CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
SETELAH Puji UU Cipta Kerja, Jenderal Gatot Nurmantyo: Catat! Saya Keluar dari ......
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8b62297e3a72616e47208b/setelah-puji-uu-cipta-kerja-jenderal-gatot-nurmantyo-catat-saya-keluar-dari

SETELAH Puji UU Cipta Kerja, Jenderal Gatot Nurmantyo: Catat! Saya Keluar dari ......

SETELAH Puji UU Cipta Kerja, Jenderal Gatot Nurmantyo: Catat! Saya Keluar dari KAMI Jika Jadi Parpol .


Sabtu, 17 Oktober 2020 12:43

   SETELAH Puji UU Cipta Kerja, Jenderal Gatot Nurmantyo: Catat! Saya Keluar dari ......
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

Pernyataan Gatot pun disayangkan oleh politikus PDI Perjuangan Masinton Pasaribu. Sebagai mantan Panglima TNI, Gatot dinilai kurang elok melontarkan pernyataan tersebut.

 Terlebih, inisiator gerakan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) itu turut menyeret nama PDI Perjuangan. Sebab, menurut Masinton, seharusnya Gatot dapat mencari bukti apakah benar ada manuver PDI Perjuangan di dalam pemberhentiannya.

"Jangan berlakon sebagai playing victim kemudian tuding sana-sini. Sikap seperti itu sejatinya bukan sikap kesatria, itu mentalitas melo (melankolis)," kata Masinton seperti dilansir dari Kompas.TV, Kamis (24/9/2020).

Dibantah Istana
Sementara itu, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Donny Gahral Adian membantah bahwa pergantian Gatot terkait pemutaran film G30S/PKI.

"Kalau untuk itu kan karena memang sudah masa jabatan Pak Gatot sudah selesai dan memang sudah waktunya pergantian rutin pimpinan TNI. Jadi tidak ada hubungannya sama sekali dengan pemutaran G30S," kata Donny saat dihubungi, Rabu (23/9/2020).
Jebolan Akademi Militer tahun 1982 itu diketahui mulai menjabat sebagai Panglima TNI pada 8 Juli 2015. Dua tahun kemudian atau pada 8 Desember 2017, jabatan Gatot digantikan oleh Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Pergantian Gatot saat itu memang tidak berselang lama setelah ia memerintahkan jajarannya untuk memutar kembali film tersebut.

Saat itu, ia beralasan, agar bangsa Indonesia tidak melupakan sejarah kelam dan mencegah terulangnya kembali masa kelam tersebut.

"Tujuannya adalah bukan untuk mendiskreditkan, tetapi peristiwa tersebut agar diketahui generasi muda, agar kita tidak terprovokasi lagi, terpecah-pecah lagi. Kalau kita tidak ingatkan, dalam kondisi seperti ini, orang tidak tahu bahwa ada gerakan-gerakan yang mengadu domba," kata Gatot usai berziarah di makam Presiden Suharto di Astana Giribangun, pada 19 September 2017 silam.

Namun, jika melihat usianya, seharusnya Gatot baru pensiun pada 13 Maret 2018 atau tiga bulan setelah ia tak lagi menjabat sebagai Panglima.

SETELAH Puji UU Cipta Kerja, Jenderal Gatot Nurmantyo: Catat! Saya Keluar dari ......
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menjawab pertanyaan wartawan usai acara penganugerahan gelar pahlawan nasional di Istana Negara, Jakarta, Rabu (9/11/2016). Presiden Joko Widodo membantah kabar akan mencopot jabatan Panglima TNI yang diemban Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Jokowi bahkan akan memerintahkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mengusut penyebaran informasi bohong mengenai pencopotan jabatan Panglima TNI tersebut. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

"Jadi saya kira terlalu jauh dan agak kebablasan mengaitkan antara pemutaran film G30S dengan pencopotan beliau," ucap Donny.

Ia menambahkan, setiap pimpinan TNI-Polri terikat masa jabatan sehingga pasti akan dilakukan pergantian. Donny pun mengatakan, pergantian Panglima TNI dari Gatot ke Marsekal Hadi Tjahjanto tidak dilakukan di tengah jalan.

"Semua pimpinan apakah TNI-Polri pasti kan ada masa jabatan dan ketika memang masa itu berakhir kan pasti akan ada pergantian. Kan beliau tidak dicopot di tengah jalan kan? Beliau memang sesuai dengan masa jabatan dan sifatnya rutin," lanjut Donny.

Manuver politik

Sementara itu, anggota Komisi I DPR Jazilul Fawaid mengatakan, pengangkatan dan pemberhentian seorang panglima TNI merupakan hak prerogatif presiden.

Saat Gatot hendak diganti, saat itu Presiden telah melayangkan surat ke DPR untuk meminta persetujuan pengangkatan panglima baru.

Presiden pun memberikan sejumlah alasan. Namun, semuanya bersifat normatif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada.

"Sebenarnya yang paling tahu alasannya itu Pak Jokowi," ucapnya dalam diskusi daring bertajuk 'Mantan Panglima, Maumu Apa?', Minggu (27/9/2020).

Kendati demikian politikus PKB itu menduga bahwa Gatot tengah melakukan manuver politik lewat pernyataannya.
Manuver itu diduga berkaitan erat dengan rencananya pada Pilpres 2024 mendatang.

