CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Sidoarjo /
[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8ae782977513563e67707e/coc-reg-sidoarjo-one-day-trip-sidoarjo

[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo

[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo


Akhirnya ketemu lagi bersama saya, lapar.bang di thread regionalnya. Masih sama seperti sebelumnya, saya akan membawakan sebuah cerita yang bagi saya menarik (semoga bagi kalian juga). Dan disini saya bakal nyeritain kisah perjalanan saya yang saya rangkum dalam "One Day Trip Sidoarjo."

Karena judulnya 'One Day Trip' jadi saya bakal bercerita perjalanan sehari penuh di Sidoarjo. Yuk langsung ke ceritanya.
[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo
Titik perjalanan pertama saya mulai dari sungai porong, dimana sungai inilah yang menjadi batas kabupaten. Antara kabupaten Sidoarjo dan juga kabupaten Pasuruan.

Pasti kalian tau lah ya sungai porong. Sungai yang menjadi pembuangan lumpur lapindo yang bakalan bermuara ke lautan nantinya.

Oke lanjut. Jemputan sudah datang, kali ini saya dijemput oleh salah seorang temen yang saya kenal di kampus dan menjadi salah satu partner di dunia pergunungan. Sebenernya jarak rumah saya ke Sidoarjo ini deket, deket banget malahan. Tapi karena ini sifatnya trip, jadi saya lebih memilih numpang-numpang aja ke temen-temen, biar dapet banget kesannya hehehe.

Mbak-mbak ukhti datang dengan menaiki motor matic. Penampilannya.. kayak mau ngaji hehehe, lama juga saya gak ketemu dia selain dikampus. Setelah bersalaman akhirnya saya naik ke jok belakang dan meluncurlah ke singgasananya.

Berada di Dusun Awar-Awar desa Tambak Rejo, kecamatan Krembung, kabupaten Sidoarjo. Saya dijamu dengan makanan khas, kalian tau apa itu? Lontong kupang. Mantap sekali gan/sis. Yang gak tau kalian googling aja ya, kebetulan saya waktu itu gak ngefoto makanannya. Setelah makan saya di ajak jalan-jalan di sekitaran desa tersebut.

Quote:


Percakapan absurd yang sebenernya gak perlu terjadi. Tapi ya emang gitu kelakuan orangnya. Termasuk saya sih.

Berjalan lima menit melewati sebuah sawah, akhirnya kita sampai juga di sebuah tempat. Tempat yang gak saya duga sebelumnya. Gila aja, saya diajak maen ke sungai dong hahaha, banyak yang mancing katanya disni, banyak ikannya juga, dan yang pasti viewnya cakep banget.

[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo
[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo
Nah itu penampakannya gan/sis. Mantap gila gak tuh, apalagi ada si Fitri hahaha. Itu view gunung depan rumah kelihatan dari sini, mungkin kalo saya bisa terbang bakal kelihatan tuh rumah saya deket gunung hehehe.

Sayang aja kita gak bawa camilan atau makanan, jadi kerjaannya cuma maenan rumput, bengong, kadang cerita tipis-tipis sambil lihatin orang mancing. Lama banget disini, apalagi semilir angin ditambah pemandangan yang uwu banget kayak gini, jadi makin betah.

Dan setelahnya, si Fitri ini di telepon emaknya disuruh pulang, katanya disuruh nganter sesuatu ke tempat sodaranya. Yasudah kita balik dulu.

Quote:


Sue tuh si Fitri. Segala pake dandan sama ganti baju, padahal cuma ke tempat sodara di desa sebelah hahaha.

Gak lama setelah kurang lebih 30 menitan akhirnya dia balik dan langsung ijin ke emaknya buat maen. Oke, setelah saya juga ikut pamit akhirnya kita jalan.

"Hmm.. tempat seperti apalagi yang bakal dikasih tau ya." Saya pun penasaran. Kayaknya bakal banyak kejutan.

