CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Tips Mudah Merawat Ban Tubeless
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f88542788b3cb29f6392dae/tips-mudah-merawat-ban-tubeless

Tips Mudah Merawat Ban Tubeless


Saat ini banyak pemotor yang memilih ban jenis tubeless untuk kendaraan mereka. Hal ini tidak terlepas dari sifat ban tubeless yang lebih kuat dari ban biasa. Selain itu, desain alurnya juga terlihat menarik. Ukurannya pun ada beragam, mulai dari ukuran standar hingga ban dengan ukuran besar. Namun ternyata kuatnya ban tubeless juga tergantung pada penggunaan dan perawatannya. 

Tips Mudah Merawat Ban Tubeless

Jika penggunaannya sembarangan, seperti memacu kendaaraan dengan kecepatan tinggi saat melewati jalanan rusak, pastinya akan memperpendek usia ban atau bisa juga bikin ban cepat bocor. FYI, ban tubeless menggunakan bahan yang lebih lunak dari ban biasa. Makanya gak heran kalau usia pakai ban tubeless lebih pendek.

Nah, untuk menjaga ban tubeless jadi lebih awet, tips mudah ini bisa Agan dan Sista lakuin:

Rutin cek angin dan mengisi ban dengan nitrogen

Pastinya ban kalian selalu dengan tekanan yang sesuai standar. Soalnya kalau tekanan ban berelebih atau kurang, itu akan membuat ban cepat rusak dan membahayakan pengemudi juga. Angin yang digunakan lebih baik gunakan nitrogen GanSis. Alasannya karena nitrogen anginnya masih murni dan tidak mengandung uap air. Jika diisi dengan angin biasa, maka akan muncul uap air dari kompresor. Uap air ini akan membuat ban lebih panas dan pantulannya jadi lebih keras.

Hindari membawa beban berlebih

Ternyata membawa beban yang begitu berat bisa mempengaruhi usia pakai ban tubeless. Beban yang berat dapat mempengaruhi tekanan ban dan membuat ban menjadi cepat tipis. Beban berat tentunya juga akan memperberat kerja ban. Untuk menjaga ban tubeless jadi lebih awet, mending hindari ngangkat beban berat.

Tambal ban dengan cara tip top

Meskipun dinilai kuat, ban tubeless juga bisa bocor. Kebocorannya biasanya terjadi secara halus. Untuk menambalnya, cara tip top atau menambal dari dalam dinilai lebih baik dan membaut ban jadi lebih awet.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
boedkar dan 2 lainnya memberi reputasi
Membaut
profile-picture
profile-picture
willywang dan jlamp memberi reputasi
Cara tip top itu mksdnya gmn gan?
profile-picture
profile-picture
dieq41. dan jlamp memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
lol membaut
ane ga pake tubeless gan nice info thanks
Ya paling aneh emang kalau bocornya dr samping kadang gt, jadi gabisa ditambal harus ganti ban


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di