, trus pake simulasi segala itu kok bisa hilang dimanapun. Padahal lucu bgt itu.

Dulu ada di youtube tapi keknya pada dihapusin entah kenapa, nemu di berita via twitter.

https://www.suara.com/news/2019/05/0...ganet?page=all
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh donal.duck.
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
wanjir UI berani - beraniny emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Cuma pendapat seorang yang mengaku ahli
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 26 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Intinya itu namanya beda sama ahok
Biar ga kemakan peribahasanya sendiri
Itik betelur ayam yang mengerami
emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 10 lainnya memberi reputasi
masuk akal juga sih bikin gorong-gorong air raksasa di bawah tanah kyk jepang gitu..

perlu anies ketahui juga kalo buat gorong-gorong raksasa gitu butuh dana yang besar sekali,arti nya cuan...cuan...cuan

sekarang tinggal berani lawan sunnahtullah atau nga...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gubernur ter....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ableh80 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh daimond25
Lihat 24 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 24 balasan
Prinsip orang jakarta khan : Mending Goblok Daripada Ahok emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 34 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Namanya jg gubernur yg terpilih karena agama. Apa yg bisa diharapkan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Auto neraka ini si prof ui.
Berani2nya melawan gubernur maha benar..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
bener sekali perumpamaan si bpk thd abud wan anus basedan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
mau naturalisasi kek, mau normalisasi kek,

yang penting dikerjain bud

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Konsep anies rada membingungkan ..emoticon-No Hope

Contoh nya ..

Ada pacul.. sekop.. beghu ..
Anies suruh bersihkan sungai pke tangan

..emoticon-Ngakak

Rapat di DPRD DKI, Ahli UI Sebut Narasi Anies soal Banjir Menyesatkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anusbaubadan dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 18 balasan
Mau gak tuh anies bebaskan lahan. Kayanya emang itu solusi yang paling pas saat ini. Buat bikin terowongan air
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hamtonz dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Horeee hujan gede...


emoticon-Wakaka

Gw ketawain lu yg kebanjiran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
quatzacoal dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh .noiss.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
apa kabar sodetan ciliwung ke bkt?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan

Nih ahli sudah berani mandi sendiri nanti kalau udah mati? emoticon-Marah


Rapat di DPRD DKI, Ahli UI Sebut Narasi Anies soal Banjir Menyesatkan



Rapat di DPRD DKI, Ahli UI Sebut Narasi Anies soal Banjir Menyesatkan

emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 34 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh qavir
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Anak UI dapet matkul praktikum mandi mayat mandiri kah??

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 8 lainnya memberi reputasi
Ini ahli ui mau debat sama apa :emoticon-Marah
wan pasti turunin tim hore wan yg ahli yg dulu bacot TANGKAP AIR emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hamtonz dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di