Setelah berjalan selama beberapa menit, dan inilah tempatnya. Kebun bunga, bunganya bunga liar, sekarang ini lagi bagus aja soalnya gak di potongin sama petani sekitar. Jadi serasa kayak destinasi-destinasi kota lain yang instagramable banget. Padahal disini gratis.

[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo
[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo
Begitulah bentuk kebun bunga liar. Gak tau ini berada di tanah milik siapa, tempat ini jadi destinasi dadakan anak muda sekitar karena emang tempatnya epic banget.

Kira-kira kalian tau gak itu jenis bunga apaan?

[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo
[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo
[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo
Bonus ukhti-ukhti. Siapa lagi kalo buka si Fitri yang baru ganti baju hahaha.

Not bad lah, jadi tau kan ada tempat sekece ini di Sidoarjo. Biasanya kan tempat bunga-bunga gini adanya di gunung, ternyata di deket sungai juga ada, malah lebih keren.

Gak tau deh ini berada di kebonnya siapa, kita cuma parkir motor dipinggir jalan, terus langsung aja masuk, kayaknya sih ini punya petani sana deh, soalnya gak ada yang tau ini tempat, kebetulan saya waktu kesana pas lagi mekar, jadi bagus banget. Dan kalian tau, saya jadi potograper dadakan sementara si Fitri jadi modelnya.

Tak perlu berlama-lama karena memang sejalur. Akhirnya saya diajak geser ketempat selanjutnya. Tapi kali ini saya diajak pulang dulu, katanya mau ambil motor. Oke lanjut.

Perjalanan yang melewati jalan raya alteri porong ini gak ada indah-indahnya, yang jelas banyak mobil, ada sih sawah, tapi udah di panen jadi bolong-bolong gitu sawahnya, mana jalannya bergelombang pula. Kadang saya yang dibonceng sampe "menthul-menthul" pas dilewatin jalanan tersebut, mana kecepatannya konstan gak dikurangin pula, barang 1km/jam loh enggak. Kayaknya udah kebiasaan gas pol ini jokinya. Hmm.. ternyata gini ya cewek kalo naik motor, mau pegangan pinggangnya kok gak enak hahaha.

Jalan berubah menjadi aspal halus dan masuk ke desa-desa. Wait, kira-kira mau kemana nih kita. Dan yak, kalian benar. Kita ke Candi Pari.

[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo
[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo
Mumpung masih gak terlalu panas. Puas-puasin aja disini. Inilah candi pari, terletak di desa Candi Pari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya sekitar 2 km ke arah barat laut pusat semburan lumpur PT Lapindo Brantas saat ini. Candi ini menjadi candi paling keren diantara candi yang ada di Sidoarjo.

Masuknya gratis, didepan pintu masuk juga ada papan sejarah tentang candi pari ini. Tempatnya terawat dan saat saya memasuki bagian dalam candi, rasanya itu anjjj... eh, hahaha. Tempatnya kosong momplong, kayak bale gitu. Banyak hewannya, kayak nyamuk tapi bukan nyamuk, tapi mirip nyamuk, tapi bukan nyamuk. Terus ada beberapa arca yang kepalanya udah ilang. Duh sayang banget.

Saya disini cukup lama, ngobrol dengan juru kuncinya juga, sesekali saya ngobrol dengan bapak-bapak penjual mie ayam, akhirnya saya pesen deh dua mangkok mie ayam. Tapi bukan buat saya semua, satunya buat teman saya hehehe.

Kata bapak juru kuncinya, arca itu sengaja dipenggal kepalanya agar gak bangak orang yang meminta sesuatu terhadap arca teraebut. Kalo saya tangkap secara garis besar sih, biar gak musryik gitu.

Tapi ya gimana lagi, namanya juga kepercayaan orang berbeda-beda, apalagi dalam ajaran umat tertentu, sebuah patung atau arca menjadi media mereka beribadah, terus kalau rusak gini gimana. Hmm.. yasudah lah gak perlu dipermasalahkan lagi. Lagian kata bapaknya, arca itu sudah lama kok kepalanya hilang, malah katanya sebelum candi ini ditemukan arca itu udah gak ada kepalanya.

