CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ekonom Ingatkan Jokowi: Pemerintah Sedang Mewariskan Utang ke Generasi Mendatang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8bb15d68cc9551cf49326d/ekonom-ingatkan-jokowi-pemerintah-sedang-mewariskan-utang-ke-generasi-mendatang

Ekonom Ingatkan Jokowi: Pemerintah Sedang Mewariskan Utang ke Generasi Mendatang

Ekonom Ingatkan Jokowi: Pemerintah Sedang Mewariskan Utang ke Generasi Mendatang

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira Adhinegara, memberikan catatan terhadap Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjelang setahun masa pemerintahannya di periode kedua. Bhima menyoroti utang negara yang semakin bertambah.

“Pemerintah sedang mewariskan utang pada generasi ke depan,” tutur Bhima kepada Tempo, Sabtu, 17 Oktober 2020.

Bhima mengatakan, di tengah situasi pandemi, pemerintah menambah utang dalam bentuk penerbitan utang valas yang rentan membengkak jika terjadi guncangan dari kurs rupiah.  Utang pun dicetak dalam bentuk penerbitan global bond sebesar US$4,3 miliar dan jatuh tempo pada 2050 atau tenor 30,5 tahun.

Dengan demikian, pemerintah membebani utang pada generasi puluhan tahun mendatang. Adapun laporan International Debt Statistics (IDS) atau Statistik Utang Internasional menunjukkan Indonesia masuk ke dalam daftar sepuluh negara berpendapatan kecil dan menengah yang memiliki utang terbesar di dunia.  Data tersebut dirilis Bank Dunia pada Selasa malam, 13 Oktober 2020.

Di dalam laporan itu terlihat Indonesia ada di posisi ketujuh dari sepuluh negara berpendapatan kecil dan menengah dengan utang luar negeri terbesar. Sepanjang tahun lalu atau 2019, utang luar negeri Indonesia mencapai US$ 402,08 miliar atau sekitar Rp 5.910 triliun. Angka ini naik 5,92 persen dari posisi US$ 379,58 miliar atau Rp 5.579 triliun (dengan kurs Rp 14.700 per dolar AS) pada 2018.

Bhima mengatakan beban utang luar negeri Indonesia bahkan jauh lebih besar dari Argentina, Afrika Selatan, dan Thailand. Bila dihitung, kata Bhima, setiap satu penduduk di era pemerintahan Jokowi dan Ma’ruf Amin tercatat menanggung utang sebesar Rp 20,5 juta.

“Ini dari utang pemerintah Rp 5.594,9 triliun per Agustus 2020 dibagi 272 juta penduduk,” ujarnya.

Di sisi lain, Bhima mencatat debt to service ratio (DSR) negara berada di level 29,5 persen atau terus memburuk pada kuartal ke II 2020. DSR merupakan indikator kemampuan bayar utang luar negeri mengacu pada data Bank Indonesia.
Jokowi dilantik sebagai Presiden RI periode 2019-2024 pada 20 Oktober 2020. Ini adalah periode keduanya terpilih sebagai kepala negara.

Dalam pidatonya di depan MPR setahun lalu, Jokowi menjanjikan lima pencapaian yang akan digeber hingga 2024. Pertama, pembangunan sumber daya manusia yang unggul. Kedua, pembangunan infrastruktur. Ketiga, penyederhanaan regulasi. Keempat, penyederhanaan birokrasi. Terakhir, kelima, percepatan transformasi ekonomi.

https://bisnis.tempo.co/read/1396813/ekonom-ingatkan-jokowi-pemerintah-sedang-mewariskan-utang-ke-generasi-mendatang/full&view=ok


Ekonom Ingatkan Jokowi: Pemerintah Sedang Mewariskan Utang ke Generasi Mendatang

https://finance.detik.com/berita-eko...ara-rp-13-juta


UTANG TETAPLAH UTANG

MAU PRODUKTIF MAU TIDAK, TETAP HARUS DIBAYAR (ADA BUNGA DAN DENDA)

APALAGI SAAT CORONA BEGINI, UTANG YG DIPERUNTUKAN PRODUKTI SEPERTI BANGUN TOL DSB, INSFRASTUKTUR DSB, BERDAMPAK MANDEG KARENA CORONA

LALU UANG YG SEHARUSNYA DIHASILKAN DARI UTANG PRODUKTIF APA HASILNYA?

