CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Pernikahan itu Cepat atau Tepat?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f896dfb28c9911ecd115bd2/pernikahan-itu-cepat-atau-tepat

Pernikahan itu Cepat atau Tepat?

Pernikahan itu Cepat atau Tepat?

Pernikahan merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, untuk dilaksanakan oleh umat manusia, ketika seorang laki-laki dan perempuan saling menyukai satu sama lain, maka pernikahan dikatakan sebagai salah satu jalan untuk beribadah mengapai ridhlo Allah SWT, hal ini terpikirkan ketika seorang manusia muslim menginginkan punya keturunan yang banyak, shaleh dan shalehah.

Maka timbul pertanyaan, sebenarnya pernikahan yang baik dan benar itu seperti apa? apakah ketika usia sudah memasuki kepala dua harus segera? 

Pada kenyataannya dalam melaksanakan pernikahan kita harus siap dalam segi apapun, khususnya kesiapan hati. Siap hati maksudnya yaitu ketika menikah harus tepat, jangan terburu-buru hanya karena melihat teman atau orang lain sudah menikah.

Tepat itu bagaimana?

Pernikahan itu Cepat atau Tepat?

Tepat usia menjadi salah satu patokan ketika kita akan menikah, karena percuma saja kita menikah muda tapi kehidupan keluarganya tidak berlangsung lama dan tidak bahagia. Banyak terjadi di zaman modern saat ini sepasang insan yang tidak kuat dengan rasa cinta dan kasih sayangnya tanpa di barengi dengan kedewasaan dan mental yang cukup untuk mengarungi bahtera rumah tangga yang secara terburu-buru dengan meminta kepada kedua orang tuanya untuk segera menikah, karena orang tuanya merasa sayang dan kasihan terhadap anaknya, akhirnya dilaksanakanlah pernikahan di antara mereka, namun apa yang terjadi, justru tidak berapa lama setelah menikah mereka bercerai dengan alasan mereka merasa tidak cocok untuk hidup bersama selamanya.

Maka seharusnya pernikahan itu dipersiapkan dengan matang, baik oleh calon kedua mempelai maupun keluarganya sehingga dengan mempersiapkannya secara baik yang di dasari aturan syari'at sebagai pedomannya, diharafkan pernikahan dan perjalanan rumah tangganya berjalan dengan indah, baik dan bahagia sepanjang hidupnya.

Mental maupun financialharus sudah sanggup tepat pada saat kita akan melangkah ke kehidupan yang baru untuk berumah tangga bersama pasangan yang dicintai, akan tetapi untuk menjalani kehidupan rumah tangga tidak sepenuhnya yang dibutuhkan hanya cinta, tapi juga harta yang cukup untuk memenuhi segala kebutuhan hidup.

Pernikahan itu Cepat atau Tepat?

Rasulullah SAW bersabda :
"Menikah adalah sunnahku, barangsiapa tidak mengamalkan sunnahku berarti bukan dari golonganku, hendaklah kalian menikah. Sungguh dengan jumlah kalian aku akan berbanyak-banyakan umat. Siapa memiliki kemampuan harta hendaklah menikah, dan siapa yang tidak hendaklah berpuasa, karena puasa itu merupakan tameng".

Pernikahan juga diartikan sebagai penyatuan dua insan yaitu laki-laki dan perempuan dalam sebuah ikatan janji suci yang diucapkan di depan penghulu, wali dari perempuan yang dinikahi dan para saksi. Setelah selesainya aqadpernikahan maka dihalalkan hubungan biologis diantara keduanya, menyatunya dua keluarga dari pihak laki-laki dan perempuan meskipun berbeda suku, ras maupun Negara.

Pernikahan itu Cepat atau Tepat?
"Istri-istrimu adalah ladang bagimu, maka datangilah ladangmu itu kapan saja dengan cara yang kamu sukai. Dan utamakanlah yang baik untuk dirimu, bertaqwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu (kelak) akan menemui-Nya. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman"
(QS. Al-Baqoroh; 223).

Yaps! ayat diatas merupakan amalan yang baik yang telah dianjurkan oleh Islam untuk melaksanakan salah satu ibadah yang dapat menyempurnakan separuh agama, sebagai jalan mengabdi kepada Allah SWT dan mendapatkan ridhlo-Nya.

Garis nasib telah terukir sejak awal adanya kehidupan ini, ketika kita masih dalam kandungan, maka jodoh, kematian, kesedihan dan kebahagiaan telah ditentukan tertata rapih untuk setiap insan manusia yang ada di dunia fana'ini.