Setelah ngobrol, pesanan mie ayam saya akhirnya datang. Makan makan gan hehehe. Setelah makan kita langsung bayar dan pamit menuju satu candi lagi yang jaraknya bersebelahan dengan candi pari ini. Namanya candi sumur.

[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo
[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo
Jalan cuma 20 meter ke selatan candi pari kita sampai di candi sumur. Setengah badan candi ini hancur, jadi bentuknya seperti itu.

Saat saya naik dan saya lihat di tengahnya, ada sebuah lubang segi empat yang menjorok kebawah. Dan di bawah sana itu banyak banget uang logam. Harta karun nih hehehe.

Mungkin orang-orang tertentu percaya kali ya, kalau melempar uang koin kedalam lubang atau sumur tersebut keinginannya bakal terkabul. Biarlah, namanya juga kepercayaan orang beda-beda. Disini kita cuma bisa menghargai saja. Ya gak, bener gak, betul gak. Iya dong, bener dong, betul dong.

Setelah puas berkunjung ke candi candi, saya diajak untuk menuju destinasi selanjutnya. Yaitu destinasi yang terbentuk akibat bencana alam (kelalaian manusia), apalagi kalau bukan lumpur lapindo.

Quote:


30 menit yang dibutuhkan dengan kecepatan yang ngebut ini akhirnya kita sampai juga di lapindo. Untungnya cuaca saat itu ketutup awan, jadi gak terlalu panas.

Kata si Fitri sih ada tempat yang keren banget disini. Namanya "Lumpur Retak" penasaran kan kalian, hayo ngaku. Nih penampakannya.

[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo
Nah itu penampakannya gan. Kayak kekeringan ya, emang iya sih. Lapindo ini berada di Porong, Sidoarjo. Kalo ditanya letak strategisnya dimana, saya gak bisa jawab, entah berapa desa yang tenggelam disini. Jadi saya gabisa ngasih alamat lengkapnya di desa mana. Pokoknya di daerah Porong, Sidoarjo deh. Pasti udah pada tau kalo itu lapindo.

Dulu disini ada kayak patung-patung manusia gitu gan/sis. Hasil dari seniman lapindo yang saat itu pembayaran ganti ruginya belom diselesaikan, tapi beruntungnya sekarang semua pembayaran ganti rugi sudah selesai. Tapi gatau pake duitnya siapa.

[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo
[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo
Patung-patung itu tenggelam dengan semakin meningginya volume lumpur, hingga yang kelihatan kepalanya doang, kepala botak. Eh sekarang malah ilang. Dan untuk ke tempat ini, hanya bisa didatangi saat musim kemarau, kalau musim hujan gabisa, karena lumpurnya udah kembali basah dan bisa jebluk kapan aja. Kalau musim kemarau kan kering, jadi masih bisa diinjek-injek dan dibuat poto-poto.

Akhirnya saya menutuskan untuk menyudahi tour lapindo siang itu. Saya diajak muter-muter kota Sidoarjo entah kemana saking gabutnya. Hingga menjelang sore kita memutuskan untuk ngadem di alun-alun Sidoarjo. Mantap.

[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo
[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo
Duduk di bangku taman, minum es, ah seger banget. Banyak orang pacaran, selain orang pacaran. Saya sendiri sih kayak orang pacaran, padahal ya "Kamu udah aku anggap kakak aku sendiri." anjiiiirrrr gan hahaha.. disini juga banyak orang yang berolahraga, entah goes atau lari. Selain itu ada juga bapak-bapak yang sedang nyapu alun-alun. Wah ternyata bapak-bapak petugas kebersihan hehehe.

Ada yang main volly juga. Kayaknya dari sekolah disekitar sini. Ada dua lapangan volly, lumayan dapet hiburan. Ada pendoponya juga gan/sis. Banyak orang jualan kopi keliling. Akhirnya saya pesen kopi deh. Satu doang buat berdua. Baru satu seruputan eh kesenggol dan tumpah. Alhasil lantai pendopo kotor kena tumpahan kopi hahaha.

