CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Fakta-fakta Golongan Darah O yang Disebut lebih Kebal Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8aecd99a972e149b538a29/fakta-fakta-golongan-darah-o-yang-disebut-lebih-kebal-corona

Fakta-fakta Golongan Darah O yang Disebut lebih Kebal Corona

Fakta-fakta Golongan Darah O yang Disebut lebih Kebal Corona

Fakta-fakta Golongan Darah O yang Disebut lebih Kebal Corona

Ayunda Septiani - detikHealth
Sejak pandemi COVID-19 jumlah pendonor menurun padahal setiap harinya. DKI Jakarta memerlukan sekitar seribu kantong darah.
Foto: Rifkianto Nugroho

Jakarta - Belum lama ini dua studi terbaru memperkuat bukti golongan darah tertentu berkaitan dengan rentan tidaknya seseorang terpapar COVID-19. 

Perlu diketahui, sebuah studi sebelumnya menyebut golongan darah O lebih 'kebal' COVID-19.

Lagi-lagi, studi terbaru menyatakan hal yang sama. Golongan darah O dinilai memiliki kemungkinan yang sangat kecil terpapar dari COVID-19. Bahkan jika terinfeksi COVID-19, golongan darah O disebut tidak berisiko mengalami sakit parah.
Dirangkum detikcom, berikut beberapa fakta unik golongan darah O:

1. Rentan digigit nyamuk
Golongan darah O sendiri diketahui memiliki jumlah protein yang lebih rendah dalam membantu pembekuan darah. Hal ini berarti lebih kecil kemungkinan seseorang untuk mengidap pembekuan darah. 
Meskipun demikian, golongan darah O pun tidak menjamin seseorang terhindar dari pembekuan darah.

2. Sempat disebut golongan darah terbanyak di dunia
Golongan darah di berbagai negara berbeda-beda tergantung dari etnis yang mendominasinya. 

Namun, secara umum golongan darah O diketahui menjadi yang terbanyak di dunia. Dalam sebuah riset beberapa waktu lalu pernah mengungkap terdapat 35 hingga 40 persen orang di dunia memiliki golongan darah O rhesus positif atau O+.

3. Memiliki risiko pembekuan darah yang rendah
Seorang ahli entomologi medis dari University of Florida Dr Jonathan Day menyebut orang yang memiliki golongan darah O lebih rentan digigit nyamuk. Sebab, orang yang memiliki golongan darah O mengeluarkan bahan kimia dari kulit yang dapat menarik nyamuk.

"Beberapa orang memproduksi lebih banyak bahan kimia tertentu di kulitnya. Dan beberapa dari bahan kimia tersebut, seperti asam laktat, menarik untuk nyamuk. Ada juga bukti bahwa satu golongan darah O menarik nyamuk lebih banyak daripada yang lain (A atau B)," katanya.

(kna/kna)

https://health.detik.com/berita-deti...h-kebal-corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
konodioda dan 3 lainnya memberi reputasi
protein yg lebih rendah, cukup masuk akal kenapa lbh kebal corona
Nice yes
memang bener darah o itu sering jadi korban nyamuk..terbukti..
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pengalaman pribadi, kedua mertua tinggal bersama, yang laki (gol darah A) positif yang perempuan (gol darah O) negatif.
ane sendiri mantunya (Gol darah A) positih, terus anak istri gol darah O negatif semua. dan alhamdulillah sy dan mertua sudah sembuh dari covid.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aripmaulana dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Gw smp.skrg gak tau golongan darah gw sendiri emoticon-Malu
profile-picture
dieq41. memberi reputasi
kok ane bingung gimana korelasi nyamuk tertarik ama protein. jebakan nyamuk listrik bukanya ga pake kandungan protein emoticon-Hammer (S), kok mereka bisa samperin ampe mokad kesetrum.
Fakta lain : Gol darah O bisa disebut sebagai darah donor universal. Artinya bisa didonorin ke semua gol darah lain, A, B, AB, O. Cuman gw ga tau ini O rhesus atau yg ga, soalnya baru tau kalau O ada yg O rhesus.
emoticon-Bingung
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
Wah kebetulan banget golongan darah gue O+ emoticon-Malu.
pantes ane lebih sering digititin nyamuk emoticon-Frown


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di