CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Kalimantan Tengah /
[Coc Reg. KalTeng] Mengenal Makanan Khas Kalteng, yang Berbahan Dasar Rotan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8ce3169775134d0c7bf0b6/coc-reg-kalteng-mengenal-makanan-khas-kalteng-yang-berbahan-dasar-rotan

[Coc Reg. KalTeng] Mengenal Makanan Khas Kalteng, yang Berbahan Dasar Rotan

Sebagai provinsi terbesar di Kalimantan, membuat Kalimantan Tengah memiliki pengaruh besar untuk sektor pariwisata yang selama ini dengan mudah bisa memperkenalkan kebudayaan, dengan banyaknnya surga wisata yang indah, adat tradisi kental, hingga pilihan kuliner daerah yang khas dan terkenal.

[Coc Reg. KalTeng] Mengenal Makanan Khas Kalteng, yang Berbahan Dasar Rotan
correcto.id

Berbicara tentang Kalimantan Tengah, provinsi yang beribukota Palangkaraya ini memang dikenal dengan hasil hutan dan perkebunannya. Gak heran sih, karena 46% dari keseluruhan jumlah penduduk lokalnya adalah suku Dayak. Suku Dayak paling terkenal dengan kecintaannya pada kelestarian alam dan kondisi hutan. Terlihat dari struktur bangunan rumah, kerajinan tangan, bahan pakaian, hingga makanan yang terbuat dari kayu-kayu asli hutan. Buat yang belum tahu, di antara berbagai macam kuliner, ada makanan khas Palangka Raya yang berbahan dasar dari kayu rotan, lho.

Namanya Juhu Umbut Rotan

[Coc Reg. KalTeng] Mengenal Makanan Khas Kalteng, yang Berbahan Dasar Rotan
liputan6.com

Bagi orang yang bukan asli dari Kalimantan, mungkin gak akrab dengan nama, bentuk, apalagi rasa makanan ini. Kalau selama ini banyak orang berpikir bahwa kayu rotan itu biasa digunakan untuk membuat furniture. Tapi oleh para tangan ahli warga lokal bisa disulap jadi kuliner sedap. Rahasianya ternyata dari bahan dasar yang memanfaatkan rotan muda. Ternyata rotan muda punya tekstur lembut seperti rebung setelah dimasak. Jadi jangan bayangkan rotan yang keras seperti kursi yang kalian bisa duduki.

Juhu Umbut Rotan ini salah satu makanan warisan leluhur suku Dayak. Dan hanya orang asli suku Dayak yang memiki rahasia dan teknik memasak rotan yang benar-benar muda atau masih tunas, yang disebut umbut. Jadi gak sembarangan bisa masak makanan lezat ini.

Umbut rotan bisa dimasak dengan rempah-rempah seperti kunyit dicampur dengan santan. Ada juga sih yang gak pakai santan, tapi justru gurihnya berasal dari sini. Aroma kelapa yang bercampur dengan rasa unik santan muda, manis-manis gurih, dimakan dengan nasi hangat, ikan bakar atau sambal.

Buat kamu yang penasaran ingin coba memasak masakan ini, cobain aja. Saking terkenalnya masakan ini, sudah banyak di internet cara pengolahan dan review rasanya yang memang enak. Asal tahu cara memilih tunas rotan muda yang benar.

Sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
Ane baru tau kalo rotan bisa dimakan
profile-picture
NyxFairy memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di