Pesen lagi kan akhirnya. Ujung-ujungnya juga pesen dua, cuma satunya tumpah gitu aja. Kacau hahaha. Kebetulan dipendopo ada anak-anak sd gitu, mereka sedang latihan tari. Wah, tontonan gratis lagi sembari menunggu kebosanan dalam diri menghilang.

Setelah bosan, saya berkeliling alun-alun lagi. Ternyata ada beberapa pemuda yang sedang bagi-bagi makanan gratis. Minta ah hahaha. Enggak dong, saya liat doang, sesekali mendokumentasikan kegiatan mereka secara diam-diam.

[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo
[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo
Waktu itu ada yang melipir, akhirnya saya intrograsi deh mereka. Dalam rangka apa kok bagi-bagi makanan. Dan jawaban mereka adalah dalam rangka hari pangan sedunia dan kebetulan kemaren banget tanggal 16 oktober, cek aja tanggal kalian, thread ini dibuat tanggal 17 oktober hehehe.

Sungguh perbuatan yang mulia, semoga mereka bag-bagi makanan gak hanya di waktu hari pangan aja. Aamiin.. Bagi-bagi makanan udah, adzan magrib pun berkumandang, waktunya melipir ke mesjid dulu. Di setiap alun-alun pasti ada masjid, dan pasti sebutanya masjid agung, bener gak? Iyain aja gan biar cepet hahaha. Nah setelah sholat selesai akhirnya kita berpindah tempat. Selamat datang di NTB.

Quote:


[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo
[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo
Jadi di bawah tol ini buwanyak banget orang jualan, kasarannya tempat kulineran. Banyak angkringan disini. Kalian mau nyari makanan apa aja dijamin lengkap. Pokoknya orang Sidoarjo tanyain aja NTB pasti paham. Apalagi yang rumahnya deket daerah Buduran. Pasti ngerti tempatnya.

Ada roti bakar, kebab, martabak, bubur kacang ijo, wedhang ronde, angsle, sosis bakar, kupang, es jus, kopi pangku.. eh enggak, buwanyak lah pokoknya aneka makanan dan minuman.

Dulu tempatnya sepi gan/sis, yang jualan hanya beberapa aja. Karena di bawah tol ini ada jalan baru, jalan yang terhubung ke transmart, jadi banyak angkringan dan penjual dadakan yang bermunculan. Tepat di depannya museum Sidoarjo.

Tinggal pilih aja pokoknya, karena saya dari pagi jalan-jalan mulu, jadinya saya pesen jahe anget aja. Biar enakan ini badan hehehe.

Sementara tusuknya pesen banyak banget, telor puyuh, tempura, usus, tempe bacem, kulit, terus apalagi ya. Ah pokoknya banyak, setiap jajanan saya ambilin semua hahaha. Kemaruk banget ya.

[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo
[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo
[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo
Disini suasananya sambil mandangin pengendara motor lewat, sesekali terdengar sayup-sayup lagu dangdut yang diremix. Hahaha tarik sis..

Kadang juga nontonin kereta lewat. Ya soalnya di bawah tol ini ada jalan kereta juga. Jadi kalo sedang asik ngobrol harus berhenti dulu karena ada iklan, iklannya ya kereta tadi. Misalnya nih.

Quote:


Pokoknya lagi asik ngobrol pasti langsung berhenti karena ada iklan, tau sendiri lah suara bel kereta sama rodanya keras banget. Ditambah hembusan anginnya, syahdu banget. Pokoknya yang lagi asik ngobrol pasti langsung berhenti. Kalopun dilanjutin pasti bakal jawab gini "Hah, apa?" "Eh gimana tadi?" "Gak kedengeran ada kereta lewat." Buang-buang tenaga kan ya, jadi mending iklan dulu hehehe.

Makanan disini pokoknya murah-murah banget, pas lah buat nongkrong, mau angkringan dengan kesederhanaan dan keramahannya, atau mau kafe dengan keuwuhan dan keanuannya. Semua ada tinggal pilih.

