CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Sidoarjo /
[COC Reg. Sidoarjo] Jangan Salah, Bandara Juanda Surabaya Ada Di Sidoarjo Loh!!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f89012c88b3cb71655ebbb5/coc-reg-sidoarjo-jangan-salah-bandara-juanda-surabaya-ada-di-sidoarjo-loh

[COC Reg. Sidoarjo] Jangan Salah, Bandara Juanda Surabaya Ada Di Sidoarjo Loh!!

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

[COC Reg. Sidoarjo] Jangan Salah, Bandara Juanda Surabaya Ada Di Sidoarjo Loh!! sumber gambar

Halo agan sista. Selamat pagi semuanya. Apa kabar kalian pagi ini?. Pasti sehat kan?. Semoga kalian tetap sehat dan semangat menjalani hari.

Oiya gan.. Di thread COC Regional kali ini ane akan membahas tentang kota yang cukup panas di Jawa Timur. Kota ini bernama Sidoarjo. Banyak yang bisa dibahas dari kota ini. Secara ane juga dari Jawa Timur. Ane sering ke Sidoarjo karena ada saudara ane yang tinggal disana.

Spoiler for bandara juanda:


Apa yang kalian tahun tentang Bandara Internasional Juanda Surabaya?. Pastinya bandar udara yang ada di Surabaya kan. Ternyata kalian semua salah gan. Bandara juanda terletak di Sidoarjo. Lah kok bisa ? Ya bisa hehehe. Yuk kita tengok sejarah singkatnya.

Bandara Juanda dibangun ketika Indonesia sedang memperjuangkan kemerdekaan Irian Barat. Karena faktor politik tersebut bandara ini dipercepat pembangunannya. Dimulai dari gagasan tahun 1956 dan diresmikan pada tahun 1963.

Bandara ini merupakan bandara yang pertama kali dibangun setelah Indonesia merdeka. Bandara ini dibangun diatas lahan sebesar 2.400 hektar. Itu bukan hanya tanah namun, ada sawah dan juga rawa. Sehingga perlu pasir dan batu dalam jumlah banyak untuk meratakan atau menutup sawah dan rawa.

Spoiler for juanda lama:


Proyek ini disebut proyek "Waru". Untuk memenuhi kebutuhan pasir dan batu. Pihak proyek mengambil pasir dari kali Porong dan batu dari salah satu sisi bukit di Pandaan. Jika dihitung material yang diambil dari kedua tempat tersebut 11.200.000 m³ atau sekitar 1.800.000 ton. Disini ratusan truk proyek sangat berjasa.

Bahkan material sebanyak itu cukup untuk membangun jalan sepanjang 793 Km dari Jakarta-Surabaya. Dengan lebar 5m dan tebal 30cm. Dan lagi, jika dihitung jarak tempuh seluruh truk proyek bisa sampai 25 km atau sekitar 600 kali mengelilingi bumi.

Dengan proyek yang berjalan siang-malam. Bandara ini siap digunakan pada tanggal 22 September 1963. Oiya.. Nama Juanda digunakan untuk bandara ini karena jasa pak Juanda yang sangat besar untuk terlaksananya proyek. Jasa beliau yaitu menyelesaikan permasalahan keuangan proyek ketika krisis keuangan di Indonesia. Tak lama setelah menyelesaikan masalah tersebut. Pak Juanda wafat pada tanggal 7 November 1963.

Spoiler for pak juanda:


Akhirnya pada peresmian bandara tanggal 12 Agustus 1964. Presiden Republik Indonesia kala itu, Bung Karno. Beliau memberi nama bandara ini dengan nama Juanda. Untuk mengenang jasa-jasa beliau.

Seperti itu sejarah singkatnya. Dan hingga tahun 2012 bandara ini disebut sebagai Bandara Internasional Juanda Surabaya. Kenapa hanya sampai 2012 saja?. Karena di tahun tersebut pemerintah Sidoarjo diwakili DPRD Sidoarjo membuat surat permohonan perubahan informasi lokasi bandara ini kepada Dinas Perhubungan.