CINA UDAH MULAI NAGIH HUTANG PLUS BUNGA KALO TELAT KENA DENDA emoticon-Leh Uga

VIDEO: INDONESIA MASUK JEBAKAN UTANG CHINA



Indonesia termasuk salah satu negara yang meminjam uang ke China untuk menjalankan roda pembangunannya. Namun, di balik pinjaman itu China memiliki agenda tersembunyi. Jika tidak pintar mengelola, pinjaman itu bisa menjebak Indonesia masuk dalam perangkap agenda China untuk menjadi negara yang mendominasi dunia.

sumber: intisari online

WEBSITE:
http://surabaya.tribunnews.com/

Instagram:
http://instagram.com/suryaonline
profile-picture
profile-picture
profile-picture
otakgakdipake dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nevertalk
Halaman 1 dari 2
Ekonom Ingatkan Jokowi: Pemerintah Sedang Mewariskan Utang ke Generasi Mendatang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hasbi93 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kalo utang per kapita...!!!

kalo pendapatan GAK per kapita...^^^^^
profile-picture
hasbi93 memberi reputasi
Quote:




emoticon-Ngakak
Biar cebong2 dan buzzeRp yg bayar hutang negara ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wagiminpaijo101 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Quote:



Gue setuju... emoticon-Shakehand2


Sepahit apapun EKONOMI INDONESIA...??? bagi BUZZER EBONG..??? Jokowi ADALAH DEWA... emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hasbi93 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Hutang cendana, dll gak ributkannya. Giliran Jokowi eh ekonomnya nguik2 kayak babi. Lagian generasi penerus Indonesia udah biasa dan tahan menghadapi warisan hutang2.
profile-picture
profile-picture
wagiminpaijo101 dan hasbi93 memberi reputasi
Semua negara berhutang, bedanya lu hutang sama siapa, kalo lu punya temen lu hutangin maka lu hanya akan dianggap sebagai tak lain nasabah utang, beda kalo lu punya soib, seperti suami-istri mau utang gampang, duit itu nantinya jg dibelanjain buat kebutuhan, kalo org Indonesia kebanyakan duit buat konsumsi jadi wajar aja musti pinter dikit ngatur duit, kalo mentok ya berutang, sama jg dg pemerintah, tapi beda dg para petani masih ada nasi & ubi sayur mayur melimpah, tapi jg kalo gagal panen berpotensi berutang ke koperasi.
Diubah oleh dsturridge15
Post ini telah dihapus oleh KS06
Tapi!! Pemerintah juga mewariskan infrasturktur untuk generasi selanjutnya.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Coba aje babeh lu gak punya duit buat rumah, dia paksain KPR untuk tinggal saat ini dan buat anak cucunya nanti, trus utang KPR dia akhirnya KRP lunas.. tu rumah yg saat ini dtinggalin juga buat anaknya pan wakakak

Point diatas maksudnya, manfaat dari hutang saat ini yaitu mendapatkan manfaat saat itu juga dan untuk warisan.

Kerugian waktu itu jauh lebih besar dibandingkan kerugian materil. emoticon-Wink
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Diubah oleh _result
Terus duitnya itu kemana?
bukan gue yang bakar halte, lagian gak adil lah utang untuk kalangan tertentu tapi seluruh rakyat indonesia yang jadi pihak tertagih emoticon-Tai:
profile-picture
gungun76946 memberi reputasi
Ini yakin yg ngomong ekonom?? Bkn debt collector brrmotor revo???
Ekonom Ingatkan Jokowi: Pemerintah Sedang Mewariskan Utang ke Generasi Mendatang
Wakil rakyat naik mercy
Rakyatnya jalan kaki
Wakil rakyat makan sate
Rakyatnya makan tempe
Wakil rakyat numpuk hutang
Rakyatnya suru bayar
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Selain hutang joko widodo juga mempersembahkan gibran rakabuming kepada bangsa Indonesia
profile-picture
joss.gandhos memberi reputasi
Tanya dulu itu hutang buat apa..
Rakyat dan pemerintah pun sampai saat ini berbeda pendapat dan pendapatan, makanya mengamankan poisisi untuk hidup nyaman adalah hal yang utamaemoticon-Salam Kenal
kalo pak prab sama bang sandy ikut bayar utang kena brpa ya? Atau jgn jangan cukup mereka bedua doang utang indonesia bisa lunas. 0rab aja duitnya 1400T belom yg diluar negeri.
Klau hutangnya produktif untuk infrastruktur ane mndukung, dripada subsidi2 kyak bbm
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di