Disini saya banyak menghabiskan waktu sampai menunjukkan angka 9 malam, setelah dirasa puas jalan-jalannya, akhinya saya minta didrop di deket jembatan porong.

Tujuannya jelas, untuk nyari angkot dan pulang kerumah, sementara si Fitri juga pulang kerumahnya. Gila dari pagi sampe malem loh, dia rela nemenin saya jalan, sekalian refreshing juga katanya karena habis ngurusin wisuda kuliah. Makasih banget lah Fit pokoknya hahaha. Nanti gantian kalo dia maen kesini biar saya temenin hehehe.

Berpisahnya saya dengan Fitri, maka berakhir pula perjalanan One Day Trip Sidoarjo kali ini. Sampai bertemu di perjalanan selanjutnya.
[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo


Demikian thread ini dibuat, apabila ada kata-kata yang kurang berkenan atau penulisan yang typo, harap dijadikan maklum. See ya.


[COC Reg. Sidoarjo] One Day Trip Sidoarjo


Quote:




Sumber gambar dan artikel milik pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldysadi dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lapar.bang
Halaman 1 dari 2
Bangga Sidoarjoemoticon-Cool
profile-picture
akusyantik memberi reputasi
Gara gara ini, aku jadi buat akun kaskus juga.. wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muyasy dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kerenn gann

emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muyasy dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pengalaman yang sangat menyenangkan

emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muyasy dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Sad boy.
Cuma dianggep adek kakak aja sama fitriemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muyasy dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ini orang perasaan jalan jalan terus, tritnya isinya jalan jalan mulu ya, mantap bener ente breemoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muyasy dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Wkwkwk lihat makanan di angkringan jadi mendadak laper nihemoticon-No Hope
Telur puyuhnya kayak enak banget gitu yaemoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muyasy dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Seru banget pengalamannya.
Itu kira kira lapindo berapa luasnya bre, lumpurnya masih keluar ya?

Quote:


Ohh.. jadi ini toh mbah Fitri yang ada di cerita TS, sampe rela buat akun kaskus juga ternyataemoticon-Big Grin
Menarique yes
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
wah jadi pengen sundukan di angkringan gan
profile-picture
profile-picture
muyasy dan lapar.bang memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Typo, singgasana bukan singgahsanaemoticon-Peace

Sudah tidak penasaran dengan tanah retak, tadi sempat mau nanya ternyata sudah terjawab di dalam trit enihemoticon-Big Grin

____^_^

Selalu mendetail pembahasannya dan orisinil, terjun langsung ke lapangan dan field report-nya selalu memuaskan para pembacaemoticon-I Love Indonesia (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muyasy dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Otw. Beli sego kucheng asli NTB.. Ngisor tol buduran wkwk
profile-picture
profile-picture
muyasy dan lapar.bang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:
ya mantap dah..keren bet dah

Quote:


Oh ini toh si cantiknya hehehhw salam kenal kakaka hehheh welcome to kaskus
profile-picture
profile-picture
muyasy dan lapar.bang memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kapan yaa bs diculik sm teesnya emoticon-nyantai warbyasah juara nee trirnya
profile-picture
profile-picture
muyasy dan lapar.bang memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Lumpur lapindo bencana yang jadi wisata lancong, tiap lewat lapindo bau khasnya itu lhoo semerbak dari kejauhan uda berasa
emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thebavarian.90 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Keren tridnya Om.
profile-picture
profile-picture
lapar.bang dan srusuut memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
pengen kesana jadinya.. sumpah keren kek di lukisan pemandangannya.
profile-picture
lapar.bang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mba ukhti nya cantikkk . Kok aku gak sekalem dia yah 🙄🤣🤣🤣
profile-picture
lapar.bang memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Udh lama ga ke porong..kangen ke porong emoticon-Kiss
profile-picture
lapar.bang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane 6 taun di Sidoarjo belum pernah liat lumpur lapindo. Kemana aja dah emoticon-Mewek
profile-picture
lapar.bang memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di