Spoiler for tampak atas:


Akhirnya penyebutan bandara ini berubah menjadi Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo. Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo merasa dirugikan karena Sidoarjo tidak pernah disebutkan kepada para penumpang pesawat yang mendarat di Bandara Juanda ini. Bahkan, mereka menganggap penyebutan Bandara Juanda Surabaya adalah kebohongan publik.

Jadi jangan salah sebut lagi ya gansis hehehe.. Sekian dari ane dan terimakasih sudah mampir.

Referensi 1, 2

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 33 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
emoticon-Pertamax
pertama dulu ah dimari ya om TS emoticon-nyantai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bintang105
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Wahh ane baru tau gan, nice info

emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Terminal bus surabaya juga,
purabaya bungurasih ada di sidoarjo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Terungkap! bandara sidoarjo tidak berada di surabaya.. emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Setelah baca tritmu ane baru tau kalo bandara Juanda sebenarnya di Sidoarjo. Ane kira bandara Juanda itu memang di Surabaya
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan mr.zen204... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kan memang di sidoarjo gan...
Waru aja udah terlewati loh, sebelum masuk situ emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Bandara ya emang idealnya di kota penyangga, seperti halnya Bandara Soekarno-Hatta yang berada di Tangerang, penyangga DKI Jakarta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lubangkaca dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Yg pade tau sidoarjo ntu lumpurnye gan emoticon-Ngakakemoticon-Sundul Upemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan mr.zen204... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mksih infonya gan.ane bru thu.trnyta proses pmbuatan bndara juanda memang pnuh prjuangan.bner2 hbat
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan mr.zen204... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Udah lama tau
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan mr.zen204... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Hemmmm
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan mr.zen204... memberi reputasi
Diubah oleh conarycurtina
nais info.. baru tau ternyata letaknya di sidoarjo.. kirain ya memang di surabaya.
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan mr.zen204... memberi reputasi
Tapi nyebutnya enak juanda surabaya
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan mr.zen204... memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Numpang mejeng di pejwan 😂
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan mr.zen204... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
baru tau ane, soalnya ane ga pernah ke surabaya sebelumnya
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan mr.zen204... memberi reputasi
mntp gnemoticon-Shakehand2
kalau gk sibuk boleh mampir ke Hot Thread gua gan, membahas tentang Brainwave software (i-doser) , >> https://kask.us/iznRu

Jangan lupa d rumah saja ya gan emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan mr.zen204... memberi reputasi
Diubah oleh greasemonkey09
Gembok
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan mr.zen204... memberi reputasi
kan memang seharusnya gitu dibangun kota / kabupaten penyangga yang areanya belum ada bangunan tinggi klo bandara di tengah kota tuh pesawat bisa nabrak gedung tinggi, dan blue print indonesia pd zaman dulu mirip dengan pembangunan di belanda di mana pusat transportasi seperti bandara / terminal berada di pinggir kota utama yang memiliki pelabuhan seperti surabaya, karena di dalam kota saat itu ada jaringan transportasi lokal sendiri seperti trem, klo ditambah terminal bisa menjadi kemacetan di transportasi darat karena menjadi sudah ada kendaraan dari pelabuhan ke luar kota karena pada saat itu transportasi laut merupakan sarana favorit. Dan biasanya kota surabaya membayar pajak ke sidoarjo sebagai sewa lahan yang digunakan untuk bandara / terminal. sekarang mau ada wacana pusat transportasi darat mau dipindah ke terminal joyoboyo namun masih buntu dengan pemda sidoarjo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nyimak slur...
profile-picture
profile-picture
mr.zen204... dan eyefirst2 memberi reputasi
Jangan salah sangka ya.
profile-picture
profile-picture
mr.zen204... dan eyefirst2 memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di