SETELAH Puji UU Cipta Kerja, Jenderal Gatot Nurmantyo: Catat! Saya Keluar dari ......

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo (KOMPAS.com/ANDI HARTIK)

"Pernyataan Pak Gatot itu menjadi rame justru bukan karena pernyataannya, karena ada makna explicit-nya, kalau saya diganti gara-gara pemutaran film G30S/PKI, maka presiden itu tidak suka kebijakan saya terkait pemutaran film," ujarnya.

"Saya juga husnudzon bahwa Pak Gatot ini juga pengen jadi presiden, nggak ada masalah, karena beliau kan mantan panglima," imbuh Jazilul.

Namun, Wakil Ketua MPR itu mengingatkan, peristiwa G30S/PKI merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah yang tak boleh dilupakan.

Tujuannya, agar peristiwa serupa tidak terjadi atas nama aliran apapun pada masa yang akan datang. (TribunNewsmaker.com/*) 

Sebagian isi mengutip Tribunnews.com berjudul: Gatot Nurmantyo: Catat Semua Rakyat, Saya Keluar dari KAMI Jika Jadi Parpol dan Gatot Nurmantyo: Sah Saja Saya Punya Keinginan Capres 2024, Tapi Saat Ini Tidak Etis

https://newsmaker.tribunnews.com/202...ka-jadi-parpol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yahyal010 dan 20 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
udee Ntod, mending lo gilir bini2 elo, idup nyaman dr harta korupsi proyek alutsista emoticon-Leh Uga
lo mau masuk parpol apapun ngga akan bisa jd presiden kecuali menurut Dukun-dukun elo emoticon-Wkwkwk
lo mau bikin uprising, revolusi etc jg gak akan bisa, lo kira enih masih era intel pake HT kemresek2 emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ora.w4r45 dan 32 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Skenario GAgal TOTalemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
judule agak2 kilik bait
profile-picture
profile-picture
angelo.ogbonna dan eyefirst2 memberi reputasi
Judulnya....

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
Gak percaya gw nih org bakal keluar klo KAMI jadi parpol atau org2 KAMI bikin parpol. emoticon-Wakaka

Gak perlu KAMI yg berubah jadi parpol, cukup pengurusnya aja yg bikin parpol tanpa pke embel2 KAMI juga bakal jadi tuh partai dgn gatot sebagai ketua
profile-picture
profile-picture
viniest dan eyefirst2 memberi reputasi
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Ngiri dia seniornya pada sukses
bahkan ada yg jadi perdana menteri eh menteri segala menteri.


emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Tenang dan tetap tersenyum Jendral GN, C Bong dan Bani Jancuk mule bergetar hebat merinding berdiiri bulu roma karena ketakutan ciut nyalinya

Tetep Setia dan Jalankan Cita Cita KAMI Sebagai Gerakan Moral untuk Menyelamatkan Indonesia dan Demi Marwah Bangsa

Walaupun anda di Kucingkan tapi sejatinya mereka melihat anda adalah Harimau yg punya kuku, kekuatan dan auman yg menggetarkan

✊💪
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Tot.. bebasin noh anak buah lo yang kena ciduk.. jangan banyak bacot aja lu..
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ini orang mau jadi presiden ga sih? Kenapa malah keluar kalau KAMI seriusan jadi partai? Jalur capres itu ya jadi presiden. Terakhir kali ada jenderal jadi presiden, dia bikin partai dulu dan partainya ikut pemilu.
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
SETELAH Puji UU Cipta Kerja, Jenderal Gatot Nurmantyo: Catat! Saya Keluar dari..

A. KAMI
B. Sumur
C. Gorong-gorong

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sapi.import.8 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Plintiran cebi goblok emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ANAKqutu dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Prajurit gak cocok gabung sama cingkrangers tot..kecuali emg mau manfaatin mereka.

Nah klo mereka bèrmasalah, ya cocoknya lo kabur...ngapain bersihin beraknya mereka.
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan itkgid memberi reputasi
Mau keluar atau tidak siapa yang peduli orang Indonesia masih banyak yang waras kok kecuali golongan kadrun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kranevitter dan 2 lainnya memberi reputasi
Ya gak ad Dhibaik donk...
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
saya keluar dari KAMI jika KAMI jadi parpol,,,

terus saya bikin parpol sendiri dengan mantan anggota KAMI yang lainnya,,,

skrg banyak orang suka main2 kata, terinspirasi sama wan abud kayanya,,,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ardi.urbanguy dan 8 lainnya memberi reputasi
emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
Quote:


Sdh ada parta kUMMAT
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan eyefirst2 memberi reputasi

Esek dele sore tempe

Mangan sek tempe ne

Bangane mencla mencle
profile-picture
profile-picture
arnoldarief dan eyefirst2 memberi reputasi
Kalo gatot jadi presiden, catat....


Saya kimpoi lagi....

emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan eyefirst2 memberi reputasi
Dari kemaren bilang keluar mulu kalau jadi parpol....ntar pas dicalonin ngeles bukan kemauan saya tapi...masyarakat.demi pengabdian buat bangsa ya sy harus siap....biiiji peeeler onta.emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jurumudi75
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di