Penulis : Dila Azkia (Mahasiswi PAI-FPIK Universitas Garut)
Editor    : Anton Kaskuser
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh anton2019827
Pada intinya ga ada yg tau apakah pernikahan kita udah tepat atau engga, untuk tau ya hrs dijalani dulu...ada yg udah nikah di usia matang tapi cerai akhirnya...dan ga selalu nikah di usia muda berakhir dgn perceraian...masalah2 dlm pernikahan itu complicated bgt, butuh kerja keras dari suami dan istri to make it works...

Jadi balik ke diri masing2...asal udah sama2 mau "berkomitmen" untuk saling menjaga ikatan pernikahan, ya bisa aja awet terus...makanya dari dulu moto ak adalah "love is commitment"... emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anton2019827 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Bagusnya pernikahan itu tepat yaaa. Jangan "Ngasal". Banyak yang masih usia muda udah jadi " Single Parent". Maka dari itu supaya ga terjadi hal yang gak di inginkan banyak banyakin ibadah, dekati Allah, insyaAllah rumah tangga yang didasari karena Allah, bertahan lama. Dan juga Menikah itu butuh ilmu. Ilmu parenting. Ilmu menjadi suami istri yang baik sesuai ajaran Nabi Muhammad. Mempelajari hak suami istri. Adab. Intinya semua harus dipelajari lah. Jangan "sok tau" mentang² sering dengerin ceramah doang di tv wkwk. Pernikahan itu bagusnya tepat. 1 untuk selamanya. Gak ada yang kedua atau ketiga atau keempat, dst.
profile-picture
profile-picture
anton2019827 dan kudanil.la memberi reputasi
Cari orang yg tepat dan waktu yg tepat..
profile-picture
anton2019827 memberi reputasi
Cuma ingin tahu, nabi Muhammad S.A.W menikah di usia berapa ya? Dan perbedaan usia istri beliau.
profile-picture
anton2019827 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Cepat tepat, cerdas cermat 🤭😁😆😅
profile-picture
anton2019827 memberi reputasi
Semoga dapat jodoh yang terbaik
profile-picture
anton2019827 memberi reputasi
Karena nikah tidak hanya sekedar wik wik dan uh ah uh ah
profile-picture
anton2019827 memberi reputasi
Kalau menurut saya, sebelum menikah minimal kita mengenal karakter pasangan kita. Bagaimana responsenya bila menghadapi massa sulit. Kebanyakan teman2 saya yang gagal, faktor pertama adalah ekonomi. Faktor kedua kurang saling menghargai. Faktor ketiga komunikasi.
Dari tiga faktor diatas apakah calon kita memenuhi kriteria tersebut.
Selain itu saya rasa pendidikan tentang pernikahan itu masih kurang, bagaimana cara menjadi suami yang baik. Dan bagaimana cara menjadi istri yang baik, dan bagaimana cara menjadi orang tua yang baik.
Andai membinah rumah tangga di jadikan salah 1 mata pelajaran mungkin bisa mengurangi angka perceraian. Sayang nya pembahasan mengenai pendidikan rumah tangga itu masih dianggap tabu buat sebagian besar pendidikan, rata rata pendidik pada bilang udah kuliah dulu atau kerja dulu.
Itu aja opini saya mohon maaf bila ada salah kata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anton2019827 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh powerhudaman
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Hmm okei
profile-picture
anton2019827 memberi reputasi
Doakan ane segera menikah dgn pacar ane gan👐 udah nabung bareng, semoga beneran jodoh
profile-picture
anton2019827 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Blm nemu jodo yg tepatemoticon-Bukan IGO
profile-picture
anton2019827 memberi reputasi
Semua tergantung ghibahan tetangga...

Kl kuat ya nikah tepat
Kl ga kuat ya nikah cepat aja emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
anton2019827 memberi reputasi
Pernikahan yang tepat adalah pernikahan tanpa perselingkuhan.
profile-picture
anton2019827 memberi reputasi
menikah saat udah nemu jodoh, hehehe. menikahlah di waktu yang tepat dengan orang yang tepat sampai akhir hayat. widih mantap gaktu >.<
profile-picture
anton2019827 memberi reputasi
pastinya tepattt! karna seumur hidup yaampun kalo cuma mentingin cepat tapi ga tepat bs sengsara seumur hidup
profile-picture
anton2019827 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di